Penulis : Atsa

Aneka masakan Indonesia sering menggunakan daun salam. Supaya praktis, banyak juga yang memilih membeli daun salam bubuk atau bay leaf powder.

Tapi tunggu dulu! Hidangan Eropa juga memakai bay leaf powder, kan? Memangnya bay leaf powder untuk masakan Eropa dan Indonesia sama?

Sama-sama dijuluki “bay leaf”, baik daun salam ataupun bay leaf untuk hidangan eropa memiliki karakter rasa tersendiri. Mungkin anda akan menemukan bubuk daun salam yang di labelnya tertulis bay leaf powder. Nah, jangan sampai terkecoh dan salah pilih antara untuk masakan Indonesia dan Eropa.

Berikut ini pembahasan mengenai perbedaan keduanya, juga tips supaya nggak salah pilih. Simak pembahasannya.

Baca Juga : 9 Daun Aromatik yang Umum Dipakai dalam Masakan

1. Jenis Daun

Bay leaf yang digunakan untuk masakan Eropa dan bay leaf asal Indonesia memang dalam satu rumpun, tapi jenisnya berbeda lho. Jadi, jangan sampai menyamakan keduanya dalam masakan, ya.

Karena sama-sama tergolong “bay leaf” daunnya juga terlihat sama, karena itu bubuknya pun terlihat sama. Perbedaan tanah dan iklim lah yang membuat kedua bay leaf Eropa dan Indonesia memiliki perbedaan jenis. Tentunya beda jenis juga beda kegunaan dan fungsinya dalam masakan.

2. Fungsi dan Rasa pada Masakan

Di Eropa, bay leaf sering digunakan dan sangat populer sebagai bumbu masak. Pada olahan sup, risotto, casseroles, pizza, dan saus pasta, bay leaf digunakan sebagai bumbu penambah aroma yang khas.

Tidak terasa seperti daun bumbu pada umumnya yang memberikan sekedar aroma lembut yang khas, bay leaf memiliki aromatik dan sensasi pedas pahit yang nikmat. Aroma wangi dari daun bay leaf membuat sajian masakan Eropa lebih menggugah selera.

Bay leaf Indonesia atau daun salam, juga banyak digunakan sebagai bumbu masakan lokal. Sering digunakan pada sayur asem, lodeh, pepes, gulai, nasi kuning, dan aneka masakan Nusantara lainnya, aroma harum khas daun salam membuat masakan lebih harum dan sedap.

Tentu saja aroma yang dirasakan berbeda dengan aroma bay leaf untuk masakan Eropa yang lebih kuat. Jadi jangan sampai terbalik, nanti aroma masakan jadi berbeda dan justru terasa aneh.

3. Label Kemasan

Daun salam bubuk. Image : www.17pasar.id
Bay leaf powder. Image : www.chilliwizards.co.uk

Supaya tidak keliru, periksa label secara detail. Keduanya mungkin sama-sama tertulis “bay leaf”, memiliki warna dan kemasan yang serupa.

Nah, lihat juga asal produksinya, daun salam bubuk tertulis bahwa diproduksi di Indonesia. Kalau bay leaf untuk hidangan Eropa umumnya diproduksi di Turki, atau di negara lain kawasan Eropa.

Baca Juga : Kenali Bedanya, Daun Salam vs Daun Jeruk

Itulah perbedaan bubuk daun salam dan bay leaf powder. Nggak perlu takut salah lagi dalam membeli dan menggunakannyanya. Cukup lihat asal produksi produk tersebut. Semoga tips ini membantu.

Beda Bubuk Daun Salam dan Bay Leaf Powder
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)