Penulis: Graminda | Editor: Ria

Saya perhatikan, setiap restoran seafood pasti menyediakan menu cumi saus padang. Kenapa cumi hampir selalu dipasangkan dengan saus padang? Sempat terpikir, mungkin saja menu ini adalah kuliner khas Padang.

Usut punya usut, saus padang adalah saus kedua terfavorit di Indonesia. Tak heran, saus pedas yang sedikit asam ini sering dipasangkan dengan banyak bahan makanan. Yuk, coba masak cumi saus padang sendiri di rumah.

Coba Resep: Cumi Saus Padang

1. Pilih cumi yang segar

Hal yang paling penting dalam memasak adalah kesegaran bahan baku. Jangan membeli cumi bila daging lembek dan berlendir. Selain itu, pilih cumi segar  yang memiliki mata cembung dan cerah.

Jika anda membeli cumi beku, hindari memilih cumi yang banyak tertempel kristal es. Adanya kristal es mengisyaratkan cumi sudah terlalu lama di freezer.

2. Bersihkan dan potong cumi bentuk cincin

Bersihkan cumi sebelum dimasak. Buang tinta hitamnya dengan tarik bagian kepala dari tubuh cumi. Hati-hati jangan sampai kantung tersebut pecah. Bila pecah, maka daging cumi akan terasa pahit. Buang juga tulang transparan dan kulit luar cumi.

Cumi yang sudah dibersihkan lalu potong-potong seperti cincin. Bentuk ini cocok sekali untuk olahan tumisan karena dapat mempercepat waktu memasak. Bumbui cumi dengan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau amis.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Mengolah Cumi

3. Pastikan bumbu sudah disiapkan terlebih dahulu

Bumbu yang diperlukan untuk cumi saus padang adalah bawang bombay, cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, saus tomat, saus sambal, saus tiram, dan daun bawang. Iris terlebih dahulu  bahan-bahan tersebut. Cabai diiris serong, sedangkan bawang diiris kotak.

4. Tumis dengan api sedang

Tumis bumbu dengan api sedang. Setelah beraroma wangi, tambahkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, gula, dan garam. Aduk dan koreksi rasanya. Biarkan bumbu matang hingga mendidih.

5. Masak Cumi 3 menit Saja

Cumi baru dimasukan ketika bumbu sudah matang. Hal ini dikarenakan cumi hanya perlu waktu maksimal 3 menit untuk matang. Cumi yang terlalu lama dimasak akan alot (kenyal).

Rasa cumi saus padang adalah pedas, asam, dan manis. Tapi sesuaikan saja lagi dengan selera anda, ingin lebih pedas atau asam. Bila suka saus yang kental, tambahkan sedikit larutan maizena. Semoga berhasil!