Penulis : Atsa

Salah satu sereal atau cemilan sehat yang sering dipilih saat berbelanja adalah granola. Mungkin Anda pernah melihatnya di supermarket tapi bingung, apa itu granola? Yuk, kenali lebih jelas lagi mengenai granola.

Granola terbuat dari oats, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa granola juga menambahkan buah-buahan kering. Rasanya renyah dan manis, sehingga sering dijadikan pilihan untuk sarapan di pagi hari.

Manfaat Granola

Bahan-bahan sehat Granola seperti oats, kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah kering seperti kismis dan raspberry kering memberikan nutrisi penting seperti protein, vitamin, zat besi, dan serat. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa granola juga tinggi gula. Beberapa granola memiliki 300 kalori per 100 gram, namun banyak juga yang 400 – 600 galori per 100 gram.

Beberapa jenis granola ada yang tanpa pemanis, atau menggunakan sirup molase yang aman bagi penderita gula darah tinggi. Namun, ada juga yang menggunakan madu, sirup maple, bahkan coklat.

Jadi, meski kaya nutrisi dan vitamin bagi tubuh, untuk yang membatasi konsumsi gula perlu jeli untuk melihat sumber gula yang mungkin ada di granola. Pilih granola yang tanpa pemanis tetap lezat kok, karena ada buah kering yang memberikan rasa manis dan asam.

Baca JugaKreasi Menghias Donat yang Cantik dan Menarik

Cara Konsumsi

Granola bisa dikonsumsi dengan beragam cara, sehingga Anda dan keluarga nggak akan mudah bosan. Berikut beberapa kreasi granola yang bisa Anda terapkan.

1. Sereal

Image : laurafuentes.com

Granola paling sering disajikan sebagai sereal untuk sarapan. Menjadikan granola sebagai sereal yang dicampur susu ini tidak hanya cocok sebagai menu sarapan, tapi juga ideal saat Anda melakukan program diet. Anda juga bisa menambahkannya dengan aneka buah-buahan yang memiliki rasa manis-asam.

Tapi ingat ya, jika menjadikannya sereal untuk diet, pilih granola tanpa pemanis tambahan. Pastikan juga dalam tabel komposisinya granola tersebut memiliki kalori yang tidak lebih dari 350 kalori per 100 gram.

2. Biskuit Bar

Image : thechunkychef.com

Anda juga bisa mengolah granola menjadi biskuit bar untuk cemilan sehat. Cara membuatnya juga sangat praktis, lho. Siapkan dua mangkuk, pada mangkuk pertama buat campuran madu dan minyak kelapa. Pastikan menggunakan madu murni yang asli ya, waspada dalam memilih madu, karena tidak samua madu benar-benar murni tanpa pemanis tambahan. Aduk campuran tersebut, Anda juga bisa menambahkan esense vanila supaya lebih wangi.

Pada mangkuk kedua, tuang granola secukupnya. Anda juga bisa menambahkan kacang-kacangan dan buah-buahan kering lainnya sebagai tambahan nutrisi dan penambah rasa. Kemudian, tuang cairan mangkuk pertama ke dalam mangkuk kedua, aduk rata. Madu dan minyak kelapa tersebut berguna sebagai perekat.

Tuang adonan tersebut pada loyang, yang sudah dilapisi plastik. Ratakan sambil ditekan-tekan hingga padat. Lalu panggang dalam oven. Setelah matang, biarkan panasnya hilang, lalu potong-potong menjadi biskuit bar.

Simpan di wadah yang rapat, ya. Anda bisa mengkonsumsinya untuk mengganjal perut, cemilan sehat, atau saat terburu-buru pergi di pagi hari.

Baca Juga : Perbedaan Minyak Kelapa Sawit dan Minyak Kelapa

3. Topping Ice cream

Image : simplebeyond.com

Anda juga bisa menjadikan granola sebagai topping ice cream, lho. Rasanya jadi lebih lezat dan lebih bernutrisi. Nah, kalau Anda punya anak yang sembelit dan susah makan sayur, siasati saja dengan mencampurkan granola sebagai topping ice cream.

4. Campuran Yogurt

Image : rural-lunch.co.uk

Granola juga sangat nikmat saat dicampur dengan yogurt, lho. Bisa jadi cemilan sehat yang mengenyangkan juga. Cemilan ini bisa membantu menyehatkan kondisi perut Anda, khususnya memperlancar buang air besar.

Baca Juga : 4 Cara Jitu Membedakan Madu Murni dan Madu Campuran

Itulah beragam cara nikmat mengonsumsi granola. Dengan beragam kreasi tersebut, nggak akan mudah bosan. Kaya dengan nutrisi, yuk mulai ganti cemilan Anda dengan yang sehat seperti granola, ya.