Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Selain citarasa, tampilan makanan juga sangat penting. Makanya, terkadang kita membutuhkan pewarna tambahan untuk warna makanan yang lebih menarik. Tapi, akan lebih baik bila kita menggunakan pewarna alami. Sebab, pewarna alami sudah pasti lebih aman dan tidak menimbulkan efek kesehatan jangka panjang. Untuk warna hijau misalnya, kita bisa menggunakan daun pandan ataupun daun suji. Anda bisa pilih salah satu atau mengkombinasi keduanya.

1. Bentuk dan warna daun

Daun pandan memiliki bentuk runcing memanjang yang khas. Daun ini juga berwarna hijau muda dan terlihat mengkilap. Pada bagian tengah daun, kita dapat menemukan lekukan yang merupakan tulang daun.

Daun suji memiliki bentuk yang panjang, namun lebih meliuk. Daun ini juga tidak memiliki belahan yang tegas. Sebab, tidak ada tulang daun di bagian tengahnya.

Jika daun pandan berwarna hijau muda, daun suji berwarna hijau tua pekat.

2. Cara pembuatan

Pewarna dari daun pandan ataupun daun suji dibuat dengan cara yang sama. Pertama-tama, ambil beberapa daun sesuai kebutuhan. Sesuaikan dengan takaran yang tertera di resep, ya. Setelah itu, daun pandan ataupun daun suji bisa dihancurkan atau dipotong-potong. Potongan daun kemudian diblender dengan air putih hingga halus.

3. Hasil ekstraksi

Meskipun cara pembuatannya sama, daun pandan menghasilkan pewarna yang lebih sedikit. Sebab, bagian yang bisa digunakan hanyalah endapan dari daun pandan yang sudah diblender. Tapi tunggu dulu, endapan jus tidak bisa langsung diambil, lho. Tunggu sekitar 2-3 hari, barulah jus pandan mengendap dengan sempurna.

Jika menggunakan daun suji, kita akan mendapatkan lebih banyak pewarna. Tidak perlu menunggu hingga jus mengendap dulu. Tinggal saring dan buang ampasnya, jus daun suji siap digunakan sebagai bahan pewarna.

Coba resep: Ekstrak Daun Pandan Asli untuk Kue Chiffon

4. Warna yang dihasilkan

Daun pandan akan menghasilkan warna hijau yang pucat. Makanya, makanan yang menggunakan pewarna pandan alami cenderung kurang menarik. Tapi, aromanya sangat terasa pada makanan.

Sementara itu, daun suji membuat makanan berwarna hijau pekat. Sangat recommended untuk makanan seperti klepon, dadar gulung, dan cendol. Meskipun warnanya pekat, daun suji tidaklah memberikan pengaruh berarti pada aroma dan rasa makanan.

Baca juga: Apa Bedanya Daun Pandan dan Daun Suji Beserta Kegunaannya

Dibandingkan daun pandan, daun suji memberi warna hijau yang lebih pekat. Sementara, daun pandan lebih unggul untuk penambah aroma dan rasa makanan. Tapi, jika anda tidak masalah dengan hijau pucat, seperti warna-warna pastel, daun pandan tidak ada salahnya untuk dicoba. Selamat berkreasi di dapur!

Pilih Mana Pandan atau Daun Suji Untuk Pewarna Hijau?
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote