Penulis: Windy | Editor: Ria

Loyang bundt atau biasanya disebut loyang tulban adalah loyang dengan bolongan di tengah seperti cincin. Bentuk cincin ini memungkinkan panas tersebar merata saat memanggang kue. Loyang tulban biasanya digunakan untuk membuat sponge cake atau chiffon cake.

Selain untuk membuat kue ternyata loyang ini bisa digunakan untuk memasak yang lain, lho. Berikut kegunaan lain loyang tulban.

Baca juga: Mengenal Loyang Tulban atau Bundt Pan

1. Kue phyllo isi

thekitchn.com

Phyllo atau biasa dikenal dengan lembaran pastry ini bisa dikreasikan menggunakan loyang tulban, lho. Hasilnya pun tetap enak dan renyah.

Pertama, lapisi seluruh permukaan loyang tulban dengan lembaran pastry, lalu masukan isian yang diinginkan dan tutup dengan lembaran pastry. Pastikan lembaran pastry menutupi isian sempurna. Panggang hingga warna pastry berubah keemasan dan sajikan.

2. Roti pisang

Kalau bosan dengan bentuk roti pisang yang persegi, anda bisa mencoba menggunakan loyang tulban. Roti pisang akan tampil lebih cantik, mudah dipotong, dan pastinya akan matang sempurna.

Setelah adonan roti selesai dibuat, olesi loyang dengan mentega. Lalu masukkan adonan ke dalam loyang dan panggang hingga matang. Tapi kalau anda menggunakan loyang bundt  silikon, anda tidak perlu lagi mengolesi mentega.

Coba resep: Roti Pisang Coklat Klasik Empuk

3. Meatloaf

thekitchn.com

Siapa bilang membuat meatloaf harus dengan loyang datar biasa? Meatloaf dengan loyang tulban pun akan menghasilkan tampilan sajian yang menarik dan matang merata.

Tuang adonan daging yang sudah siap panggang ke dalam loyang tulban sambil ditekan-tekan hingga padat. Tutup loyang dengan alumunium foil, lalu panggang selama 30 menit. Setelah matang, tunggu hingga dingin. Baru kemudian potong-potong meatloaf untuk disajikan.

4. Pasta

thekitchn.com

Pasta panggang adalah jamuan yang mudah untuk dihidangkan saat acara khusus. Lebih mudah lagi kalau anda menggunakan loyang tulban dalam proses pemanggangannya. Isian pasta akan matang sempurna dengan tampilan yang cantik dan sangat mudah dipotong.

Pasta yang telah dimasak dituang kedalam mangkuk terlebih dulu untuk dicampur dengan saus yang diinginkan. Lalu masukkan pasta ke loyang tulban sambil dipadatkan dan panggang pasta hingga cokelat keemasan. Anda bisa coba untuk lasagna, mac n cheese, hingga spaghetti.

5. Puding

Setelah semua makanan utama dimasak, anda juga dapat membuat dessert dengan loyang tulban. Salah satunya yaitu puding. Hasilnya akan lebih menggugah selera dan mudah untuk dipotong-potong.

Tuang adonan puding hangat ke dalam loyang tulban. Tunggu hingga adonan dingin dan hilang uap panasnya. Simpan puding dalam kulkas. Kemudian siap disajikan saat dingin.

Coba resep: Puding Sutra Lembut Halus Enak Praktis

6. Es batu cincin

tiphero.com

Selain makanan, loyang tulban juga dapat digunakan untuk membuat es batu lho. Es batu dengan loyang tulban akan akan berbentuk cantik seperti cincin dan tidak mudah cair.  Cocok sekali jadi es untuk mendinginkan minuman yang tersaji dalam mangkuk besar.

Agar lebih cantik, es batu dalam loyang tulban bisa dibekukan dengan tambahan potongan buah seperti kiwi, lemon, dan strawberry. Hingga kuntum bunga edible yang bisa dimakan! Tampilan es batu pun jadi semarak dan lebih menarik.

Ternyata banyak ya kegunaan loyang tulban. Mulai dari membuat cake hingga es batu cantik yang berukuran besar. Jadi, sajian apa yang akan anda buat dengan loyang tulban? Selamat berkreasi!

6 Kegunaan Lain Loyang Tulban
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote