Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Tidak sulit menemukan nasi uduk di Jakarta. Dari pagi hingga malam, ada beragam jenis nasi uduk di sudut-sudut kota seperti nasi uduk betawi, nasi uduk kebon kacang, nasi uduk pagi, dan lainnya. Saya pribadi suka nasi uduk yang “pecah” seperti milik Kebon Kacang atau bakul pecel lele.  

Saking cintanya dengan nasi gurih ini, ibu sering membuatkan nasi uduk untuk saya. Beliau tak banyak pakai rempah, tapi nasi uduknya gurih dan cukup wangi. Mau tahu rahasianya? Ayo simak tips berikut!

1. Persiapkan beras dan bumbu

Pada intinya, menyiapkan beras untuk nasi uduk sama saja dengan masak nasi biasa. Cuci beras hingga bersih lalu tiriskan beras dan masak dulu hingga setengah matang.

Sambil menunggu, anda bisa panaskan santan dan bumbu-bumbu rempah lainnya. Semakin banyak rempah, rasa nasi uduk akan semakin kompleks dan wangi.

Nah, rahasia agar wanginya keluar adalah geprek dulu rempah-rempahnya sebelum dipanaskan dengan santan. Selain itu, pakailah santan segar agar nasi uduk terasa lebih gurih. Panaskan santan hingga mendidih dengan api kecil sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.

2. Memasak nasi uduk

Setelah nasi yang setengah matang siap, tuangkan santan dan rempah yang telah dididihkan tadi ke dalam panci nasi. Tak perlu menuangkan santannya sampai habis, karena yang penting nasinya terendam. Sisakan hanya daun salam, lengkuas, dan sereh jika anda ingin mengurangi wanginya agar tak terlalu pekat.

Setelah itu, aduk rata hingga santan meresap ke nasi. Kukus selama 20 menit kemudian aduklah nasinya agar merata. Selanjutnya kukus kembali hingga nasi matang.

Anda juga bisa menggunakan rice cooker, lho. Tekniknya sama seperti masak nasi dengan pada umumnya. Siapkan nasi yang sudah dicuci dan langsung tuangkan santan dan semua rempah. Aduk hingga rata dan masaklah selama 20 menit.

Sama seperti memasak dengan panci dandang, aduk nasi yang setengah masak tadi agar pulen lalu tutup kembali dan biarkan hingga matang.

Nah, kualitas rice cooker akan berpengaruh terhadap tekstur nasi. Kalau pakai rice cooker yang kurang bagus, nasi akan menempel di dinding wadah dan kering. Sehingga tidak lezat saat disantap. Jadi, hati-hati pilih rice cooker ya!

Image: Lazada

Rice cooker Cosmos CRJ-3306 (Lihat di Lazada) merupakan pilihan yang tepat untuk bikin nasi liwet. Kapasitasnya cukup standar, yakni 1,8 liter. Rice cooker ini dilapisi dengan lapisan anti lengket yang bebas PFOA. Sehingga, tidak berbahaya, aman, dan awet untuk digunakan.

Untuk penggemar berat nasi uduk seperti saya, makan tanpa lauk dan sambal rasanya belum lengkap. Ibu sering menggoreng ayam, ikan, tempe, dan tahu. Itu kalau nasi uduk malam, ya. Kalau nasi uduk pagi tentunya disajikan dengan kering tempe atau kering kentang, telur dadar suwir, bihun, dan pelengkap lainnya. 

Cara Membuat Nasi Uduk Gurih dan Wangi
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3.7 (73.33%) 3 votes