Penulis: Windy | Editor : Atsa

Di pasaran, dengan mudah kita bisa menemukan ubi kuning, ubi cilembu, ubi ungu, dan ubi putih. Ubi sering dicari karena rasanya yang legit dan manis, lho. Dan dari beberapa ubi, ternyata ada dua ubi yang menjadi kesukaan banyak orang, ubi ungu dan ubi cilembu.

1. Apa Itu Ubi Ungu dan Ubi Cilembu?

Orang Jawa menyebut ubi ungu dengan telo ungu atau telo rambat. Ubi jalar ungu berasal dari Amerika Selatan yang kemudian dibudidayakan hingga Asia. Ubi ungu adalah jenis ubi jalar yang memiliki warna ungu yang pekat pada dagingnya.

Ubi Cilembu biasa disebut ketela rambat, hui bule, ataupun boled. Ubi cilembu ini adalah ubi jalar orange jenis nirkum atau rancing yang berasal dari benua Amerika yang kemudian dibudidayakan di desa Cilembu. Maka namanya menjadi ubi cilembu. Ubi cilembu terkenal dengan dagingnya yang berwarna oranye terang.

Baca juga: 3 Cara Mengolah Ubi yang Tepat, Praktis & Enak

2. Rasa dan Tekstur

Ubi ungu memiliki rasa yang manis dan teksturnya sangat legit, empuk berwarna ungu.

Ubi cilembu mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga rasanya sangat manis. Aroma wanginya khas, teksturnya sangat pulen, lembut dan empuk berwarna kuning keemasan.

3. Memilih Ubi Ungu dan Ubi Cilembu

Kalau ingin konsumsi ubi ungu atau ubi cilembu, sebaiknya anda pilih ubi yang agak tua. Ubi yang masih muda rasanya kurang legit. Permukaan kulit ubi juga perlu anda memperhatikan. Pilihlah ubi yang mulus dan tidak berserabut.

Cara  memilih ubi yang agak tua, pertama pencet ujung ubi. Kalau keras, pertanda ubi sudah cukup tua. Kedua, iris sedikit bagian ujungnya. Kalau ubi masih bergetah berarti ubi masih muda. Pastikan warnanya ungu sekali yang menandakan kalau sudah tua.

Baca juga: 4 Tips Memilih Ubi Yang Baik dan Manis

4. Menyimpan Ubi Ungu dan Ubi Cilembu

Agar ubi dapat digunakan kembali beberapa minggu kedepan, penyimpanannya harus benar. Anda perlu menghindari menggunakan air karena meningkatkan kelembaban ubi dan mempercepat pembusukan.

Bersihkan ubi dari tanah dan debu yang melekat dengan kain kering. Lalu, iris bagian yang terlihat penyok, membusuk, atau ada tunas baru. Bungkus ubi dengan koran bekas, karena dengan kertas terdapat ruang sirkulasi udara.

5. Olahan Ubi Ungu dan Ubi Cilembu

Ubi ungu dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat. Ubi dapat diolah menjadi bolu ubi ungu, cake ubi ungu, bakpao ubi ungu, keripik, bahkan es krim. Selain itu ubi ungu juga bisa digunakan untuk pewarna makanan alami dalam pengolahan mie, jus, roti, selai dan minuman fermentasi.

Ubi cilembu  dapat diolah menjadi berbagai makanan. Tetapi akan sangat nikmat kalau ubi cilembu dipanggang. Saat dipanggang ubi akan mengeluarkan lelehan menyerupai cairan gula yang lengket dan manis seperti madu. Saat dipanggang rasa manis dan cita rasanya lebih mantap dibandingkan jika diolah dengan cara yang lain.

Baca juga: 7 Olahan Unik dan Nikmat dari Ubi Ungu

Wah, ternyata ubi ungu dan ubi cilembu memiliki khasnya masing-masing. Cara pengolahan keduanya pun cukup berbeda. Jadi, ubi mana dulu nih yang akan dicoba?.