Penulis : Atsa

Salah satu makanan yang enak dan digemari seluruh keluarga di rumah pasti adalah bakwan jagung. Baunya wangi dan rasanya gurih.

Sayangnya kalau beli bakwan jagung, biasanya kalau nggak terlalu banyak tepungnya ya terlalu lembek. Padahal bakwan jagung paling nikmat kalau jagungnya juga banyak, luarnya renyah, dan manis lembut di dalam.

Coba buat sendiri saja di rumah, mudah kok cara membuatnya. Ikuti cara membuat bakwan jagung yang renyah, lembut, dan lezat berikut ini.

1. Perbandingan jangung dan tepung 1 : 6

Berbeda dengan bakwan jagung yang anda temukan di penjual gorengan, bakwan jagung yang lezat harus lebih terasa jagungnya dibanding tepungnya. Perbandingan antara tepung dan jagung kisaran 1 : 6.

Untuk membuat sekitar 10 bakwan jagung setidaknya diperlukan 300 gram jagung manis dan 50 gram tepung terigu. Uleg kasar pipilan jagung sebelum ditambahkan dengan tepung terigu. Tambahkan juga 3 sendok makan tepung beras supaya bisa menghasilkan tekstur renyah.

Baca JugaTips Menyimpan dan Mengolah Jagung Manis

2. Adonan jangan terlalu encer atau kental supaya garing

Tambahkan telur supaya tepung dan bakwan menyatu menjadi adonan bakwan. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau kental supaya bisa garing saat digoreng. Untuk mengatur kekentalan, anda juga dapat menambahkan sedikit air atau kaldu. Bumbui juga dengan merica, garam, serta bawang dan ketumbar yang dihaluskan.

Baca JugaRahasia Bakwan Empuk, Renyah, dan Anti Bantat

3. Tambahkan irisan seledri dan daun bawang sebagai penyedap

Tambahkan irisan tipis seledri dan daun bawang, serta wortel yang diserut kasar. Wortel selain untuk menambah gizi bakwan jagung, akan memberikan tekstur renyah di dalam bakwan. Sementara seledri dan daun bawang akan menambahkan rasa dan aroma yang lebih sedap.

4. Gunakan sendok sayur sebagai takarannya

Supaya takarannya sama saat menggoreng, gunakan sendok sayur. Sendok sayur memiliki ukuran yang pas untuk menggoreng bakwan. Anda juga dapat mengatur kesamaan ukurannya lebih mudah dengan sendok sayur.

5. Goreng shallow frying

Goreng bakwan dengan teknik shallow frying atau minyak sedang yang tingginya hanya setengah makanan. Bakwan jagung perlu dibolak-balik hingga semua sisi berwarna kecoklatan merata.

Memasak makanan dengan teknik shallow frying menghasilkan proses memasak yang cepat. Teknik ini sangat cocok untuk menjaga tektur luar bakwan jagung sedikit garing dan bagian dalam bakwan tetap lembut.

Baca JugaResep Bakwan Jagung

Cara Membuat Bakwan Jagung
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4 (80%) 4 votes