Resep Japanese Cheese Cake

Resep Japanese Cheese Cake

Share it on your social network:

Or you can just copy and share this url

Bahan-bahan

Hasil:
Cream cheese, diamkan suhu ruang - 250 gram
Gula kastor - 140 gram
Butter - 50 gram
Susu cair - 100 ml
Kuning telur, kocok lepas - 6 butir
Tepung terigu - 60 gram
Tepung maizena - 20 gram
Parutan kulit lemon - 1 sdt
Putih telur - 6 butir
Garam - 1/4 sdt
Air perasan lemon - 1 sdm

Resep Japanese Cheese Cake

  • 2 Jam
  • Hasil: 8 Porsi
  • Tingkat kesulitan: Sedang

Ingredients

Catatan

Share

IG:@bunda_ghaida

Sesuai namanya, kue yang satu ini diklaim berasal dari Jepang. Cheese cake khas Jepang punya tekstur selembut kapas, ringan, dan mengembang dengan poripori halus. Soal rasa sudah tidak perlu diragukan lagi. Yang jelas, saking lezat dan ringan teksturnya, satu potong kue tidak akan cukup Anda nikmati.

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi

Langkah

1
Sudah

Siapkan loyang dengan diameter 20 atau 22 cm. Olesi margarin tipis lalu alasi dengan kertas roti. Sisihkan.

2
Sudah

Dalam wadah, ayak tepung terigu dan maizena. Sisihkan.

3
Sudah

Dalam panci, panaskan butter, cream cheese, dan susu cair dengan api kecil sambil terus diaduk hingga larut dan tercampur rata. Matikan api.

4
Sudah

Setelah hangat, masukkan campuran tepung lalu aduk rata. Masukkan kuning telur lalu aduk rata. Masukkan parutan kulit lemon lalu aduk rata kembali. Sisihkan.

5
Sudah

Kocok putih telur hingga berbusa. Masukkan gula dan air perasan lemon sedikit demi sedikit sampai habis. Kocok sampai soft peak (putih telur mengembang dan membentuk kerucut tumpul bila mikser diangkat).

6
Sudah

Masukkan 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese lalu aduk rata. Tuang adonan ini ke dalam sisa adonan putih telur lalu aduk sampai benar-benar tercampur rata.

7
Sudah

Tuang adonan ke dalam loyang.

8
Sudah

Panggang adonan dengan teknik au bain marie atau steam bake (memanggang dengan loyang yang diisi air) dengan suhu 150°C selama 75 menit atau hingga matang. Sesuaikan dengan oven masing-masing. Keluarkan dan biarkan dingin.

9
Sudah

Siap disajikan.

10
Sudah

TIPS

1. Setelah matang, biarkan dulu kue dalam oven yang telah dimatikan selama 15 menit. Jika terburu-buru keluar oven, kue akan turun atau mimpes karena perubahan suhu yang mendadak.

2. Jangan tinggalkan atau skip air perasan lemon. Ini berguna agar kocokan telur bisa lebih kokoh. Air perasan lemon ini juga bisa diganti dengan ½ sdt cream of tartar.

3. Beri cheesecake taburan gula halus dan potongan buah segar seperti strawberry atau jeruk. Gurihnya kue akan berpadu lezat dengan rasa manis dan segar dari buah-buahan.

Ikan kerapu asam manis lezat
previous
Resep Ikan Kerapu Asam Manis
buncis daging giling sedap
next
Resep Tumis Buncis Daging Giling
Ikan kerapu asam manis lezat
previous
Resep Ikan Kerapu Asam Manis
buncis daging giling sedap
next
Resep Tumis Buncis Daging Giling

Add Your Comment