Penulis : Atsa

Bubur manado atau yang biasa disebut tinutuan begitu populer di kalangan masyarakat luar daerah Manado. Bubur beraroma kunyit dan serai ini benar-benar menggugah selera. Isiannya juga unik, bukan cuma beras yang dimasak bubur, tapi juga dimasak bersama jagung, labu kuning, dan aneka sayuran.

Berikut cara membuat bubur manado yang lezat, mudah, dan tanpa ribet!

Baca Juga : Resep Bubur Manado

1. Buat bubur beras setengah matang

Masak beras dalam air bersama serai dan jahe yang digeprek hingga setengah jadi bubur. Pastikan juga wangi serai dan jahe sudah keluar. Bubur beras dibuat setengah matang supaya matangnya nanti akan pas bersama dengan sayuran lainnya.

2. Kombinasikan dengan berbagai sayuran

Inilah yang menambah gizi dan kelezatan bubur manado, karena juga menambahkan sayuran sebagai bahan bubur. Setelah bubur beras setengah matang, masukan gula, garam, lada, dan bawang putih goreng yang sudah dihaluskan.

Lanjutkan dengan memasukan labu kuning dan singkong yang sudah dipotong dadu kecil. Tambahkan juga jagung, aduk semua bahan hingga empuk merata dan mulai menjadi bubur. Setelah semua empuk, masukan kangkung, dan bayam, aduk rata. Ketika sudah mulai matang, tambahkan kemangi.

3. Masak dengan api kecil dan terus diaduk

Supaya bubur matang merata dan tidak gosong, masak dengan api kecil. Juga, jangan lupa untuk selalu mengaduk bubur selama proses memasak.

4. Tambahkan ikan asin goreng dan sambal roa

Agar makin gurih dan lezat, lengkapi bubur manado dengan potongan ikan asin goreng. Kalau suka pedas, bubur manado paling cocok dikombinasikan dengan sambal roa.

Nggak sulit kan cara membuat bubur manado? Coba masak sendiri di rumah untuk menu sarapan kaya nutrisi untuk keluarga. Selamat mencoba!

Baca Juga : Aneka Jenis Ikan Asin yang Banyak Dijual di Indonesia

Cara Membuat Bubur Manado
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote