Penulis: Windy | Editor: Ria

Bulan Agustus 2018, pesta olahraga terbesar di Asia akan diadakan di Indonesia. Kota yang menjadi tuan rumah adalah Jakarta dan Palembang. Kalau anda pergi ke Palembang, selain memberi semangat untuk para atlet, anda juga harus wisata keliling kota.

Menikmati kota Palembang dari jembatan Ampera sangat menyenangkan. Tapi rasanya kurang lengkap kalau belum berwisata kuliner. Makanan khas Palembang unik-unik dan tentunya menggugah selera. Setelah kulineran, jangan lupa anda membawa oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

Kuliner Khas

1. Pempek

Pempek kapal selam praktis

Kuliner ikon Palembang ini wajib anda coba. Pempek merupakan makanan yang terbuat dari daging ikan giling, tepung, dan sagu lalu disajikan dengan cuko kental. Banyak variasi pempek yang wajib anda coba seperti kapal selam, pempek lenjer, pempek kulit dan lainnya. Makan pempek saat sedang berada di atas Jembatan Ampera ternyata beri sensasi unik tersendiri, lho.

Coba resep: Pempek Kapal Selam Praktis dan Mudah

2. Tekwan

tekwan special

Selain pempek, tekwan pun harus anda coba. Bahan-bahan tekwan pun sama dengan bahan pempek. Hanya saja tekwan dibentuk bulat-bulat kecil seperti bakso ikan kemudian direbus. Tekwan semakin nikmat disajikan dengan kuah kaldu udang dilengkapi dengan soun, jamur kuping, irisan bengkoang, dan seledri.

Coba resep: Tekwan Lengkap Spesial Istimewa

3. Mie Celor

mie celor palembang

Saking populernya, sajian ini jadi varian rasa salah satu mie instan. Mie celor adalah mie kuning tebal yang disajikan dengan kuah kaldu udang dan santan yang diberi sedikit toge. Di Palembang, menu ini disantap saat sarapan, lho.

Coba resep: Mie Celor Lezat Istimewa Asli Khas Palembang

4. Martabak Har

pergikuliner.com

Berbeda dengan martabak bangka yang ditemani dengan kuah cuko yang gurih. Martabak Har ditemani dengan kuah kari dengan campuran kentang dan daging. Martabak khas Palembang ini pun tidak memasukkan daging dan daun bawang kedalam isian. Jadi hanya telur dan kulit martabak. Wajib coba!

5. Tempoyak

Penggemar durian harus coba sajian yang satu ini. Daging buah durian yang ditumis bersama cabai dan bawang sehingga sering disebut sambal tempoyak. Rasanya sangat unik dan aroma duriannya sangat kuat. Tempoyak biasa dijadikan pelengkap makan pindang ikan patin atau makanan lainnya, nikmat sekali ya.

Baca juga: 7 Olahan Masakan & Pencuci Mulut Dari Durian

Oleh-oleh khas

1. Kemplang

kemplang panggang

Salah satu oleh-oleh kering yang bisa anda bawa pulang dari Palembang adalah kemplang. Kerupuk yang berbahan dasar ikan tenggiri atau gabus ini sangat bertekstur dan renyah. Secara tradisional, kemplang dimasak dengan cara dibakar di atas bara api dan disajikan dengan sambal terasi.

2. Lempok Durian

Selain Jakarta, Palembang pun punya dodol yang diberi nama lempok. Lempok berbahan dasar durian dan gula. Resep lempok yang sudah turun temurun ini dimasak dengan kayu bakar dengan waktu yang cukup lama. Untuk kamu pecinta durian, wajib bawa dijadikan oleh-oleh ya!

3. Kue Maksuba

olx.co.id

Kue lapis khas Palembang ini pun cocok menjadi pilihan oleh-oleh. Bentuk lapis Palembang mirip seperti lapis legit tapi teksturnya lebih basah dan pekat rasa manisnya. Kelembutan kue maksuba pun jadi daya tarik cita rasa wisatawan, lho.

4. Sambal Lingkung

Nama sambal pasti identik dengan pedas, tapi sambal ini tidak pedas. Rasanya gurih, asin, dan manis dalam satu sajian. Sambal lingkung terbuat dari parutan kelapa dan ikan tenggiri yang disangrai sampai kering. Sehingga sambal lingkung ini cocok untuk disimpan lama.

Makanan dan oleh-oleh khas Palembang sangat unik ya. Tidak hanya unik rasanya pun dijamin lezat. Sudah mendukung atlet kesayangan ditambah wisata keliling kota, wisata kuliner, dan membawa oleh-oleh khas Palembang pasti terasa lebih lengkap ya.

Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Pelembang
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)