Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Capcay merupakan masakan khas oriental yang berarti 10 jenis sayuran. Maka dari itu, tidak aneh bila capcay terdiri dari beragam sayuran. Lezat dan sehat dalam satu paket!

Bicara soal capcay, masakan yang satu ini identik dengan masakan rumahan. Soalnya, capcay bisa dimasak dengan praktis dan sederhana. Walau terlihat mudah, sering terjadi kesalahan yang bikin capcay lembek dan overcook. Supaya terhindar dari kesalahan, ikuti langkah berikut ini, ya.

1. Siapkan Bahan Sayuran

Cuci terlebih dulu sayuran yang akan dimasak dengan air mengalir. Sebab, bisa jadi masih ada tanah atau kotoran yang tersisa. Bila ada sayuran berdaun seperti sawi, kol, dan bok choy, pastikan cuci setiap kelopaknya. Seringkali ditemukan ulat kecil di ujung lipatannya, lho.

Kemudian, potong sayuran agak tipis. Terutama sayuran keras seperti wortel, baby corn dan brokoli. Hal ini dilakukan supaya sayuran cepat matang. Namun, untuk sayuran berdaun, cukup dipotong secara horizontal saja.

Baca Juga: 4 Tips Agar Capcay Tetap Renyah

2. Siapkan Bahan Hewani serta Nabati

Seperti sayuran, bahan hewani dan nabati juga perlu dicuci. Agar tidak bau amis, tambahkan air jeruk nipis pada bahan hewani. Jangan terlewat untuk cuci setiap bagiannya, ya. Setelah dicuci, bahan hewani dan nabati dipotong sesuai jenisnya. Bila kira-kira butuh waktu lama untuk matang, potonglah secara tipis.

Sedangkan bahan nabati seperti tahu, tempe, atau tofu sebaiknya dipotong dadu. Kemudian goreng sesaat atau tidak sampai garing. Tujuannya, agar saat ditumis, bumbu bisa lebih teresap ke dalam bahan-bahan tersebut.

Coba Resep: Resep Capcay Goreng Jawa

3. Tumis Bumbu

Gunakan hanya sekitar 2 sendok makan minyak untuk menumis. Minyak yang terlalu banyak akan tidak enak dilidah saat dicicip. Lalu, tumis irisan bawang putih saat minyak belum panas. Hal ini bertujuan agar bawang putih tidak gosong. Tumis dengan api sedang, ya.

4. Tumis Bahan Satu per Satu

Jangan pernah memasukan bahan sekaligus! Mulailah dari bahan yang paling lama matang seperti daging atau seafood. Tumis hingga daging berubah warna dan bumbu terserap.

Kemudian dilanjutkan dengan menumis sayuran. Sayuran pun ditumis satu per satu dimulai dari yang terkeras seperti wortel atau brokoli. Lalu berlanjut pada sayuran yang cepat matang seperti sawi, bok choy, dan jamur.

Coba Resep: Tumis Capcay Seafood Spesial

5. Sesuaikan Rasa dan Kekentalan

Saat seluruh bahan sudah ditumis, sesuaikan kuah dengan selera anda. Bila capcay goreng, tentunya akan lebih sedikit kuah dibanding capcay kuah. Setelah dirasa pas, beri bumbu berupa garam, merica, dan gula. Gunakan api besar agar bumbu cepat meresap.

Beberapa orang suka bila kuah capcay agak kental. Oleh karena itu, bisa juga ditambahkan maizena atau tepung beras. Ingat, untuk tidak menaburkan tepung langsung dalam masakan. Melainkan, tepung dilarutkan terlebih dulu dalam kuah terpisah. Baru larutan tersebut yang dituang dalam masakan.

Mudah bukan? Tinggal potong dan tumis langsung jadi, deh! Kini, capcay rumahan lezat buatan anda dijamin bikin anak pun doyan sayur.

Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)