Penulis : Atsa

Mau membuat ayam panggang, ayam bakar, sate, steak, atau barbeque, tapi nggak tahu harus pakai panggangan yang mana? Atau lihat beragam alat pemanggang di toko peralatan masak, tapi bingung cara kerjanya?

Jangan khawatir lagi. Kenali ragamnya berikut ini dan siap gunakan yang tepat.

1. Fancy Grill / Magic Roaster

Image : pricearea.com

Alat pemanggang yang satu ini terbuat dari bahan baja atau stainless steel yang dilapisi dengan porselen enamel. Bentuknya bulat mirip wajan.

Pemanggang ini dijuluki fancy grill atau magic roaster karena ketika dinyalakan sistem pemanas roller tray akan berputar secara otomatis, sehingga makanan yang dipanggang matang merata tanpa perlu dikipas saat memanggang. Sistem pemanas tersebut juga mampu membuat api kompor menjadi bara api.

2. Gas Roaster

Image : duniamasak.com

Gas roaster tidak memakan banyak tempat karena ukurannya yang relatif kecil jika dibandingkan jenis pemanggang lainnya. Tapi ada juga gas roaster yang berukuran lebih lebar.

Alat ini mudah digunakan karena menggunakan gas dan suhunya dapat dioperasikan sesuai keinginan. Terlebih proses pembakarannya juga lebih higienis.

Menyebarkan panas yang merata tanpa perlu dikipas, serta mudah untuk dibersihkan, pemanggang ini sering digunakan pedagang untuk membakar sate frozen food. Sate sosis, bakso ikan, fish dumpling cheese, dan bakso sapi bakar adalah beberapa hidangan yang sering dipanggang dengan alat ini.

3. Grill Pan

Image : www.bedbathandbeyond.ca

Sering dianggap paling praktis, grill pan memiliki lapisan anti lengket yang mudah dibersihkan.  Memiliki beragam tipe alas, ada yang datar ataupun bergaris-garis.

Menggunakan pemanggang ini hanya perlu menaruhnya di atas kompor dan panaskan. Selain praktis, pemanggang ini juga mudah untuk disimpan.

Baca Juga : Resep Ayam Barbeque

4. Charcoal Grill / Panggangan Arang

Image : mysticdining.com

Alat pemanggang ini menggunakan arang sebagai sumber panasnya. Pangganan arang paling sering digunakan untuk memanggang sate atau ayam bakar. Hasil panggangannya memiliki aroma khas yang berasal dari asap arang yang digunakan.

5. Stovetop Grill Pan

Image : www.keywordbasket.com

Stovetop grill sering digunakan saat memesan daging panggang di restoran Jepang dan Korea. Pemanggang ini tidak menghasilkan asap yang banyak. Panas pemanggangnya dapat diatur dengan mudah karena pemanggang ini ditaruh di atas kompor.

Memiliki banyak lubang di sekitar tepinya, lemak dari daging ataupun minyak untuk memanggang yang berlebihan bisa turun ke bawah, lho. Jadi daging yang dipanggang dengan minyak pun tidak akan berminyak.

6. Rotisserie Oven

Image : casahoma.com

Kenal dengan ayam panggang rotisserie? Ayam panggang utuh yang sering kita lihat dipanggang berputar dalam oven ini memang dipanggang dalam oven.

Oven yang digunakan harus memiliki tongkat yang dapat ditusukan ke bagian tengah ayam mentah. Kemudian ayam yang ditusuk tersebut digantungkan di tengah.

Ketika oven dinyalakan, ayam akan memutar hingga proses pemasakan selesai. Proses tersebut membuat ayam panggang matang merata tanpa anda perlu membaliknya. Oven tersebut akan bekerja dan berhenti secara otomatis.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Oven Listrik dan Tips Membeli yang Tepat

Itulah 6 pemanggang yang perlu anda ketahui kegunaannya. Kalau sudah tahu jenis-jenis panggangan ini, jadi nggak perlu bingung dan ragu lagi deh dalam memilih atau menggunakan pemanggang.

Kenali Ragam Alat Panggangan (Grill)
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote