Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Dari semua jenis seafood, saya paling suka cumi-cumi. Teksturnya lembut, rasanya sedikit manis-gurih dengan aroma yang khas. Cumi juga mudah dibersihkan, tidak ribet seperti udang atau ikan. Diolah jadi apapun, cumi selalu berhasil sajikan kelezatan yang tiada dua.

Nah, jika anda juga menyukai olahan cumi seperti saya, coba buat beberapa kreasi olahan cumi seperti berikut ini. Dijamin, masakan anda akan sekelas sajian bintang lima!

Baca Juga: 4 Tips Mengolah Cumi Agar Tidak Alot dan Empuk

1. Cumi Telur Asin

Cumi goreng tepung dipadukan saus telur asin memang paduan terbaik! Rasa khas saus telur asin meleleh di antara kegurihan cumi goreng tepung. Dibayangkan saja sudah bikin ngiler, ya.

Pertama, balurkan cumi ke campuran terigu, maizena, dan baking powder. Goreng cumi dengan minyak banyak dan panas. Kemudian tumis bawang putih, cabai, saus tiram, daun bawang dan kuning telur. Beri sedikit air. Setelah larut, masukkan cumi goreng tepung dan aduk hingga bumbu meresap. Koreksi rasanya sesuai selera. Benar-benar menggoda!

Coba Resep: Cumi Telor Asin

2. Cumi Saus Padang

cumi saus padang

Rasanya saus padang adalah menu wajib semua olahan seafood. Saus ini bercita rasa asam, manis, dan pedas. Sangat cocok dicampur dengan seafood yang sedikit amis. Apalagi bila disantap dengan nasi hangat. Yummy!

Tumis bawang merah, bawang putih, tomat, saus tiram dan saus sambal. Masukkan cumi dan aduk hingga meresap. Kemudian tambahkan bawang daun, cabai, dan koreksi rasanya. Supaya tidak alot, masak cumi tidak lebih dari 3 menit, ya.

Coba Resep: Cumi Saus Padang

3. Cumi Asam Manis

cumi asam manis lezat

Saus asam manis banyak digunakan untuk berbagai bahan makanan. Namun, cumi punya tekstur lembut yang buat saus asam manis lebih lezat saat disantap. Walaupun bikinnya mudah, masakan ini punya kesan mewah dan elegan untuk disajikan saat acara besar.

Gunakan sedikit minyak untuk tumis bawang putih dan bawang bombay. Lalu tambahkan saus tomat, saus sambal, dan saus tiram. Koreksi rasanya sesuai selera. Saat rasanya sudah pas, masukkan cumi dan aduk hingga air menyusut. Cumi asam manis pun siap disajikan.

Coba Resep: Cumi Asam Manis

4. Cumi Goreng Mentega

Cumi goreng mentega praktis

Cumi goreng mentega bisa jadi masakan andalan anda untuk hadirkan sajian cepat tapi tetap lezat. Bahannya pun bisa dengan mudah ditemui di dapur. Agar lebih sedap, pastikan pilih cumi yang segar, ya.

Bumbui cumi dengan bawang putih, jahe, dan garam. Diamkan selama 5 menit agar bumbu meresap. Kemudian goreng cumi kira-kira 1.5 menit. Lalu tumis margarin, garam, gula, cabai, daun kari, dan kuning telur. Setelah rasa bumbu pas, masukkan cumi dan aduk hingga bumbu terserap.

Coba Resep: Cumi Goreng Mentega

5. Cumi Goreng Tepung

Cumi goreng tepung adalah masakan favorit semua usia. Bahkan, cumi goreng tepung dijadikan cemilan yang hits dan kekinian. Bentuknya yang cantik dengan rasa gurih-renyah, jadikan cumi goreng tepung primadona!

Cuci bersih cumi lalu lumuri dengan air jeruk nipis serta garam. Diamkan 10 menit untuk hilangkan bau amisnya. Siapkan campuran tepung terigu, tepung tapioka, garam, lada, dan baking powder. Aduk bahan tersebut hingga rata, lalu bagi dalam 2 wadah. Satu wadah diberi air es hingga kental.

Setelah itu, baluri cumi di tepung kering. Kemudian celupkan ke tepung basah. Gulingkan lagi cumi tersebut ke adonan kering. Tepung-tepuk sisa tepung, lalu goreng cumi dalam minyak panas. Sajikan selagi hangat!

Coba Resep: Cumi Goreng

6. Cumi Tinta Hitam

Cumi tinta hitam merupakan masakan yang sangat unik. Sebab, dibalik penampilannya yang hitam legam ternyata rasanya luar biasa enak. Pilih cumi utuh dan segar, ya! Soalnya, diperlukan tinta cumi untuk masak masakan ini.

Pertama, lumuri cumi dengan jeruk nipis dan diamkan 10 menit. Kemudian, pisahkan badan dan kepala cumi. Ingat, jangan sampai kantong tinta cumi pecah.

Selanjutnya tumis bawang merah, bawang putih dan cabe hijau dengan margarin. Tambahkan daun jeruk dan lengkuas yang sudah digeprek. Setelah bumbu harum, masukkan cumi dan sedikit air. Aduk hingga mengental. Setelah 3 menit, cumi tinta hitam siap disantap.

Coba Resep: Cumi Tinta Hitam

7. Cumi Bakar Kecap

cumi bakar

Cumi bakar nan cantik ala restoran bisa dibuat dengan mudah di rumah, lho. Agar daging cumi bertekstur saat dibakar, anda harus buat irisan halus di sepanjang badan cumi. Wah, pastinya cumi bakar sangat nikmat dan berkelas!

Diamkan cumi yang sudah dilumuri air jeruk nipis selama 15 menit. Kemudian, buat bumbu dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, jahe, kecap, asam jawa dan air. Lumuri cumi dengan bumbu tersebut lalu diamkan di kulkas selama 30 menit agar bumbu meresap.

Terakhir, bakar cumi hingga matang. Sesekali, olesi cumi dengan bumbu dan balik. Beri juga margarin supaya lebih gurih dan kulit cumi tidak menempel.

Coba Resep: Cumi Bakar Kecap

Mengolah cumi sangat simpel, cepat, dan tidak ribet, kan. Hanya butuh waktu sebentar untuk ciptakan masakan mewah sekelas restoran. Jadi, mau mulai masak cumi yang mana, nih?

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi