Penulis : Atsa

Siapa tak suka donat? Roti yang satu ini disukai oleh semua kalangan di segala usia. Mulai anak-anak sampai orang tua, hampir semua orang pasti suka donat.

Tapi membuatnya sendiri gampang-gampang susah. Pernah mencoba membuat sendiri? Memang ternyata nggak semua bisa lembut di dalam dan ada sensasi renyah di luar.

Nggak perlu khawatir lagi, tips berikut ini dijamin bikin adonan anda bisa lembut-renyah dan mengembang sempurna.

Baca Juga : Resep Donat Jadul

1. Kenali Kualitas Bahan

Bahan yang diperlukan dalam membuat adonan donat memang terlihat simpel dan tidak banyak, hanya tepung, gula, ragi, telur, susu, dan margarin. Namun, kualitas bahan-bahan tersebut akan menentukan hasil dari donat.

Tepung yang digunakan akan menentukan tekstur dari donat, karena itu nggak sembarang tepung bisa dipake, lho. Gunakan tepung terigu protein sedang yang masih bagus kualitasnya dan terjaga kebersihannya. Untuk memastikan tepung masih baik, sebaiknya beli tepung baru yang masih dalam kemasan asli.

Pilih ragi kering yang masih baru. Ragi adalah mikroorganisme hidup yang berfungsi untuk mengembangkan adonan. Kalau menggunakan ragi yang sudah ada, untuk memastikan mikroorganisme dalam ragi masih hidup, siapkan sedikit air hangat pada wadah kecil, lalu beri sedikit ragi. Aduk dan diamkan beberapa saat. Kalau muncul gelembung-gelembung udara, tandanya ragi masih aktif.

Siapkan juga susu hangat untuk mencampur adonan. Seperti yang sudah kita tahu, air hangat akan membuat ragi menjadi lebih aktif. Nantinya, air yang hangat akan membuat donat mengembang dan memiliki serat-serat lembut, lho. Bisa gunakan susu cair yang dihangatkan, atau susu bubuk yang dilarutkan air hangat, ya.

2. Campurkan Bahan dengan Teliti

Meski tepung yang anda pakai baru, pengayakan tetap perlu dilakukan. Tujuan dari pengayakan supaya tepung tidak menggumpal saat digunakan.

Campurkan semua bahan padat terlebih dahulu, baru kemudian bahan cair. Campur rata tepung, ragi, dan gula. Hindari kontak dengan garam di awal karena ragi tidak akan berfungsi.

Supaya adonan lebih mengembang sempurna, gunakan bread improver. Bahan ini akan membuat roti apapun lebih mekar dan lembut, dan tidak mengeras saat dingin. Tapi bahan ini juga nggak wajib digunakan kalau tidak ada atau sulit didapat.

Uli adonan 12-25 menit dengan tangan, sambil dituang susu hangat. Bila semua bahan sudah tercampur rata, tambahkan mentega atau margarin cair. Mentega berperan untuk melembutkan struktur gluten yang anda kembangkan selama proses pengulenan. Ini membuat adonan terasa lembut dan berkilau serta menambah citarasa gurih juga.

Kembali uli adonan sebentar sampai kalis atau tidak lengket. Jangan diuli terlalu lama ya, karena akan membuat donat akan keras dan kasar.

3. Istirahatkan di Tempat Hangat

Bulatkan adonan yang sudah diuleni, taruh dalam mangkuk dan tutup dengan kain. Istirahatkan di tempat hangat selama 30 menit, bisa di bawah terik matahari atau di atas rice cooker.

Setelah adonan mengembang sampai dua kali ukuran semula, kempiskan. Uli kembali adonan selama 3 menit, lalu diamkan kembali 15-20 menit. Adonan siap dicetak, dan digoreng.

Itulah rahasia donat sempurna ala donat bermerek di toko khusus donat. Selamat mecoba tips di atas!

Baca Juga : 6 Tips Goreng Donat Agar Mengembang dan Matang Merata

Image: Lazada

kalau mau cepat tapi tidak ribet, gunakan saja bread maker. Bread Master Healthy Bread Maker contohnya. Dengan harga yang terjangkau, bread maker ini sudah memiliki fitur program menu hingga 22 macam, termasuk menu yogurt, selai, dan ketan. Bahkan, bread maker yang lebih mahal pun, menunya tidak sebanyak ini.

Bread Master Healthy Bread Maker juga memiliki fitur 15 hours delay timer. Jika fitur ini diaktifkan, anda bisa menyiapkan bahan-bahan dari malam dan setting mesinnya untuk mengolah adonan 3 jam sebelum waktu sarapan. Praktis sekali, ya?

Tips Adonan Donat Lembut dan Mengembang
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3.7 (73.33%) 9 votes