Penulis: Atsa

Pisang molen memang cemilan sore paling enak. Apalagi jika disandingkan dengan teh hangat. Gorengan ini memang sudah banyak dijual di pinggir jalan, tapi akan lebih sehat kalau membuat sendiri.

Jangan takut hasilnya bantat, alot atau tidak renyah. Berikut ini ResepKoki sajikan cara membuat pisang molen yang renyah, mudah, dan tentu rasanya enak.

1. Pilih pisang yang tepat

Membuat pisang molen juga harus memperhatikan pisangnya juga ya, supaya rasanya enak. Baru setelah itu teliti dalam pengolahan bagian kulitnya. Nggak semua pisang cocok untuk diolah jadi dessert. Untuk membuat molen, pisang uli adalah yang paling pas. Mulai dari gorengan pisang, isian leker, bahkan kolak sangat pas jika menggunakan pisang uli. 

Rasa pisang uli begitu manis, dengan tekstur lembut dan empuk, sangat pas untuk isian pisang molen. Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

2. Gunakan tepung terigu protein sedang

Untuk hasil yang maksimal, pastikan Anda memilih jenis tepung yang tepat. Beda jenis tepung, tentu hasilnya juga akan berbeda. Semakin tinggi tepung terigu makan teksturnya akan semakin lembut dan kenyal. Karena itu, gunakan tepung terigu protein sedang untuk membuat kulit molen.

Jika Anda masih punya stok tepung terigu protein sedang di rumah, pastikan kualitas tepung masih baik ya. Hal ini sangat penting dalam menentukan kualitas molen yang dihasilkan. Karena itu jika Anda punya sisa tepung, simpan juga dengan tepat supaya bisa digunakan berkali-kali tanpa mengurangi hasil masakan.

3. Campur bahan dengan komposisi seimbang

Jangan malas menggunakan timbangan dan mengecek resep yang sudah teruji. Ikuti petunjuknya dan jangan hanya menduga-duga. Keseimbangan takaran satu sama lain sangat penting untuk menciptakan tekstur kulit molen yang renyahnya pas. Untuk 250 gram tepung terigu, tambahkan 3 sendok makan tepung maizena. Ayak dahulu semuanya sampai rata.

4. Uleni dengan air dingin

Setelah diayak, tepung dengan gula, garam, dan margarin sampai rata. Uleni adonan dengan air es. Ini adalah trik agar kulit molen tidak alot setelah digoreng. Uleni sampai kalis dan tidak lengket, ya.

5. Giling dan lipat adonan

Setelah adonan kalis, giling adonan dan pastikan jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis. Lalu potong – potong adonan kulit untuk membalut pisang. Hindari membalut pisang dengan kulit yang terlalu berlapis-lapis atau tebal.

6. Goreng deep frying

Setelah semua adonan siap, goreng molen dengan minyak baru dan panas. Ini akan membuat kulitnya jadi renyah. Selain itu goreng dengan teknik deep frying ya supaya matangnya merata.

Jika ingin lebih nikmat lagi, Anda juga bisa menambahkan keju atau coklat sebagai isian, lho. Yuk buat sendiri dan kreasikan molen lezat dan renyah sesuai selera keluarga Anda. Cek juga artikel Resep Molen dari ResepKoki untuk takaran lebih detailnya.

Baca Juga: Resep Molen

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi