Bolu Kukus Pandan Mekar Merekah dan Lembut - Resep | ResepKoki

Resep Bolu Kukus Pandan

Resep Bolu Kukus Pandan

Share it on your social network:

Or you can just copy and share this url

Bahan-bahan

Hasil:
Tepung terigu - 125 gram
Telur - 1 butir
Emulsifier (SP atau TBM) - 1 sdt
Gula pasir - 100 gram
Susu cair - 125 ml
Pasta pandan - 1 sdt
Beli bahan masak - DISINI MURAH
Izinkan kami mengetahui pola hidup anda di saat Covid 19 - ISI DISINI

Resep Bolu Kukus Pandan

  • 45 Menit
  • Hasil: 8 Buah
  • Tingkat kesulitan: Sedang

Ingredients

Catatan

Share

IG:@sukmawati_rs

Bolu kukus pandan adalah salah satu variasi olahan bolu yang diberikan ekstrak pandan sebagai penambah aromanya. Bukan cuma untuk aroma, pandan juga memberikan warna hijau yang cantik untuk olahan kue bolu.
Kue klasik bolu pandan memang selalu disukai banyak orang. Bahkan karena bolu bisa dibuat dengan cara dikukus, siapapun bisa mempraktikan cara membuat kue bolu berikut ini.

Baca Juga: Resep Kukus Bolu Gula Merah


Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]

Langkah

1
Sudah

Panaskan panci/dandang kukusan hingga beruap banyak. Alasi tutupnya dengan kain lap/serbet. Alasi cetakan bolu kukus dengan paper cup.

2
Sudah

Mixer semua bahan kecuali pasta pandan hingga kental, selama sekitar 10 menit.

3
Sudah

Bagi adonan jadi 2 bagian. Satu bagian adonan, beri pasta pandan lalu aduk rata. Satu bagian lainnya bisa dibiarkan saja.

4
Sudah

Tuang adonan secara berselang-seling (antara 2 jenis adonan: hijau dan putih) ke dalam cetakan hingga penuh. Lakukan hingga habis.

5
Sudah

Masukkan bolu kukus ke dalam panci/dandang kukusan, beri jarak diantaranya. Kukus dengan api besar selama 15 menit. Angkat dan keluarkan bolu dari cetakan.

6
Sudah

Siap disajikan.

7
Sudah

TIPS

1. Isi adonan dalam paper cup/cetakan harus penuh agar bisa mekar.

2. Panaskan kukusan terlebih dahulu dengan api besar. Namun, bukan api yang ‘sangat besar’ ya. Karena api yang besar sekali akan melontarkan air ke atas dan diserap oleh adonan. Sehingga adonan akan terlihat mengembang di awal, namun perlahan bisa menyusut, bantat dan berkerut.

3. Jangan membuka tutup panci kukusan/dandang sebelum matang. Agar kue bolu bisa mekar maksimal.

4. Gunakan GM Bear Panci Kukus 2 Tingkat (Lihat di Lazada DISKON) yang dilengkapi tutup kaca sehingga bisa melihat adonan bolu kuku selama dimasak tanpa harus membuka tutup panci/dandang.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars
Loading...
Bolu gula merah mekar
previous
Resep Bolu Kukus Gula Merah
next
Resep Bolu Kukus Pisang
Bolu gula merah mekar
previous
Resep Bolu Kukus Gula Merah
next
Resep Bolu Kukus Pisang

24 Comments Hide Comments

Resep nya pas, lembut kue nya. Tapi megar nya tdk seperti yg digambar. Apa cetakan nya ada ukuran nya atau sama saja ya. Soalnya Saya bawahnya jadinya kecil tdk seperti digambar kertas nya tdk berubah bentuknya

sudah nyoba tapi hasil tidak memuaskan ..tidak mekar smp penasaran buat lg ttp tidak mekar …knp yach…coba tayangkan video pembuatan bolu kukusnya
tks

Hi Mery. Pastikan tetap melapisi tutup panci kukus dengan kain lap tebal ya agar uap air dapat meyerap pada kain dan tidak menetes ke dalam bolu kukus. Selamat mencoba 🙂

Tidak mekar banget hmmm, keriput lagi, harusnya kan pakai soda kue dan baking powder ini cuma tbm

Maaf apa gunanya panci yg ada tutup kacanya klu harus d tutup kain??gimana mau ngeliat mekar ngk nya klu di tutup???

cuma berbagi saran aja. kalo pancinya ada lubangnya. ga perlu ditutupi kain. jika panci kukusannya ga ada lubangnya lebih baik pake kain. kalo untuk bsa mekarnya. sblm dimasukkan di kasih garis diametter. jadi berbentuk 4 bagian. biasanya jadi mekar. kalo pancinya ditutupi kain pengen tau mekar apa dak. di kukus 15-20 menit biasanya udah mekar.

Add Your Comment