Penulis: Tia | Editor: Ria

Di berbagai negara, kacang merah sudah sangat lazim dijadikan campuran panganan manis, seperti isian roti, dorayaki, dan mochi. Indonesia pun tidak mau kalah. Selain disayur, kacang merah juga dibuat menjadi campuran es serut yang sangat segar dan nikmat. Apalagi jika disantap sebagai takjil saat berbuka puasa.

Es kacang merah ini banyak ditemukan di rumah makan khas Bangka dan Palembang. Tapi, kalau ingin menyantapnya sebagai takjil, tidak perlu repot-repot mengantre di rumah makan. Cukup bikin sendiri saja di rumah.

Coba: Resep Es Kacang Merah

1. Rendam kacang merah di dalam air semalaman

Kacang merah yang empuk dan bentuknya mengembang dengan utuh merupakan salah satu kunci utama kelezatan es kacang merah. Maka dari itu, kalau anda menggunakan kacang merah kering, proses perendaman semalaman tidak boleh dilupakan.

Merendam kacang merah kering di dalam air semalaman ini dapat membuatnya menjadi mengembang, tidak mudah hancur, dan empuk saat direbus nanti. Setelahnya kemudian bisa ditiriskan dan cuci bersih kacang merah.

Baca juga: 5 Cara Memasak Kacang Merah Agar Cepat Empuk

2. Rebus kacang merah bersama kayu manis

Proses perebusan yang tepat akan membuat kacang merah empuk dan memiliki aroma yang nikmat. Untuk 1 cup kacang merah, rebuslah dalam 500 ml air. Kemudian, tambahkan kayu manis berukuran 3 ruas jari untuk menambahkan aroma. Rebus kacang merah hingga benar-benar empuk, baru tambahkan gula dan garam. Kalau bumbu-bumbu tersebut ditambahkan sebelum kacang merah benar-benar empuk, nantinya kacang merah justru akan semakin susah melunak.

Baca juga: Mengenal, Memilih, & Menyimpan Kayu Manis

3. Kentalkan kuah dengan larutan maizena

Es kacang merah yang enak memiliki kuah kental nan legit. Kuah ini dibuat dengan memasukkan gula merah, gula pasir, dan sedikit garam pada saat merebus kacang merah. Namun, gula merah saja ternyata tidak cukup membuat kuah menjadi kental. Untuk itu, tambahkan larutan maizena ke dalam rebusan dan aduk-aduk merata sampai kental.

Larutan maizena ini dibuat dari campuran 1 sdt tepung maizena dengan sedikit air. Aduk hingga tepung maizena larut dan tidak ada yang menggumpal.

Coba: Resep Sup Kacang Merah Daging Sapi

4. Tambahkan daun pandan pada saat membuat saus santan

Saus santan merupakan salah satu komponen es kacang merah yang tidak boleh dilupakan. Rasa gurih dari saus santan dapat memberikan keseimbangan rasa pada es kacang merah dan membuatnya semakin nikmat.

Saus santan ini terbuat dari campuran santan, garam, dan larutan maizena. Untuk mendapatkan rasa dan aroma yang lebih spesial, tambahkan 2 lembar daun pandan saat saus santan dimasak. Kedua daun pandan tersebut diikat simpul supaya aroma dan rasanya lebih keluar.

Baca juga: 6 Tips agar Bumbu dan Rempah Lebih Keluar Rasa serta Aromanya

5. Sajikan dengan es batu serut, krimer kental manis, dan sirup cocopandan

Setelah kacang merah empuk, kuah gula merah mengental, dan saus santan matang, berarti saatnya menyajikan es kacang merah. Cara menyajikannya mudah. Siapkan gelas kaca, kalau bisa yang ukurannya lebar tapi tidak terlalu tinggi. Masukkan 2 sdm kacang merah bersama kuah gula merahnya, diikuti dengan 1 sdm saus santan dan es batu serut secukupnya. Kemudian, tuangkan krimer kental manis dan sirup cocopandan sesuai selera ke atas es batu serut. Es kacang merah sudah siap disajikan dan disantap, deh.

Baca juga: 9 Kreasi Minuman Sirup untuk Takjil Berbuka Puasa

Kesegaran es kacang merah ini bisa jadi penawar dahaga yang tepat setelah seharian berpuasa. Tidak hanya itu, kacang merah juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh anda. Sudah segar, nikmat, sehat, higienis pula karena dibuat sendiri di rumah. Selamat mencoba, ya!