Penulis : Atsa

Resep jamur dan olahannya sering sekali dicari karena kaya nutrisi. Jamur merang sering ditemukan sebagai bahan pelengkap dalam berbagai masakan. Meski sering ditemukan jamur merang saat makan beberapa menu di restoran, namun Anda mungkin tetap bingung, masak apa ya dengan jamur merang?

Mungkin Anda juga sudah membuat masakan dengan jamur merang, namun jamur masih tersisa banyak di dapur. Kalau bingung mau diolah jadi apa lagi, berikut kami sajikan beragam resep jamur lezat yang bisa Anda pilih.

1. Tumis Jamur Merang

Tumis jamur merang sederhana ini bisa dijadikan referensi untuk memasak di rumah. Sama seperti resep tumisan pada umumnya, membuatnya begitu cepat dan tidak sulit.

Belah jamur menjadi dua atau tiga dan rebus kurang lebih selama 5 menit, tiriskan. Iris bawang merah, bawang putih, cabe, tomat dan daun bawang.

Siapkan wajan dan sedikit minyak untuk menumis, tumis bawang putih dan bawang merah, hingga harum. Masukan cabe merah dan cabe rawit, masak sebentar lalu masukan jamur merang. Kemudian, masukan daun bawang dan tomat, tambahkan setengah gelas kecil air. Masukan saus tiram, garam, dan gula. Aduk merata, dan koreksi rasanya. Tumis jamur siap dihidangkan.

Baca Juga : Resep Tumis Jamur

2. Pepes Jamur Merang

Sajian pepes digandrungi lantaran rasanya yang enak dan gurih. Bahkan meski hanya pepes jamur, rasanya sungguh nikmat, lho. Cara membuat pepes jamur pun terbilang tidak sulit.

Belah jamur merang jadi 2 atau 3 bagian, juga iris-iris daun bawang, sisihkan. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe merah keriting, sedikit garam. Dalam wadah berbeda, hancurkan tahu putih sampai lembut.

Campur tahu yang sudah dihancurkankan, bumbu halus, potongan daun bawang, jamur merang, parutan kelapa dan telur. Jika suka, bisa juga tambahankan teri medan dan irisan petai, aduk rata. Tambahkan merica, gula, kaldu bubuk secukupnya, aduk kembali dan sesuaikan rasa.

Bungkus adonan tahu dalam daun pisang, tambahkan daun kemangi secukupnya. Kukus bungkusan pepes di dalam dandang sekitar 20 menit. Setelah matang, pepes jamur merang siap disajikan.

3. Sup Jamur Merang

Ingin hidangan berkuah yang segar dengan jamur merang untuk makan siang? Resep jamur merang berikut sangat baik untuk energi dan stamina, apalagi jika disajikan saat hangat. Begitu menyegarkan.

Buat kaldu ayam terlebih dahulu, gunakan ayam kampung supaya lebih segar hasilnya. Setelah kaldunya keluar, saring minyaknya dengan sendok supaya bening, lalu tambahkan irisan daun bawang. Sambil menunggu kaldu jadi, iris bawang putih dan memarkan jahe. Lalu tumis dengan sedikit minyak hingga wangi. Masukan tumisan bawang dalam rebusan kaldu, aduk rata.

Masukan potongan daging ayam, masak hingga matang. Tambahkan potongan wortel, jamur merang, dan kapri. Anda juga bisa menambahkan sayuran lain yang Anda suka. Diamkan sebentar hingga matang merata. Tambahkan kecap ikan, kecap asin, garam, merica bubuk, dan  gula pasir. Aduk sampai matang, koreksi rasanya. Sajikan selagi hangat.

4. Cumi Hitam Jamur Merang

Sajikan jamur merang dengan kenyalnya cumi juga tak kalah nikmat, lho. Cuci bersih cumi, usahakan kantung tinta tidak pecah. Potong cumi dan jamur merang sesuai selera.

Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, dan kemiri. Tumis hingga wangi. Masukan 3 cm lengkuas dan daun serai. Masak hingga bumbu matang.

Masukan cumi yang telah dipotong, aduk dan masak hingga setengah matang serta tinta cumi keluar. Tambahkan jamur merang, garam, gula pasir dan merica rasa pada masakan. Koreksi hingga rasanya pas. Masak sampai matang dan sajikan.

5. Pakcoy Merang Saus Tiram

Bersihkan jamur belah dua dan rebus, tiriskan. Rebus juga pakcoy selama 2 menit, angkat tiriskan.Tumis bawang putih, bawang merah, dan jahe hingga harum. Masukan jamur merang, tumis sebentar, tambahkan kecap manis, saus tiram, gula dan garam, aduk rata. Masukan air dan larutan tepung kanji, aduk sebentar hingga tercampur rata.

Taruh pakcoy di atas piring lalu siram dengan jamur merang yang sudah dimasak. Siap untuk disajikan dengan nasi hangat.

Baca Juga : Resep Tumis Pakcoy

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi