Penulis : Atsa

Soto lamongan sudah sedemikian kondang hingga tak cuma orang Jawa Timur saja yang menyukainya. Makanan khas masyarakat Lamongan ini mulai banyak beredar di berbagai kota di Indonesia.

Rasa gurih segar soto lamongan ini karena kemiri dan kunyit yang ada di dalamnya. Ikuti cara membuat soto lamongan berikut ini.

1. Gunakan ayam kampung

Gunakan ayam kampung untuk membuat soto lamongan. Tekstur daging yang lebih keras dan padat akan membuat soto semakin lezat. Selain itu, ayam kampung memiliki sedikit lemak namun mampu memberikan aroma gurih ayam yang kuat.

Di kota asalnya, daging ayam dipotong menyamping khas soto Jawa Timuran. Karena itulah ayam kampung menjadi pilihan, jika menggunakan ayam potong biasa dagingnya akan pecah saat dipotong menyamping.

2. Rebus ayam 5 menit untuk angkat lemak dan kotoran

Sebelum mengolah kaldu ayam untuk soto lamongan, rebus ayam dalam air panas selama lima menit untuk mengangkat kotoran dan lemak dalam daging. Buang air rebusan pertama tersebut, kemudian ganti dengan air baru untuk membuat kaldu ayam.

Tambahkan serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam. Rebus dan masak hingga ayam empuk.

3. Gunakan kemiri dan kunyit sebagai rempah dan bumbu khas

Yang paling penting pada soto lamongan adalah warna kuning dan rasa gurihnya yang khas. Warna dan rasa khas tersebut berasal dari kemiri sangrai dan kunyit bakar yang dihaluskan bersama bumbu lainnya seperti bawang putih, bawang merah, merica, dan ketumbar.

Kemiri kaya akan minyak yang berperan sebagai penyedap alami, penambah rasa, dan aroma pada masakan. Sementara kunyit memberikan warna dan rasa segar yang khas.

Semua bumbu yang dihaluskan tersebut ditumis dengan minyak hingga harum, lalu masukan dalam rebusan kaldu ayam.

4. Rebus ayam bersama kuah soto lamongan

Ciri khas lain dari soto lamongan adalah ayamnya yang direbus bersama bumbu-bumbu kuah soto lamongan. Jika ayam sudah matang dan bumbu meresap, ayam dapat langsung dipotong atau digoreng lebih dahulu sesuai selera.

5. Tambahkan soun dan kol sebagai pelengkap

Selain dari kuah dan ayamnya yang gurih, komposisi makanan juga menjadi alasan soto lamongan disukai banyak orang. Bukan sekedar nasi, ayam dan kuah soto saja dalam komposisi, ada irisan kol yang memberi tekstur renyah saat dikunyah, juga lembutnya soun dalam semangkuk soto lamongan.

6. Gunakan kerupuk udang untuk membuat bubuk koya

Pelengkap terakhir dari soto lamongan ini merupakan yang paling khas, yaitu taburan bubuk koya.

Goreng irisan bawang putih hingga kuning keemasan. Angkat kemudian haluskan bersama kerupuk udang. Beri garam lalu aduk rata. Maka jadilah bubuk koya sebagai pelengkap yang ditaburkan di atas soto lamongan.

Baca Juga: Cara Praktis Membuat Koya Soto

Meski terlihat rumit, namun sebenarnya tidak sulit untuk membuatnya. Coba resepnya dan buat sendiri soto lamongan di rumah. Lengkapi juga dengan potongan telur rebus, daun bawang, seledri, dan taburan bawang goreng, ya.

Coba Resep: Resep Soto Ayam Lamongan

Cara Membuat Soto Lamongan
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4.6 (91.76%) 17 votes