Penulis: Rosalia | Editor: Ria

Indonesia punya banyak banget ragam kuliner yang bisa dinikmati. Mulai dari aneka olahan gorengan, panggang, tumisan, rebusan, sampai bakar-bakaran. Wuih, rasanya kuliner Indonesia tidak akan pernah bisa habis dicobain sampai kita jadi tua nanti. Nah, kali ini saya mau membahas aneka asinan di Indonesia nih. Kalau biasanya masakan Indonesia itu identik dengan berbagai macam bumbu rempah dan menggunakan minyak yang tidak sedikit, asinan ini sama sekali berbeda.

Asinan merupakan makanan yang dibuat dengan cara diasinkan dengan garam atau diasamkan dengan cuka. Ada yang bilang asinan ini identik dengan oleh-oleh khas Bogor, tapi ada pula yang bilang asinan ini makanan khas Betawi dan paling banyak dijumpai ketika acara Pekan Raya Jakarta. Tak hanya cocok jadi kudapan aja lho, asinan seperti asinan Betawi dengan berbagai macam isian lengkapnya seperti tahu, kacang tanah, dan kerupuk mie, cocok banget untuk jadi “one dish meal”. Maksudnya, cocok banget untuk jadi santapan utama yang cukup mengenyangkan, seperti makan siang atau makan malam.

Ada dua jenis asinan berdasarkan bahan dasar yang digunakannya yaitu asinan buah dan sayur. Supaya kamu tidak bingung ingin makan yang mana dulu hari ini, simak terus ya artikel menarik di bawah ini.

1. Asinan Buah

(Image: Kuliner)

Asinan buah memiliki sebutan lain yaitu asinan Bogor. Asinan ini memang banyak ditemukan di Bogor, khususnya daerah Cibinong dan kota Bogor. Tak jarang, asinan ini dijadikan oleh-oleh khas bagi orang-orang seusai berlibur atau sekedar berkunjung ke Bogor.

Kuahnya yang unik dan menyegarkan

Rasanya sangat menyegarkan dan sedikit pedas, karena kuahnya diambil dari saripati cabai merah dan cuka. Pembuatannya cukup mudah yaitu dengan cara merebus gula pasir, asam jawa, cabai merah yang sudah ditumbuk, dan garam secukupnya. Setelah air rebusan sudah matang dan bersuhu ruang, barulah diberikan tambahan cuka.

Biasanya saya lebih doyan menyantap asinan Bogor jika dalam kondisi dingin. Jadi, misalnya hari ini membeli atau membuat sendiri asinan Bogor, maka akan langsung dimasukkan ke kulkas dan baru dimakan keesokan harinya. Akan lebih enak lagi bila dimakan pas siang hari. Hmm, seger banget.

Macam-macam buah sebagai isian

Untuk asinan Bogor ini, buah yang digunakan biasanya adalah mangga muda, jambu air, kedondong, bengkoang, timun, dan nanas. Setelah kuahnya jadi, buah yang sudah dipotong-potong bisa langsung direndam bersama kuahnya. Untuk rasa buah yang lebih gurih dan segar, kamu bisa merendam buah ini selama semalaman terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Kamu juga bisa memilih satu jenis buah saja sesuai preferensimu, misalnya kedondong saja atau mangga mudanya saja. Jadi, tidak melulu harus dicampur.

2. Asinan Sayur

(Image: Bagiken)

Nah, kalau asinan sayur cara membuat dan penyajiannya berbeda dengan asinan buah. Asinan yang akan dibahas kali ini adalah asinan Betawi, yang merupakan sajian wajib di acara adat Betawi, seperti pernikahan. Makanan yang jaman dulunya sering dijajakan dengan gerobak keliling ini, juga jadi makanan wajib yang selalu hadir di Pekan Raya Jakarta (PRJ), selain kerak telor. Tapi sayang banget, sekarang akan sangat susah menemukan abang-abang penjualnya berkeliling kompleks rumah kamu. So, saya hampir tak pernah absen untuk menyantapnya saat berkunjung ke PRJ.

Kuah kacang gurih dan sedikit asam yang pas

Asinan sayur atau asinan Betawi ini tak memakai kuah merah dalam penyajiannya. Asinan ini menggunakan kuah dari kacang tanah yang dihaluskan dan dimasak bersama tambahan gula jawa, cuka, garam, dan air secukupnya. Kuah kacang ini juga diberi bumbu-bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, lada, cabai merah, cabai rawit, dan ebi.

Sayur-sayuran crunchy sebagai isinya

Untuk isinya sendiri biasanya asinan sayur terdiri dari sayuran mentah seperti selada air, kol, taoge, wortel, timun, dan tahu. Sayuran yang sudah dipotong-potong akan disajikan dengan siraman kuah kacangnya yang melimpah dan pelengkap kerupuk mie.

Rasanya tentu saja berbeda dengan gado-gado. Karena kuah kacang yang menjadi teman asinan sayur ini sudah diberi campuran cuka dan teksturnya lebih encer. Selain sehat karena berisi sayur-sayuran, kuah kacang yang menjadi pelengkapnya juga membuat sayuran semakin nikmat. Bukan seperti asinan buah yang bisa lebih nikmat kalau direndam dulu, asinan sayur ini lebih lezat kalau kamu santap langsung seusai disajikan. Apalagi kalau kuah kacangnya masih hangat.

Itulah tadi aneka asinan yang ada di Indonesia. Sebenarnya asinan ini bisa kok kamu mix sendiri sendiri sesuai selera. Misalnya kamu mau menyantap sayur dengan kuah merah bening ala asinan Bogor, sesuai selera. Kalau saya pribadi, lebih suka asinan ala Bogor karena kuahnya itu menyegarkan dan ringan banget. Selamat berburu asinan ya!

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi