Resep Cimol

Gambar Hasil Membuat Resep Cimol

Bahan-bahan

Hasil:
Tepung tapioka - 300 gram
Tepung terigu - 1 sdm
Bawang putih, haluskan - 3 siung
Air - 350 ml
Kaldu ayam bubuk - 1 sdt
Garam - 3/4 sdm
Daun bawang, potong kecil-kecil - 1 helai
Beli bahan dan peralatan masak - DISINI JAMIN TERMURAH

Resep Cimol

  • 30 menit
  • Hasil: 1 porsi
  • Tingkat kesulitan: Mudah

Ingredients

Catatan

IG:@trieko_ok

Jajanan asal bandung ini tak hanya murah saja, rasanya juga gurih dan nikmat. Cilok memang sering ditemukan di pinggiran jalan. Nah, buat sebagian orang atau mungkin juga Anda seringkali merasa takut dengan kebersihan hingga komposisi bahannya. 

Yuk, buat sendiri saja di rumah! Bahannya mudah dicari dan dibuat. Nggak perlu takut gagal, resep cimol berikut dijamin kering kenyal dan rasanya enak. Yang pasti, kebersihannya juga lebih terjamin.


Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]

Langkah

1
Sudah

Didihkan air bersama bawang putih, garam dan kaldu ayam bubuk.

2
Sudah

Tuang air yang telah mendidih sedikit demi sedikit ke dalam wadah berisi tepung tapioka sebanyak 300 gram dan 1 sdm tepung terigu.

3
Sudah

Uleni adonan hingga semua bahan terkena air panas sambil diaduk-aduk hingga menjadi tekstur yang kenyal.

4
Sudah

Tambahkan adonan cimol dengan sisa tepung tapioka. Uleni hingga tidak lengket ditangan.

5
Sudah

Bentuk adonan cimol menjadi bulatan-bulatan kecil.

6
Sudah

Masukan cimol yang telah dipulung ke dalam penggorengan berisi minyak dengan posisi kompor belum menyala.

7
Sudah

Nyalakan kompor, goreng cimol hingga matang dengan menggunakan api sedang hingga matang.

8
Sudah

Tips

1. Penggunaan air mempengaruhi cimol, jika ingin agak padat kurangi air dan jika ingin berongga penggunaan air lebih banyak dan tekstur adonan kenyal.

2. Gunakan api sedang agar cimol tidak meletus.

3. Jika ingin kokoh jangan terlalu cepat mengangkat cimol karena ketika dingin kempes.

4. Goreng cimol dalam minyak banyak. Pakai GM Bear Wajan Marble 32 Cm (Lihat di Lazada DISKON) agar Anda dapat menggoreng cimol dalam porsi banyak. Bahannya yang terbuat dari alluminium dan anti lengket membuat masakan matang merata, tanpa khawatir gosong.

36 Comments Hide Comments

Yesss….penjelasannya jelas bngtt
Makasih yach …aq mo nyoba utk dijual di kls anaku…
Doain yach lariiss

Punyaku kulitnya mulus tuh ? Kan biasanya agak tekstur setelah d goreng agak kayak kasar gitu

Halo, pastikan jangan menggunakan api panas saat menggoreng cimol ya.
Minimal gunakan api sedang supaya cimol tidak meletus. Selamat mencoba 🙂

Bismilah mau coba buat smoga berhasil
Semangat dan terus berusaha men coba agar g meletup?

Saya dah bikin sesui resep tapi tepung nya malah lembek
Knp ya apakah salah di merk tepung nya gt

Gimana sih gk bener resep nya malah kyk bom meletus semua sampe ke atap ngotorin lantai rumah minyak nya hbs lagi tumpah tumpah dilantai huuuu dsaar ??

Gimana nih resep gak bener!!!semuanya meletup jatuh² kemna mn huuuu dasar bikin kotor aja minyaknya tumpah tumpah meletup sampe atap rumah ??????

q memang blm pernah coba tp q dah coba buat cireng sama bahannya… jika meletup itu sebabnya apinya kebesaran atau acinya kebanyakan bisa juga air rebusan itu memang harus benar2 mendidih

Saya Bikin Tetapi Hasilnya Tidak Sesuai Harapan?
Meletup” PakLurah Sampe Dateng Kermh?

Belum nyoba sih baru mau nyoba tp harus di temani suami karna dia tau cara ngolah makanan

Add Your Comment