Penulis : Atsa

Pepes identik dengan menu rumahan keluarga Indonesia. Hidangan sehat yang dikukus dengan daun pisang ini bisa dikreasikan dengan berbagai jenis lauk dan sayuran. Salah satu yang menjadi favorit yaitu pepes tahu.

Bahannya murah dan mudah ditemukan. Anda bisa membuatnya sendiri juga di rumah sebagai menu spesial untuk keluarga. Ikuti cara membuat pepes tahu yang lezat berikut.

Baca Juga : 5 Tips Menyimpan Tahu Agar Tahan Lama

1. Gunakan tahu putih atau kuning yang padat

Tahu putih atau tahu kuning yang padat jadi bahan utama dalam pembuatan pepes tahu. Kalau mau tampilannya lebih cantik dan nggak kelihatan pucat, bisa pakai tahu kuning.

Pilih tahu dari kedelai berkualitas dan bertekstur padat supaya rasa dan tekstur di mulut lebih nikmat. Tapi kalau terpaksa memakai tahu putih potong biasa, bisa anda akali dengan menambahkan telur supaya terasa lebih padat saat matang.

Haluskan tahu dengan garpu, kemudian campur dengan bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan cabai merah keriting. Tambahkan juga gula dan garam, aduk rata.

Baca Juga : Kenali Perbedaan, Tahu vs Tofu

2. Tambahkan santan atau telur untuk menambahkan rasa gurih

Telur atau santan biasa ditambahkan dalam adonan pepes untuk menambahkan rasa gurih. Selain menambahkan rasa gurih, penggunaan telur pada adonan pepes tahu juga akan membuat pepes lebih padat dan tidak mudah pecah.

Meski menggunakan telur, tambahkan juga sedikit santan kental supaya pepes tahu makin gurih dan wangi. Untuk 350 gram tahu, tambahkan sedikit saja santan kental sekitar 50 ml. Alternatif lainnya bisa dengan menambahkan 1 butir telur.

3. Pakai daun bumbu dan rempah segar untuk mengharumkan pepes

Untuk memberikan aroma harum pada pepes, tambahkan daun bumbu dalam adonan pepes semisal, daun salam, daun jeruk purut, daun bawang, daun kemangi, atau daun kunyit. Juga bisa ditambahkan rempah segar seperti, serai, lengkuas, dan jahe.

Rempah segar cukup digeprek saja dan dicampur pada adonan pepes, supaya mudah dibuang juga dan tidak termakan. Menggeprek akan membantu dalam mengeluarkan sari pada suatu bumbu atau rempah. Teknik ini seringkali dipakai juga pada beragam masakan china, lho.

Baca Juga : 5 Tips Membuat Aneka Pepes

4. Bungkus dengan daun pisang

Daun pisang banyak dimanfaatkan sebagai wadah dan pembungkus sejumlah makanan tradisional Indonesia. Selain agar bentuknya rapi, daun pisang juga memberikan aroma sedap yang khas pada makanan.

Gunakan beberapa lembar daun pisang untuk membungkus pepes. Supaya tidak sobek, gulung dengan arah serat daun yang berlawanan, ya. Semat kedua ujungnya dengan lidi. Pastikan juga menggulung dua atau tiga kali supaya isi pepes tidak berhamburan keluar jika dipanggang.

5. Panggang pepes supaya lebih wangi dan nikmat

(Image: Lazada)

Oles daun pembungkus pepes dengan sedikit minyak juga ya, supaya tidak mudah hangus saat dipanggang di atas api. Gunakan sedikit saja bara api. Pastikan tidak terlalu panas atau bara apinya terlalu besar, supaya pepes tidak lekas hangus.

Tujuan memanggang pepes hanya untuk memaksimalkan aroma tanpa harus membuat pembungkusnya kering dan gosong. Anda tidak perlu memanggang sampai seluruh daunnya lalu, jika sudah tercium wangi dan layu di beberapa sisi saja sudah cukup. Hal ini juga mengantisipasi supaya daun tidak gosong dan abunya masuk ke dalam pepes saat dibuka.

Kalau tak punya tempat khusus membakar, anda juga bisa pakai wajan datar anti lengket atau grilling pan, seperti Maxim Teflon Square Grill (lihat di Lazada PROMO)Grilling pan ini dilapisi Teflon Xtra 3 lapis yang bebas PFOA dan aman digunakan. Bentuknya segi empat jadi mudah untuk menata pepesan.

Baca Juga : Resep Pepes Tahu

Praktis kan cara membuatnya? Makin sehat, lezat, dan wangi jika ditambah daun kemangi juga. Selamat mencoba!

Cara Membuat Pepes Tahu
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4.3 (86.67%) 3 votes