Image: Alibaba

Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Tepung maizena atau tepung jagung berfungsi untuk mengentalkan masakan. Sebut saja  saus asam manis, capcay atau sapo tahu. Bila sering masak di rumah, saya jamin tepung ini pasti siap sedia di dapur anda.

Namun, bagaimana jika anda kehabisan? Tentunya akan sangat merepotkan. Tapi tidak usah panik dan khawatir, tepung maizena bisa digantikan dengan bahan lain, kok.

1. Tepung Kanji/Tapioka

Tepung kanji atau disebut juga tapioka merupakan tepung yang terbuat dari singkong. Rasa dan warnanya netral, sehingga penampilan masakan anda tidak akan berubah.

Jika ingin digunakan, larutkan tepung kanji dalam air mendidih. Sebab, tepung kanji tidak larut air dingin. Perlu diingat juga untuk perhatikan takaran yang digunakan. Terlalu banyak tepung kanji bisa buat kuah masakan jadi kenyal seperti lem, lho!

Selain itu, tepung kanji tidak cocok untuk sajian yang dimasak lama sebab bisa mengeras. Makanya, lebih digunakan untuk tumisan seperti capcay, sup, dan tumis sayur.

Baca Juga: Apa Bedanya? Tepung Sagu Vs Tepung Tapioka

2. Tepung Beras

Berasal dari beras yang ditumbuk, tepung ini bisa jadi alternatif pengganti maizena. Tekstur yang dihasilkan cenderung kental-padat. Tidak lembek atau kenyal seperti tepung kanji.

Sebanyak 1 sendok makan tepung maizena setara dengan 3 sendok makan tepung beras. Cocok digunakan untuk olahan dengan saus atau tumisan. Namun sebaliknya, pada gorengan, tepung beras memberikan tekstur renyah.

Baca Juga: Mengenal dan Menyimpan Tepung Beras Agar Tahan Lama

3. Tepung Terigu Serbaguna

Tepung terigu serbaguna adalah campuran tepung terigu rendah protein dengan tinggi protein. Hanya saja, warna terigu lebih keruh dan punya aroma khas tepung. Kedua hal ini bisa pengaruhi tampilan masakan anda. Jadi, gunakan terigu serbaguna untuk masakan beraroma tajam agar bau khas tepung bisa tersamarkan.

Seperti tepung maizena, tepung ini bisa mengentalkan masakan. Jika ingin digunakan, perhatikan perbandingan antar keduanya.Yaitu, sebanyak 1 sendok maizena setara dengan 2 sendok terigu serbaguna.

4. Tepung Sagu

Sudah bisa ditebak, tepung sagu pasti berasal dari batang pohon sagu. Tepung ini punya zat pati yang disebut amilopektin. Zat pati tersebut akan menyerap cairan saat dipanaskan. Inilah alasan tepung sagu bisa mengentalkan masakan.

Pada makanan basah, tepung sagu memang bikin kental. Namun, pada makanan kering, tepung sagu memberikan tekstur  renyah. Jadi, jangan salah pakai, ya!

Baca Juga: 8 Jenis Pengental untuk Masakan dan Kue

5. Tepung Kentang

Berasal dari kentang, tidak menjadikan tepung ini berbau atau berasa kentang, lho. Tepung kentang bisa dikatakan sebagai alternatif pengganti tepung maizena terbaik.

Karena rasanya ringan dan tidak berbau, tepung kentang cocok untuk mengentalkan masakan apapun. Takarannya bisa disesuaikan dengan selera anda. Gunakan suhu sedang saat mengolahnya, ya!

Walau sama-sama mengentalkan, tapi tidak ada yang persis mirip dengan maizena.  Jadi, sesuaikan kembali jenis tepung dengan masakan yang anda buat. Selamat mencoba!