(Image: cookinginstilettos.org)

Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Sejak beberapa hari lalu saya hobi menghias kue. Berawal dari whipped cream, saya coba beralih menghias pakai fondant. Ternyata memang praktis dan serbaguna! Nah, selain fondant instan yang ada di pasaran, sebenarnya kita bisa dibuat sendiri di rumah, lho.

Ada banyak resep fondant homemade mulai dari berbahan coklat, buttercream, dan marshmellow. Namun saya lebih suka resep fondant dasar (basic fondant). Walau agak sukar untuk temukan bahannya, tapi basic fondant lebih halus dan lembut. Simak dibawah ini cara membuatnya, ya!

Coba Resep: Resep Japanese Cheese Cake Lezat Praktis

1. Siapkan Bahan dan Alat

Bahan untuk bikin fondant tidak umum dijumpai di dapur. Oleh karena itu, harus benar-benar disiapkan. Bahan tersebut adalah 250 ml gula cair, 250 ml susu, 1 sdm esens vanila, 2 sdm gliserin kue, 1.5 sdm (2 sachet) gelatin bubuk halal, 2 sdm shortening, dan 1.8 kg gula halus.

Jika anda punya standing mixer, akan lebih mudah mengolahnya. Namun bila tidak ada, anda bisa aduk dengan tangan. Jadi siapkan tenaga untuk aduk adonan, ya!

2. Campurkan Bahan Berurutan

Masukan gelatin dalam susu, aduk hingga larut. Kemudian, panaskan selama 30 detik-1 menit diatas kompor.

Pada wadah terpisah, aduk gula cair, shortening, gliserin, serta esens vanila. lakukan hingga bahan tercampur rata. Lalu, masukan cairan susu dan gliserin ke dalamnya. Aduk kembali hingga semuanya larut sempurna.

3. Campur dengan Gula Halus

Sementara itu, ayak gula pasir dengan perlahan. Jangan sampai ada bongkahan gula kasar ikut tercampur, ya! Sebab akan pengaruhi rasa dari fondant. Kemudian buat lubang di tengah gula pasir. Lalu, masukkan campuran cairan bahan awal. Aduk adonan tersebut hingga tidak lengket.

Coba Resep: Resep Pop Cake Cantik Unik Lezat

4. Uleni Hingga Kalis

Uleni adonan sekitar 20-35 menit hingga kalis. Pukul dan banting adonan, lalu taburi sedikit maizena agar tangan tidak lengket. Tekan terus adonan hingga lembut, lentur, tidak patah, serta tidak lengket.

Sebagai tips, jika adonan dirasa terlalu lembut tambahkan gula pasir. Sebaliknya, bila adonan terlalu keras maka tambahkan air. Penambahan dilakukan dengan perlahan dan sedikit demi sedikit, ya!

5. Simpan di Wadah Tertutup

Adonan siap digunakan atau disimpan saat sudah lembut dan tidak lengket. Selain itu, warna adonan harus rata, tidak bergerindil, serta halus.

Gulung adonan dengan plastic wrap, kemudian letakkan dalam wadah tertutup. Simpan fondant pada ruangan kering dan sejuk. Jangan disimpan dalam kulkas! Sebab, fondant akan keras serta berkeringat. Fondant kuat disimpan di suhu ruang  selama 10 jam. Lebih dari itu, fondant akan melorot saat dipakai.

Baca Juga: 6 Ide Kue Ulang Tahun Istimewa

Fondant yang anda buat bisa diwarnai sesuka hati, lho! Sangat praktis dan serbaguna untuk hiasi kue bagi keluarga tersayang. Selamat berkreasi!