Lengkuas sebagai bumbu dapur yang kaya manfaat.


Bagi anda yang saat ini sedang belajar masak, mengetahui berbagai jenis bumbu rempah serta kegunaannya menjadi hal yang wajib. Negeri kita ini kaya akan rempah, yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur karena mampu memperkuat aroma dan rasa. Kali ini kita akan membahas lengkuas atau laos sebagai bumbu dapur yang kaya manfaat. Yuk, check it out!

1. Karakteristik lengkuas.

Lengkuas atau laos merupakan salah satu jenis umbi tanaman yang masuk dalam keluarga rimpang seperti halnya jahe dan kunyit, bedanya kulit lengkuas cenderung mengkilat. Jenis rempah ini memiliki aroma yang khas dan tajam sehingga berbagai jenis masakan tidak akan lengkap tanpa kehadiran si lengkuas ini. Misalnya rendang, soto, aneka oseng atau tumisan, kari ayam, gulai, tongseng, sayur asem dan masih banyak lagi. Jika kamu gigit, rimpang lengkuas akan terasa sedikit manis, panas, dan pedas.  

2. Penggunaan lengkuas di negara lain.

Lengkuas atau laos ini banyak ditemukan tumbuh di sebagian besar negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. Pada awalnya fungsi utama lengkuas adalah untuk bumbu masakan dan pengobatan tradisional, terutama di China dan Jawa. Tapi dalam perkembangannya, lengkuas telah dimanfaatkan secara luas di Eropa dan Timur Tengah.

Jika di Eropa dan Asia lengkuas dimanfatkan sebagai perangsang nafsu makan, maka di abad ke-13 hingga 14, orang-orang Turki biasa menggunakan lengkuas ini untuk campuran minum teh.  Sementara di Arab lengkuas banyak dimanfaatkan sebagai stimulan untuk hewan ternak atau peliharaan seperti kuda.

3. Fungsi dan kegunaan lengkuas.

Sebagai salah satu bumbu dapur, lengkuas memberikan cita rasa dan aroma khas yang kuat pada masakan. Selain itu, lengkuas mampu menonjolkan cita rasa pedas dari bumbu yang berbahan dasar cabai, bawang putih, dan bawang merah.

lengkuas juga dapat diolah menjadi serundeng untuk masakan ayam goreng lengkuas dan empal goreng. Cukup dengan memarut lengkuas dan menggorengnya sampai kering, siap deh ditaburkan di atas ayam goreng. Dijamin ayam goreng kamu semakin lezat! Yumm!

4. Manfaat lengkuas untuk kesehatan.

Dalam berbagai masakan lengkuas memang mampu memberikan cita rasa yang harum dan segar. Tahukah kamu jika lengkuas si bumbu dapur ini ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan? Yep, kandungan zat aktif semacam alonin, galangol, dan resin di dalam lengkuas bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi perut kembung, diare, reumatik, dan demam. Selain itu, lengkuas juga sering dimanfaatkan sebagai obat anti mabuk selama di perjalanan.

5. Cara penyimpanan dan pengolahan.

Untuk penyimpanannya sendiri cukup mudah kok. Letakkan lengkuas di dalam wadah yang terbuka, kering dan cukup di suhu ruangan saja. Sementara untuk pengolahannya, kamu bisa membersihkan tanah yang menempel pada lengkuas dengan mencuci dan menggosoknya, baru kemudian dikupas.

Untuk jenis masakan rumahan, porsi lengkuas yang umum digunakan sekitar 2-3 ruas jari per masakan. Oh ya, sebaiknya pilih lengkuas yang masih segar ya, karena kalau sudah kering susah banget dipotongnya. Ngak percaya? Buktikan saja!

 

 

Manfaat dan Karakteristik Lengkuas atau Laos
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)