Penulis: Atsa

Sayur kangkung terkenal kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kangkung sendiri kaya akan kandungan vitamin A dan C. Mengolah kangkung menjadi tumis kangkung bisa jadi pilihan yang sangat praktis namun sangat lezat! Kaya nutrisi dan tentunya tak butuh bahan yang rumit, berikut ini cara membuat tumis kangkung yang praktis dan nikmat.

1. Pilih Kangkung dengan Tepat

Pilih kangkung yang masih dalam keadaan segar dan tidak layu. Pastikan warna hijaunya masih bagus dan daunnya tidak berlubang atau berubah warna. Jika ada daun kangkung yang berwarna kekuningan, artinya kangkung sudah dipetik beberapa hari sebelumnya. Tentu hal ini akan mempengaruhi rasa dan tekstur dari tumis kangkung yang akan Anda olah. Tips lainnya, patangkan satu tangkai kangkung yang Anda beli, jika saat patah berbunyi trek dan mudah patah artinya kangkung tersebut masih segar.

2. Bersihkan Kangkung dengan Seksama

Kangkung merupakan tanaman yang kebanyak tumbuh di sawah atau lahan berair. Jadi wajar kalau hewan-hewan kecil seperti serangga dan ulat masuk ke dalam batang kangkung yang berongga. Terutama di bagian batang bawah yang lebih besar. Jadi, bersihkan kangkun dengan air mengalir hingga bersih. Lalu, belah batang kangkung menjadi dua bagian agar mudah memeriksa bagian dalamnya. Kemudian, petik daun kangung hingga batang mudanya saja satu persatu.

Baca Juga: Tips Memilih dan Membersihkan Kangkung

3. Tumis Bumbu Halus dan Terasi Bakar

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah dan caba rawit. Bakar terasi sebentar saja hingga wanginya tercium. Haluskan terasi bakar dengan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Pastikan semua tercampur rata, lalu tumis bumbu halus dengan api kecil hingga keemasan dan wangi. Untuk mengetahui takaran bumbunya, cek resep tumis kangkung dari ResepKoki.

Supaya lebih nikmat, Anda juga bisa menambahkan lauk seperti udang, sosis, atau telur puyuh. Selain semakin nikmat, tambahan lauk tersebut juga akan membuat anak doyan makan sayur.

Baca Juga: Resep Tumis Kangkung

4. Masukan Bumbu yang Tidak Dihaluskan

Masukkan cabe merah yang telah diiris serong, tomat yang dipotong-potong ke dalam tumisan. Tambahkan gula dan garam. Supaya lebih segar, Anda juga bisa menambahkan 2 cm jahe yang sudah digeprek. Anda juga bisa menambahkan satu atau dua lembar daun jeruk supaya wanginya makin sedap!

Bagi yang baru mulai belajar masak, masukan gula dan garam sedikit dahulu saja. Aduk merata dan masak dengan api sedang sampai setengah layu. Tambahkan sedikit saja air supaya bumbu berkuah dan memudahkan dalam menumis kangkung. Jangan takut rasanya kurang asin, ketika proses akan selesai baru tambahkan garam kembali.

5. Masak Kangkung dengan Api Sedang Sedikit Besar

Masukan kangkung yang sudah dibersihkan dan dipetik dalam tumisan bumbu. Masak hingga seluruh bumbu tercampur rata. Tambahkan lagi sedikit air jika dibutuhkan. Tambahkan juga minyak wijen jika punya, supaya tumis kangkung semakin lezat dan gurih. Masak dengan api sedang sedikit besar supaya cepat matang dan tidak merusak tekstur kangkung. 

Jangan memasak kangkung terlalu matang, ya. Kira-kira ¾ matang saja supaya teksturnya masih renyah, sehingga akan semakin nikmat. Koreksi rasanya, tumis kangkung siap disajikan.

Baca Juga: 6 Resep Kangkung Super Simpel dan Lezat





Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi