Penulis : Atsa

Siapa suka beli pisang molen untuk cemilan di rumah? Kulitnya yang renyah gurih dan isian pisang yang manis memang sangat nikmat buat ngemil sore sambil minum teh hangat.

Tapi kalau beli di jalanan belum tentu bersih, aman, dan sehat. Mau buat sendiri takut bantat, alot, dan nggak renyah.

Nah, berikut ini tips yang harus Anda praktikan untuk membuat kulit pisang molen yang renyah. Ikuti tipsnya yuk!

1. Perhatikan Takaran Bahan

Untuk membuat kulit pisang molen yang renyah, perhatikan penggunaan bahan dan komposisinya. Gunakan tepung terigu protein sedang dengan sedikit campuran tepung maizena. Setiap 250 gram tepung, Anda perlu menambahkan 3 sendok makan maizena. Aduk campuran tepung tersebut hingga merata.

Campur tepung dengan gula, garam, dan margarin leleh lalu uleni tepung dengan air es. Air dingin atau air es digunakan supaya tekstur kulitnya tidak keras atau alot setelah digoreng. Uleni hingga kalis dan tidak lengket.

Pada takaran tepung yang disebutkan di atas, diperlukan 50 ml air untuk menguleni adonan. Jangan takut jika terasa sedikit lembek, karena itu justru akan membuat kulit molen bikinan Anda terasa renyah. Pastikan juga adonan jangan sampai terlalu berminyak.

2. Jangan Balutkan Kulit terlalu Tebal

Giling tipis adonan kulit, pastikan jangan terlalu tebal karena akan mempengaruhi tekstur kulit itu sendiri. Juga jangan membalut kulit ke pisang terlalu berlapis dan tebal.

3. Pilih Isian yang Kering

Nah, untuk Anda yang ingin mengreasikan molen dengan beragam isian, pastikan memilih isian yang kering. Misalkan Anda ingin molen berisi coklat, Anda bisa gunakan coklat compound yang diserut atau dipotong kecil, jangan di lelehkan ya. Tapi pastikan juga bahwa lilitan kulit molen sudah tertutup rapat juga, supaya coklat nggak gampang luber.

4. Gunakan Minyak Baru dan Pastikan Panas

Untuk menggoreng molen, pastikan Anda menggunakan minyak yang masih baru dan sudah panas. Selain supaya tidak merusak rasa, minyak tersebut akan mempengaruhi titik didih yang tentunya juga mempengaruhi tekstur kulit molen itu sendiri.

Goreng pisang molen dengan deep frying sambil terus diaduk, supaya matangnya merata dan tekstur jadi renyah.

5. Tiriskan Hingga Minyak Benar-Benar Hilang

Setelah molen berubah warna menjadi coklat keemasan, angkat molen karena tandanya sudah matang. Tiriskan molen hingga minyaknya benar-benar sudah surut dan hilang. Jika perlu letakan kembali molen di atas kertas tisu penyerap minyak untuk memastikan tidak ada lagi sisa minyak. Minyak yang masih tersisa bisa menghilangkan tekstur renyah molen, meski dalam mengolah adonan sebelumnya sudah benar.

6. Jangan Kemas Saat Masih Panas

Hal terakhir yang perlu diperhatikan yaitu jangan mengemas molen yang masih dalam keadaan panas atau hangat sekalipun. Juga jangan menyimpannya dalam wadah tertutup jika panasnya belum hilang. Uap panas yang masih tersisa dan tertutup pada wadah bisa memberikan kelembaban pada kulit molen yang pada akhirnya bisa menghilangkan tekstur renyahnya.

Itulah tips membuat kulit molen yang renyahnya tahan lama. Jadi lebih nikmat kan? Tertarik mencoba di rumah? Cek juga resep membuatnya!

Pisang Molen lembut

Baca Juga : Resep Pisang Molen