Penulis : Atsa

Anda penggemar spaghetti? Salah satu menu spaghetti yang paling mudah dibuat adalah spaghetti carbonara. Menu ini banyak dijual di berbagai cafe dan menjadi menu andalan.

Tekstur creamy dan rasanya yang gurih membuat spaghetti carbonara disukai banyak orang.

Ikuti cara membuatnya berikut ini. Anda pasti akan memilih membuatnya sendiri di rumah dari pada beli di cafe.

Baca Juga : 5 Saus Dasar untuk Sajian Pasta dan Menu Italia

1. Gunakan panci yang tinggi

Gunakan panci yang cukup tinggi supaya air untuk merebus spaghetti tidak mudah meluap, dan spaghetti mudah diaduk.

Pastikan air 2-3 cm lebih tinggi dari rendaman pasta. Berbeda saat memasak mi, mungkin anda memilih untuk memasak dengan air yang lebih sedikit supaya air cepat panas dan mi cepat matang. Spaghetti memerlukan banyak H2O dalam air dan harus terendam penuh supaya matang dengan sempurna.

Baca Juga : Tips Merebus Pasta Supaya Al Dente

2. Aduk spaghetti saat perebusan

Saat merebus, spaghetti juga perlu diaduk 3-4 kali. Hal ini dilakukan supaya spaghetti tidak menggumpal. Anda hanya perlu mengaduk saja, tidak perlu menambahkan minyak, karena jika diberi minyak maka saus dan spaghetti akan sulit menyatu.

3. Cek spaghetti 2 menit sebelum waktu matang

Setiap merek spaghetti mungkin memiliki durasi kematangan yang berbeda-beda. Baca keterangan dalam kemasan untuk waktu yang diperlukan.

Dua menit sebelum waktu matang, cek tingkat kematangan spaghetti dengan mengambil satu helai spaghetti dan menggigitnya. Waktu pasti supaya spaghetti al dente atau matang sempurna belum tentu sama, karena itu perlu dilakukan pengecekan.

4. Anda dapat mengganti cooking cream dengan susu

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat saus carbonara adalah cooking cream. Namun jika tidak memiliki cooking cream, anda dapat menggantinya dengan susu UHT.

Cara membuatnya, tumis bawang dan smoke beef, lalu tuang susu cair, masukkan keju, lada, dan garam, aduk rata. Setiap 100 gram spaghetti, gunakan 100 mili susu cair.

5. Beri taburan oregano untuk aroma

Tambahkan oregano sebagai penambah aroma khas hidangan italia. Daun oregano kering memiliki rasa dan aroma khas yang tajam. Oregano merupakan rempah-rempah penting yang digunakan dalam masakan Italia. Oregano biasa ditambahkan pada sup, pasta, dan pizza.

6. Tambahkan maizena dan telur untuk pengental

Menggunakan susu cair tentu tidak sekental cooking cream. Jika anda menggunakan susu cair, maka kentalkan saus carbonara dengan maizena yang dicairkan serta kocokan telur. Jika menggunakan cooking cream, anda hanya perlu menambahkan sedikit kocokan telur sebagai pengental.

Siapa kira ternyata membuatnya sangat mudah. Membuat sendiri di rumah selain lebih murah, juga bisa memasak lebih banyak untuk keluarga, lho.

Baca Juga : Resep Spaghetti Carbonara

Cara Membuat Spaghetti Carbonara
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote