Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Sejak kecil, saya sangat suka telur yang dimasak setengah matang. Apalagi saat dipotong, kuning telurnya lumer ke pinggir piring. Saking sukanya, hampir setiap hari saya sarapan telur setengah matang dan susu.

Kini, saat dewasa pun kebiasaan itu terbawa. Kalau bikin makanan apapun, pasti ingin ditemani telur setengah matang. Baik rebus, maupun goreng. Bikinnya susah-gampang, dan memang rawan gagal. Biar berhasil, ikuti tips dibawa ini, ya!

1. Telur Bulat Setengah Matang (Soft Boiled Egg)

(Image: Seriouseat.com)

Beberapa orang lebih suka telur bulat yang setengah matang. Sebab, putih telur masih sangat lembut dengan kuning telur yang lumer di dalam. Cocok disantap saat sarapan, nih!

Cara buatnya dengan merebus telur dalam air mendidih. Diamkan selama 6 menit, kemudian angkat dan tiriskan. Perlu diperhatikan, kalau anda masak 3-4 butir dalam satu panci, maka perlu tambahan waktu 20-30 detik. Tapi, kalau masak >4 butir disarankan untuk buat 2 kali pengulangan perebusan.

Baca juga: Aneka Olahan Telur Rebus yang Sedap dan Menggugah Selera

2. Telur Ceplok Air Setengah Matang (Poach Egg)

Anda pasti sering dengar istilah ‘poach egg’, yaitu telur ceplok air setengah matang. Bentuknya hampir mirip dengan soft boiled egg, hanya saja putih telur di poach egg tidak bundar. Saat hujan, poach egg sangat nikmat disantap bersama mie rebus hangat.

Didihkan air dalam panci dengan api kecil. Lalu, pecahkan telur dalam wadah terlebih dahulu agar kuning telur tidak melebar. Kemudian, masukan telur tersebut dalam air mendidih. Diamkan selama 6 menit tanpa diaduk. Setelah waktu habis, angkat dan sajikan. Lebih lezat bila disantap dengan saus tomat, nih.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Poach Egg dengan Sempurna dan Lezat

3. Telur Goreng Setengah Matang (Over Easy Egg)

(Image: Health.com)

Pinggiran telur goreng bisanya renyah dengan kuning telur yang padat. Namun, kuning telur yang masih setengah matang juga tidak kalah enak, lho. Apalagi kalau disantap bersama roti panggang. Makin terasa lezatnya!

Pertama, pakai api kecil untuk lelehkan mentega pada wajan anti lengket.  Setelah itu, goreng telur tepat di lelehan tersebut. Tunggu hingga 40 detik, lalu bumbui telur. Kemudian, goyangkan wajan untuk pastikan telur tidak lengket. Balik telur dengan cepat dan hati-hati.

Kalau sudah handal, anda bisa balikkan telur dengan cara dorong dan gertakan wajan ke atas. Telur akan terlihat seperti terlempar dan terbalik di udara. Diamkan selama 10 detik, lalu balik lagi. Telur goreng setengah matang pun siap disajikan!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wajan Datar Anti Lengket untuk Memasak Lebih Mudah

Nah, agar berhasil ada baiknya anda gunakan timer sungguhan. Hal lain yang perlu diingat, cuci bersih telur sebelum dimasak, ya! Sebab, bisa jadi ada kuman di cangkangnya. Selamat mencoba!

3 Tips Memasak Telur Setengah Matang Lumer dan Lezat
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)