Penulis: Windy | Editor: Ria

Tidak dipungkiri karamel adalah rasa yang paling disukai anak-anak maupun orang dewasa. Tak terkecuali anda bukan? Saya pun menyukainya. Beberapa waktu lalu pasta karamel susu atau disebut Dulce de Leche sering sekali muncul di forum memasak. Pasta manis serba guna ini cocok sekali untuk olesan roti, atau campuran cake lainnya.

Apa Itu Dulce de Leche?

Dulce de Leche (bahasa Spanyol) memiliki arti gula-gula susu atau karamel susu dalam bahasa Indonesia. Dulce de Leche merupakan saus creamy yang terbuat dari susu dan gula yang dipanaskan hingga menjadi pasta.

Karamel susu ini mudah sekali anda dapatkan jika berkunjung ke Argentina. Tapi sekarang sudah berkembang hingga Amerika latin lainnya, Eropa, bahkan Asia.

Apa Bahan Pembuatnya?

Kalau ingin rasa original dari Argentina, anda membutuhkan susu segar, gula, sedikit vanilla, dan sedikit baking soda. Bahan pembuat Dulce de Leche di setiap negara Amerika Latin berbeda-beda. Ada yang hanya menggunakan susu dan gula saja, tanpa vanila dan baking soda. Namun, ada versi bahan mudah dan praktisnya, yaitu susu kental manis yang dipanaskan hingga berkalamelisasi.

Bisa Untuk Apa Saja Dulce de Leche?

Dulce de Leche dapat digunakan untuk banyak makanan. Di daerah asalnya Dulce de Leche  biasa digunakan sebagai isian pastry, es krim, yogurt, cookies, tarts, cheesecake, dan olesan roti. Menambahkannya untuk saus frappe, pancake atau dijadikan cemilan pun enak.

Bagaimana Cara Membuatnya?

Ada dua cara membuat Dulce de Leche. Pertama campurkan susu segar, gula, dan vanilla dalam panci. Masak dengan api sedang hingga tercampur rata. Setelah gula larut, tambahkan baking soda dan aduk kembali. Kemudian, kecilkan api dan masak tanpa ada asap yang keluar. Aduk adonan sesekali dan jangan sampai ada gelembung di atasnya. Masak selama 1.5-2 jam hingga berwarna karamel gelap. Lalu, saring campuran dan simpan di lemari es.

Cara kedua lebih prakstis, yaitu dengan memanaskan susu kental manis kaleng. Panaskan air sampai mendidih, lalu kecilkan api. Masukan kaleng susu kental manis dalam rebusan air, rebus dengan api kecil selama 90 menit. Pastikan juga air menutupi seluruh kaleng, ya. Setelah kaleng dingin, buka kaleng. Susu kental manis akan berubah menjadi pasta karamel, maka jadi lah Dulce de Leche.

 

Baca juga: 4 Langkah Mudah Membuat Susu Kental Manis Homemade

Mudah sekali ya membuat Dulce de Leche, jadi ayo coba di dapur anda. Selain mudah membuatnya, Dulce de Leche juga bisa disimpan dalam waktu lama loh. Selamat mencoba!