Resep Putu Mayang

Gambar Hasil Membuat Resep Putu Mayang

Bahan-bahan

Hasil:
Tepung beras - 200 gram
Garam - 1 sdt
Santan - 500 ml
Tepung sagu - 75 gram
Minyak untuk mengoles daun pisang - 1 sdm
Pewarna merah - 1/2 sdt
Pewarna hijau - 1/2 sdt
Bahan Saus:
Gula merah, disisir halus - 200 gram
Gula pasir - 2 sdm
Santan - 500 ml
Daun pandan - 1 lembar
Beli bahan dan peralatan masak - DISINI JAMIN TERMURAH

Resep Putu Mayang

  • 60 Menit
  • Hasil: 15 Buah
  • Tingkat kesulitan: Mudah

Ingredients

  • Bahan Saus:

Catatan

IG:@tiyarahmatiya

Kudapan tradisional khas Betawi ini terbuat dari olahan bahan tepung beras dengan ciri khas bentuknya seperti tumpukan/gulungan mie. Untuk membuatnya, diperlukan cetakan khusus agar terbentuk sulur-sulur mie yang bisa ditumpuk. Kue ini biasa disajikan dengan siraman kuah saus yang manis legit dan gurih dari perpaduan gula merah dan santan. Variasi tampilannya dibuat warna-warni sehingga semakin menggugah selera untuk menyantapnya.


Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]

Langkah

1
Sudah

Campur tepung beras, gula, garam, dan santan, aduk rata. Masak diatas api kecil sambil diaduk hingga menggumpal. Angkat. Biarkan hangat lalu Tambahkan tepung sagu, uleni hingga tercampur rata.

2
Sudah

Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian diberi pewarna merah, satu bagian diberi pewarna hijau, dan satu bagian dibiarkan putih.

3
Sudah

Masukkan 2 sdm adonan  ke dalam cetakan putu mayang. Tekan di atas daun pisang yang sudah diolesi minyak. Kukus selama 20 menit di dandang yang sudah panas. Angkat. Sajikan bersama sausnya.

4
Sudah

Cara membuat saus: didihkan semua bahan lalu saring, siap disajikan.

5
Sudah

TIPS

1. Tutup dandang dan lapisi dengan kain bersih, api sedang saja ketika mengukus putu mayang, buka sedikit tutup dandang supaya putu mayang tidak terlalu mengembang.

2. Gunakan dandang yang berukuran cukup besar, seperti GM Bear Kuali 2 Tingkat Steamer dan Rebus (Lihat di Lazada DISKON) supaya bisa mengukus putu mayang dengan jumlah banyak.

3 Comments Hide Comments

Maaf ya … sy udah bikin ukurannya sm dgn yg di atas , tp gk lembut , justru sangat keras , jd kayaknya gk bener buat ukurannya

Add Your Comment