Penulis : Atsa

Bersantap dengan padat gurihnya babat memang begitu menggoyang lidah bagi peminatnya. Nah, jika Anda juga penyuka jeroan sapi babat. Buat sendiri saja babat di rumah, dan kreasikan dengan beragam resep olahan babat berikut supaya tidak membosankan.

Tidak perlu khawatir olahan babat sendiri akan bau. Pastikan memilih babat yang segar, dan cuci sampai bersih. Lalu, rebus babat bersama daun salam dalam jumlah yang cukup banyak huntuk mengurangi baunya.

Baca Juga : 5 Tips Mengolah Babat (Jeroan Sapi) Supaya Bebas Bau Tak Sedap & Empuk

1. Babat Gongso

Babat gongso semarang

Babat gongso adalah salah satu hidangan lezat berbahan babat khas Semarang. Identik dengan rasa manis sedikit gurih yang nikmat, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Rebus babat bersama daun salam, 2 cm lengkuas, dan 2 cm jahe di dalam 1000 ml air sampai matang dan empuk. Angkat, potong-potong, sisihkan.

Haluskan kemiri sangrai, kunyit bakar, bawang merah, bawang putih, dan cabai. Tumis bawang merah iris, daun salam, lengkuas, serai, dan bumbu halus sampai harum dan matang. Masukan babat, aduk rata. Tambahkan kecap manis, garam, dan sedikit aula pasir. Aduk kembali hingga rata. Tuang air, masak sampai matang dan semua bumbu meresap. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Baca Juga : Resep Babat Gongso

2. Nasi Goreng Babat

Pasti Anda sering melihat pilihan menu nasi goreng babat? Anda menyukainya? Buat sendiri saja dengan babat yang lebih banyak. Jadi semakin nikmat.

Buat babat gongso terlebih dahulu. Atau jika babat gongso sisa, bisa diolah lagi jadi nasi goreng babat. Potong babat gongso jadi lebih kecil lagi, ya. Supaya mudah disendok bersama nasi goreng.

Buat bumbu halus untuk nasi goreng pada umumnya. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai sesuai selera. Tumis hingga harum. Tambakhan nasi dan babat gongso, aduk rata. Beri kecam manis, gara, dan merica bubuk. Aduk dan masak hingga matang. Koreksi rasanya, sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

3. Lontong Isi Babat

Image : www.sajiansedap.grid.id

Lontong isi babat juga tidak kalah nikmat, lho. Juga, praktis dan mudah untuk disantap. Pertama buat babat gongso terlebih dahulu. Potong kecil babat, campur dengan kemangi, irisan cabai rawit, dan irisan daun bawang. Aduk rata, sisihkan.

Berikutnya, rebus santan, garam, daun salam, dan serai yang dimemarkan sampai mendidih. Masukan beras. Aduk di atas api kecil sampai meresap. Ambil selembar daun pisang, beri adonan lontong. Tambahkan adonan isi babat, padatkan, bungkus bentuk lontong. Kukus di atas api sedang selama satu jam sampai matang.

4. Soto Babat

Kalau ingin resep olahan babat yang lebih segar, soto babat bisa jadi pilihan. Rebus babat yang sudah dibersihkan dengan daun salam untuk menghilangkan bau. Tiriskan babat dan buang air rebusannya. Potong-potong babat jadi ukuran kecil. Sisihkan.

Haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, kunyit dan jahe. Tumis bumbu tadi bersama daun jeruk, daun salam, daun serai, lengkuas, cengkeh, dan kapulaga hingga harum. Masukkan babat, aduk rata. Tuang santan dan tambahkan air. Bumbui dengan garam, merica, kaldu bubuk, dan gula. Aduk rata dan masak hingga mendidih.

Masukkan tauge, daun bawang, dan irisan tomat. Aduk sebentar hingga tauge setengah matang. Soto babat siap disajikan dengan bawang merah goreng.

Baca Juga : Soto Babat

5. Babat Goreng Sambal Korek

Image : idntimes.com

Kalau ingin yang mudah dan praktis, buat saja babat goreng sambal korek. Begitu praktis namun sangat lezat saat disajikan dengan nasi putih hangat.

Haluskan bawang putih, ketumbar, kunyit, dan lengkuas. Tumis bumbu halus, tambahkan daun salam, dan daun jeruk, dan sedikit asam jawa. Masak sampai wangi. Masukan babat, tambahkan garam, masukan sedikit air. Cek rasanya. Terus masak sampai matang dan air habis. Sajikan bersama nasi hangat dan sambal bawang.