Resep Kue Bugis

Gambar Hasil Membuat Resep Kue Bugis

Share it on your social network:

Or you can just copy and share this url

Bahan-bahan

Hasil:
Tepung ketan - 500 gram
Santan, hangatkan - 250 ml
Gula pasir - 2 sdm
Garam - 1/4 sdt
Pewarna hijau - 5 tetes
Minyak goreng - 3 sdm
Daun pisang, potong ukuran 10x10 cm - 3 lembar
Unti Kelapa:
Kelapa, parut - 1/2 butir
Gula merah, serut kasar - 250 gram
Gula pasir - 2 sdm
Garam - 1/4 sdt
Beli bahan dan peralatan masak - DISINI JAMIN TERMURAH

Resep Kue Bugis

  • 30 Menit
  • Hasil: 20 Porsi
  • Tingkat kesulitan: Mudah

Ingredients

  • Unti Kelapa:

Catatan

IG:@mrs.achmady

Kue berbahan dasar ketan dengan isian unti kelapa manis ini adalah jajanan pasar yang mudah ditemukan. Meski mirip dengan kue mendut di Jawa, kue ini dipercaya berasal dari sulawesi selatan atau daerah di mana suku bugis berasal, sesuai dengan namanya.

Baca Juga: 8 Jajanan Pasar yang Cocok Untuk Sajian Tampah Arisan


Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]

Langkah

1
Sudah

Unti Kelapa: Masak semua bahan unti kelapa sambil terus diaduk sampai matang. Matikan api lalu biarkan dingin. Bentuk jadi bulat-bulat kecil.

2
Sudah

Dalam wadah, campur tepung ketan, gula pasir, dan garam. Aduk rata.

3
Sudah

Tuang santan, minyak goreng, dan pewarna hijau sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni hingga kalis dan adonan bisa dibentuk.

4
Sudah

Ambil selembar daun pisang, lalu beri adonan ketan di tengahnya dan bulatkan. Kerucutkan daun pisang, lalu beri satu bulatan unti kelapa.

5
Sudah

Lipat ujung daun yang tidak kerucut ke arah depan, lalu tarik ke depan daun yang kerucut. Lakukan hal yang sama untuk sisi kanan dan kiri daun, hingga mengunci rapi berbentuk kerucut. Lakukan hingga semua adonan habis.

6
Sudah

Panaskan panci kukusan/dandang. Kukus kue hingga matang dan daun pisang berubah layu kecoklatan. Angkat.

7
Sudah

Siap disajikan.

8
Sudah

TIPS

1. Untuk unti kelapa, pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua. Selain itu, kupaslah kulit bagian dalam kelapa sebelum diparut.

2. Saat membuat adonan tepung ketan, tuanglah santan sedikit demi sedikit sambil terus uleni adonan. Jika adonan belum kalis dan santan sudah habis, maka takaran santan bisa ditambahkan hingga adonan kalis sempurna dan bisa dibentuk.

3. Sebelum digunakan, jemurlah daun pisang terlebih dulu di bawah sinar matahari atau ditaruh di atas panci kukusan/dandang yang sudah panas.

4. Gunakan kukusan yang sudah terjamin keamanannya, seperti Panci Kukus SUPRA (Lihat di Lazada DISKON). Panci kukus ini terdiri dari 3 susun. Panci paling bawah berfungsi sebagai wadah air mendidih dan 2 panci lainnya sebagai wadah makanan. Masing-masing panci berdiameter 28 cm. Cocok untuk mengukus dalam skala banyak sekaligus

previous
Resep Soto Kuning Bogor
churros manis
next
Resep Churros
previous
Resep Soto Kuning Bogor
churros manis
next
Resep Churros

Add Your Comment