Resep Kue Cucur Gula Merah

Gambar Hasil Membuat Resep Kue Cucur Gula Merah

Share it on your social network:

Or you can just copy and share this url

Bahan-bahan

Hasil:
Tepung beras - 250 gram
Tepung terigu - 200 gram
Gula merah, sisir tipis - 100 gram
Gula pasir - 50 gram
Garam - 1/4 sdt
Daun pandan - 2 lembar
Air - 450 ml
Minyak goreng - secukupnya
Beli bahan dan peralatan masak - DISINI JAMIN TERMURAH

Resep Kue Cucur Gula Merah

  • 60 Menit
  • Hasil: 5 Porsi
  • Tingkat kesulitan: Mudah

Ingredients

Catatan

IG:@dewiemodesto

Kue berwarna cokelat bernama kue cucur atau kuih cucur dalam bahasa Melayu ini sangat mudah ditemukan di pasar. Warna cokelat dari kue ini berasal dari gula merah yang menjadi campuran adonannya. Kue yang menonjol bagian tengahnya ini sangat terkenal di daerah Jakarta sehingga sangat mudah ditemukan di setiap penjual kue tradisional serta sering dihidangkan dalam upacara adat budaya Betawi.


Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]

Langkah

1
Sudah

Masak air bersama gula merah, gula pasir, dan daun pandan hingga mendidih dan gula larut. Angkat lalu saring dan biarkan hangat.

2
Sudah

Dalam wadah, campur tepung beras, tepung terigu, dan garam hingga rata.

3
Sudah

Tuang 250 ml larutan gula hangat ke dalam campuran tepung, sambil uleni adonan menggunakan tangan. Setelah adonan menggumpal, lanjutkan uleni selama 10 menit

4
Sudah

Tuang sisa air gula sambil terus diuleni. Adonan akan jadi sedikit encer. Tepuk-tepuk adonan dengan telapak tangan selama 15 menit. Tutup adonan/wadah dan diamkan selama 2 jam.

5
Sudah

Panaskan banyak minyak dalam wajan cekung.

6
Sudah

Ambil 1 sendok sayur adonan lalu tuang dan goreng dalam minyak panas. Biarkan hingga mengembang dan terbentuk serat di permukaan kue. Angkat lalu tiriskan.

7
Sudah

Siap disajikan.

8
Sudah

TIPS

1. Saat menyendok adonan kue ketika akan digoreng, aduk-aduklah dulu hingga ke dasar wadah supaya tepung yang mengendap bisa tercampur rata.

2. Saat menggoreng, siram-siramlah kue dengan minyak panas agar lebih mengembang dan matang merata.

3. Takaran gula bisa ditambahkan sesuai selera tingkat kemanisan.

terong-sambal
previous
Resep Sambal Terong
next
Resep Kue Lumpur Kentang

15 Comments Hide Comments

Aku suka kue cucur pandan,karena bahan dan cara mengerjakannya tidak rumit. Didaerahku dijual dengan harga Rp. 1.000/bh . selain murah juga mengenyangkan. Sangat cocok dinikmati bersama secangkir kopi hangat

Enak banget pastinya cocor ini karena mengikuti resep yang aku gagal hahahah membuat cucurnya karena gak mengikuti resepnya hahah

Hadduuuhhh…. pake resep ini kue cucurnya keras, alot krn perbandingan tepung beras dn terigu yg tidak seimbang. Maaf yaaa…. tolong dikoreksi lg resepnya spy tdk mengecewakan lagi.

Add Your Comment