Penulis : Atsa

Siapa tidak suka semur ayam yang pekat dan bumbu meresap ala rumah makan ternama. Membuat semur ayam yang pekat dan bumbu meresap ke dalam daging ternyata tidak sulit, lho. Dengan tips berikut ini semur ayam yang praktis pun bisa menjadi sajian lezat. Ikuti tipsnya, ya!

1. Gunakan bumbu yang masih segar

Pastikan menggunakan bumbu yang masih segar. Kalau memakai bumbu yang sudah disimpan perhatikan dengan teliti apakah masih segar atau mulai layu.

Haluskan bawang bersama ketumbar sangrai, kemiri, dan merica. Jangan mencampur bawang yang baik dengan yang mulai rusak, ya, karena bisa merubah aroma masakan.

Baca Juga : Tips Menyimpan 4 Jenis Bumbu Dapur

2. Geprek rempah untuk mengeluarkan aroma

Untuk bumbu rempah seperti jahe, lengkuas, dan serai, Anda hanya perlu menggepreknya untuk mengeluarkan aromanya yang khas.

3. Potong-potong ayam

Pastikan potongan ayam tidak terlalu besar supaya bumbu dapat meresap pada semua bagian daging. Dada dan paha atas yang lebih besar bisa dipotong-potong sekitar 5 cm atau lebih kecil.

4. Gunakan kecap manis murni kedelai hitam

Gunakan kecap manis kental khusus masakan yang terbuat dari kedelai hitam murni. Beberapa kecap ada yang terbuat dari kedelai putih dan memiliki banyak campuran.

Kecap dengan kedelai hitam yang kental memang kurang cocok untuk cocolan hidangan karena rasanya yang kuat. Namun, kecap dari kedelai hitam murni sangat cocok untuk diolah bersama bumbu masakan, dan akan meresap pekat hingga serat-serat daging.

5. Masak dengan api kecil

Hal terpenting yang harus saat mengolah semur yang bumbunya meresap adalah menggunakan api kecil selama proses memasak.

Tumis bumbu halus hingga layu dan harum, masukan daging ayam, aduk rata. Tambahkan kecap, sedikit air, dan rempah aromatik yang sudah digeprek. Aduk rata, dan masak dengan api kecil.

Karena memasak dengan api kecil, waktu matangnya memang akan lebih lama, tapi bumbu semur akan meresap sempurna pada daging ayam. Warna coklat dari kecap juga akan meresap, sehingga semur ayam terasa nikmat dan menggugah selera.

6. Tambahkan air secara bertahap

Jangan tuang seluruh air yang tertera pada resep masakan sekaligus saat memasak. Masukan air sedikit demi sedikit agar bumbu semur meresap dan tidak banyak menguap. Tunggu sampai air meresap pada ayam, kemudian tuang lagi sedikit demi sedikit, dan berulang 3-4 kali.

Imbangi dengan kecap dan garam saat menuangkan air, cek rasanya hingga pas. Masak sampai matang dan kuah mengental.

Itulah cara praktis membuat semur ayam yang praktis, pekat, dan bumbu meresap. Sajikan bersama bawang merah goreng supaya semakin sedap!

Baca Juga : Resep Semur Ayam

Cara Membuat Semur Ayam Praktis
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3 (60%) 2 votes