Penulis : Atsa

Coffee shop kini menjadi tempat yang paling sering dikunjungi semua orang dari berbagai kalangan dan usia. Tempat ini sering jadi pilihan untuk rapat kelompok kecil, mengerjakan tugas, bahkan sekedar nongkrong bersama teman.

Banyak pilihan kopi menarik bisa jadi pilihan untuk teman ngobrol. Tapi beberapa kopi memiliki tampilan yang mirip. Terkadang asal tunjuk saja, ternyata rasanya tidak sesuai ekspektasi. Misalnya melihat ice americano yang tampilannya seperti ice coffee. Atau ingin membeli cold brew tapi salah pilih ice coffee.

Apa Anda juga pernah bingung dan salah memilih ketiga kopi tersebut? Nah, supaya nggak bingung lagi saat nongkrong di coffe shop, yuk kenali perbedaan ketiga kopi tersebut.

Baca Juga : 6 Aneka Kopi Nusantara Yang Sering Dikonsumsi

Ice Coffee

Sederhananya, ice coffee adalah es kopi persis seperti apa kedengarannya. Kopi yang diseduh kemudian disajikan dengan es. Metode pembuatannya sangat mudah, hanya perlu menyeduh bubuk kopi, lalu mendinginkan dan menuangkan es batu.

Rasa kopinya bisa beragam, tergantung pada biji kopi yang digunakan. Jika menggunakan kopi robusta, maka rasanya akan lebih pahit daripada jika menggunakan kopi arabika. Selain itu, lamanya penggilingan kopi juga menentukan tingkat keasaman dari kopi tersebut.

Cold Brew

Terlihat hampir menyerupai ice coffee, proses pembuatan cold brew tidak semudah ice coffee. Yang membuat cold brew terasa berbeda karena kopi ini dibuat dengan memakai metode “perendaman” selama 8 – 12 jam.

Tidak seperti umumnya kopi yang bubuk biji kopinya diseduh dengan air panas, cold brew menggunakan faktor lamanya durasi/waktu untuk mengekstraksi kopi dengan air suhu ruang atau dengan air dingin. Ini jugalah yang membedakan rasa cold brew dengan kopi biasanya. Hasilnya, rasa cold brew pun cenderung lebih ringan dan istimewa. Setelah waktu ekstraksi kopi selesai, kopi disaring lalu disajikan, atau dicampur dengan susu.

Ice Americano

Minuman klasik americano hanya menggunakan espresso, dan air. Untuk ice americano tinggal menambahkan es batu saja.

Berbeda dengan kopi biasa yang diseduh dengan air panas dengan jumlah air yang standar, espresso terbuat dari ekstrak dari biji kopi yang diproses dengan mesin tekanan tinggi dan sedikit air.

Nah, untuk membuat americano diperlukan kopi espresso. Jika Anda memiliki mesin penyeduh espresso (espresso maker) makan Anda bisa membuat americano di rumah.

Ice Americano dibuat dari satu hingga dua shot kecil espresso yang dicampur dengan banyak air, antara 250 – 300 ml. Ice americano disajikan tanpa menggunakan gula, rasanya cenderung ringan dan tawar. Kopi ini sering jadi pilihan orang yang sedang diet karena sangat rendah kalori dan termasuk aman untuk lambung.

Baca Juga : Kenali 4 Kopi Paling Populer di Coffee Shop

Jadi sekarang sudah bisa membedakan ketiga kopi tersebut, kan? Meski tampilannya hampir sama, rasa ketiga kopi tersebut berbeda karena proses pembuatannya yang memang jauh berbeda.

Selain itu, pemilihan biji kopi juga menentukan perbedaan rasa masing-masing. Nggak perlu bingung lagi saat memesan kopi di coffee shop.