Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Kuliner Indonesia sangat beragam, bahkan nasi goreng saja memiliki banyak variasi. Ragam nasi goreng Nusantara dan bumbu rempahnya yang khas membuat nasi goreng menjadi menu yang disukai siapa saja. Bahkan nasi goreng di Indonesia disukai oleh turis mancanegara.

Ya, begitu terkenalnya nasi goreng, hingga masing-masing daerah punya nasi goreng khasnya sendiri. Misal nasi goreng magelangan, nasi goreng aceh, nasi goreng jawa dan masih  banyak lagi. Semuanya mudah dibuat, lho! Simak disini cara masaknya.

1. Nasi Goreng Magelangan

nasi goreng magelangan

Berasal dari Magelang, nasi goreng ini punya ciri khas penambahan mie dan toge. Namun, mie sudah direbus dulu, ya! Sehingga, saat akan dicampur nasi goreng, mie sudah matang.

Pertama, tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri, ebi dan terasi) terlebih dulu. Kemudian, masak bumbu tersebut bersama telur orak arik dan ayam suwir. Terus aduk hingga bumbu wangi. Selanjutnya, masukan mie dan nasi. Koreksi rasanya, sembari diaduk hingga bumbu terserap.

Coba Resep: Resep Nasi Goreng Magelangan

2. Nasi Goreng Rendang

nasi goreng rendang praktis

Konon, rendang adalah makanan terenak di dunia. Begitu pula nasi goreng yang selalu menawan di hati penggemarnya. Perpaduan kedua masakan tersebut dijamin bikin ketagihan!

Caranya cukup tumis,  bawang merah, bawang putih, bawang bombay, telur, dan bumbu rendang. Kemudian, masukkan nasi sedikit demi sedikit. Beri sedikit kecap manis dan merica. Terakhir, aduk hingga bumbu merata dan koreksi rasanya.

Coba Resep: Resep Nasi Goreng Rendang

3. Nasi Goreng Kuning

nasi goreng kuning

Berbeda dari nasi goreng yang umumnya berwarna coklat, nasi goreng ini berwarna kuning karena penambahan kunyit. Aroma kunyit yang menyengat dan cabe rawit utuh menjadi ciri khas nasi goreng yang satu ini.

Bumbu yang dihaluskan adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan ebi. Lalu, ditumis bersama telur dan nasi. Beri gula, garam, dan merica sesuai selera. Aduk nasi goreng hingga bumbu merata. Hati-hati jangan sampai ada yang menggumpal, ya!

Coba Resep: Resep Nasi Goreng Kuning

4. Nasi Goreng Jawa (Kampung)

nasi goreng kampung jawa

Nasi goreng jawa adalah nasi goreng yang paling familiar. Disebut juga nasi goreng kampung karena dimasak dengan cara tradisional, yaitu pakai anglo atau kayu. Rasa manis nasi goreng ini bisa anda tebak dari penampilannya yang kecoklatan.

Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan terasi. Tumis bumbu tersebut hingga harum. Lalu, masukkan telur orak-arik, ayam suwir dan kecap manis. Setelah bumbu merata, masukkan nasi, garam, dan merica. Sesuaikan rasanya dengan selera anda.

Coba Resep: Resep Nasi Goreng Jawa (Kampung)

5. Nasi Goreng Aceh

Resep nasi goreng aceh

Nasi goreng aceh memang tidak populer seperti mie aceh. Namun, aroma khas rempahnya mampu buat siapa saja ingin mencicipi.

Terlebih dahulu haluskan bawang merah, bawang putih, pala, kemiri, cabe merah, dan terasi. Kemudian, tumis dengan api kecil dan sedikit minyak. Tambahkan saus tiram, kecap dan nasi. Aduk hingga bumbu merata. Setelah bumbu merata dan terserap sempurna, sajikan bersama acar bawang dan keripik emping.

Coba Resep: Resep nasi goreng Aceh

6. Nasi Goreng Gila

Dijuluki nasi goreng gila karena porsinya yang banyak dan bahannya beragam. Sebut saja telur, ayam, hati, ampela, sosis, seafood, jamur, bakso, caisim, kol, dan sawi yang ikut meramaikan nasi goreng ini. Benar-benar gila!

Pembuatannya diawali dengan menumis bawang merah dan bawang putih cincang. Setelah itu, masukan telur orak-arik. Selanjutnya, tambahkan seluruh bahan hewani. Tumis hingga matang. Lalu, masukan nasi, kecap manis, lada, dan garam. Terakhir, tambahkan sayuran dan tetap aduk hingga bumbu merata.

Coba Resep: Resep Nasi Goreng Gila

7. Nasi Goreng Kambing

Tidak ada yang bisa tandingi keharuman dan rasa gurih nasi goreng kambing. Ada sensasi hangat saat anda menyantap hidangan ini. Sebab, banyak bahan rempah yang digunakan untuk hilangkan bau prengus daging kambing.

Tumis bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, jinten, kapulaga, cengkeh, lada, dan kunyit. Setelah harum, masukkan irisan daging kambing. Tambahkan sedikit air, dan masak hingga daging empuk.

Kemudian, masukkan nasi, kecap beserta garam. Jika suka, tambahkan juga daun bawang dan cabe merah. Aduk hingga bumbu merata. Terakhir, sajikan nasi goreng kambing bersama acar timun.

Coba Resep: Resep Nasi Goreng Kambing

Wah, ternyata banyak sekali jenis nasi goreng khas nusantara. Tapi tetap saja, bagi saya nasi goreng gila paling juara. Kenyang dan lezat! Bagaimana dengan anda?

 

7 Resep Nasi Goreng Khas Nusantara yang Wajib Dicoba
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)