(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Urusan mengempukkan daging beserta tulang, saya selalu mempercayakannya pada pressure cooker, atau yang lebih akrab disebut panci presto. Bagaimana tidak, selain sangat praktis, memasak dengan menggunakan panci presto juga bisa lebih menghemat waktu memasak di dapur. Jadi,  harus saya akui jika panci presto benar-benar membantu saya saat memasak.

Saya rasa, pasti juga sudah banyak para ibu atau perempuan merasakan manfaat dari panci presto. Apalagi, sekarang ini panci presto sudah banyak dijual bebas, jenisnya pun beragam dan bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Berbeda dengan zaman dahulu di mana panci presto masih terbilang langka dan hanya digunakan untuk kepentingan industri saja.

Bagi anda yang belum tahu mengenai panci presto, saya akan jelaskan secara rinci tentang panci ajaib yang satu ini berikut.

1. Cara kerja

Berbeda dengan panci biasa, panci presto bekerja dengan cara mengunci uap air, sampai suhu di dalam panci bertekanan sangat tinggi. Panas yang dihasilkan pun jadi merata dan makanan jadi lebih cepat empuk dan matang.

2. Jenis

Panci presto terbagi ke dalam dua jenis, yang masing-masing punya versi konvensional (penggunaan di atas kompor) dan elektrik.

Panci presto stainless stell

Jika anda butuh panci presto yang tahan lama untuk dipakai jangka panjang, maka panci presto berbahan dasar stainless stell ini bisa jadi pilihan. Sejak dulu, bahan stainless stell terkenal akan kualitasnya yang tahan lama dan tidak mudah berkarat. Sayangnya, panci presto jenis ini cukup berat dan konduktor panasnya kurang baik. Jadi, anda sebaiknya pilih  panci presto berbahan stainless stell yang permukaannya dilapisi alumunium agar lebih cepat panas.

Panci presto alumunium

Kebalikan dari panci presto berbahan dasar stainless stell, jika anda butuh panci presto dengan harga yang lebih terjangkau, anda bisa memilih panci presto berbahan dasar alumunium. Keunggulan dari panci presto ini adalah bobotnya yang jauh lebih ringan dibanding panci presto berbahan dasar stainless stell. Hanya saja, panci presto alumunium ini cenderung mudah berjelaga (timbul bercak atau noda di bagian bawah panci) jika sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Kelebihan

Salah satu kelebihan paling utama dari panci presto adalah membantu proses memasak menjadi lebih cepat. Bahkan, waktu memasak yang berkurang bisa sampai 20-70%, tergantung bahan makanan dan jenis masakan yang anda buat. Hal tersebut tentu saja bisa membuat anda lebih hemat waktu, tenaga, dan gas juga.

Anda juga bisa mengempukkan makanan-makanan bertekstur keras seperti biji-bijian, bahkan tulang dari daging atau ikan, lho.

Tak hanya itu saja, proses memasak dengan menggunakan panci presto bisa berfungsi sebagai sterilisasi pada makanan, karena makanan dimasak dengan suhu sangat tinggi sehingga mikroorganisme dalam makanan bisa hilang lebih banyak dibanding anda memasak dengan cara biasa.

4. Kekurangan

Dengan semua kelebihannya, panci presto tetap saja memiliki beberapa kekurangan. Anda tidak bisa memasak sayuran dalam waktu yang lama dalam panci presto, karena nutrisinya bisa rusak.

Selain itu, karena waktu memasak dalam panci presto lebih singkat, otomatis bumbu yang anda gunakan pun tidak akan meresap dengan sempurna ke dalam makanan, sehingga rasa makanan anda pun akan lebih hambar jika dibandingkan dengan memasak secara manual.

Dengan semua fasilitas yang ditawarkan, harga dari panci presto ini jelas lebih mahal dibanding harga panci biasa, sehingga anda harus siap merogoh kocek cukup dalam untuk bisa membeli panci presto.

5. Tips memilih

Jika anda baru akan membeli panci presto, simak dulu tips berikut ini agar tidak salah pilih.

Pilih ukurannya

Umumnya, panci presto memiliki 3 ukuran yaitu 4 liter, 6 liter, dan 8 liter. Saran saya, sebaiknya anda langsung membeli ukuran yang besar saja, karena panci presto tidak boleh diisi lebih dari 2/3 bagian ketika digunakan masak. Sehingga jika pilih panci presto ukuran kecil, anda akan kurang leluasa dalam memasak karena kapasitasnya terbatas.

Perhatikan bentuknya

Di pasaran, terdapat dua bentuk panci presto, yaitu cenderung lebar atau tinggi. Kalau saya lebih pilih panci presto dengan bentuk lebar dan pendek. Sehingga lebih mudah saat saya mengecek atau mengaduk masakan.

Perhatikan modelnya

Ketika akan membeli panci presto, anda akan dihadapkan pada dua model panci, yaitu panci keluaran lama dan panci keluaran terbaru. Pastikan anda membeli panci presto model terbaru, karena meskipun harganya lebih mahal dari panci presto model lama, fasilitasnya jauh lebih baik, serta lebih aman digunakan. Lalu pastikan juga anda memilih panci dengan dua ‘kuping’ gagang agar lebih stabil dipegang ketika akan dipindahkan.

Nah, sekarang semua tanda tanya anda mengenai panci presto sudah terjawab dong? Silakan dijadikan panduan, ya, ketika akan membeli panci tersebut.