Penulis: Graminda | Editor: Ria

Siomay dan batagor adalah jajanan yang identik dengan Kota Bandung. Penjaja keduanya akan sangat mudah anda jumpai di sepanjang jalan hingga sudut kota.

Sama-sama berbumbu kacang, siomay dan batagor pun sering dijajakan oleh penjual yang sama. Namun ternyata ada beberapa hal yang membedakan keduanya.

1. Asal Usul

Siomay sebenarnya bukan jajanan asli Kota Bandung. Makanan ini berasal dari Mongolia Dalam dan merupakan salah satu sajian dimsum khas Cina. Nama asli siomay adalah “Shao-Mai” yang berarti tepung terigu.

Berbeda dengan siomay, batagor pertama kali dibuat di Bandung. Batagor merupakan singkatan dari Bakso-Tahu-Goreng. Jajanan ini bermula ada saat seorang penjual bakso tahu menggoreng dagangannya. Batagor versi pertama itu pun jadi pelopor jajanan lezat ini.

Coba Resep: Resep Batagor Bandung

2. Bahan Utama

Pada awalnya, bahan utama siomay adalah daging dan udang. Daging dicincang, kemudian dibungkus dengan kulit yang merupakan adonan tipis terigu, bukan kulit pangsit. Di atas siomay diberi topping seperti acar wortel atau telur kepiting. Di Indonesia, siomay biasanya dibuat dari ikan tenggiri atau ayam dan tidak selalu dibungkus kulit.

Sama-sama berbahan dasar ikan tenggiri, perbedaan batagor dengan siomay adalah kulit luarnya. Batagor menggunakan tahu kuning yang sudah diiris menjadi segitiga. Tahu tersebut dibolongi di bagian tengah lalu, diisi dengan adonan.

Coba Resep: Resep Siomay Dimsum

3. Cara Memasak

Siomay dan batagor memiliki cara memasak yang sangat berbeda. Siomay dikukus selama 20 menit. Sedangkan, batagor bisa langsung digoreng atau dikukus dahulu sebelum digoreng

4. Modifikasi

Istilah “Siomay Bandung” dikenal karena di Bandung lah pertama kali siomay disajikan bersama sayuran, bakso, kentang, dan telur. Makanan tambahan tersebut juga diisi dengan adonan daging, lalu dikukus.

Batagor asli hanya menggunakan tahu sebagai kulit luar. Sedangkan, batagor dengan kulit pangsit yang kita kenal sekarang adalah modifikasi baru.

Selain jenis siomay dan batagor yang mainstream, ada juga jenis siomay dan batagor lainnya, yaitu siomay dan batagor kuah. Keduanya sama-sama diberi kuah kaldu, bawang goreng, jeruk nipis, dan seledri.

Coba Resep: Resep Batagor Kuah

5. Bumbu Kacang

Siomay yang asli disantap bersama kecap asin dan chili oil. Namun, siomay yang kita kenal disajikan bersama bumbu kacang, kecap manis, dan saus sambal.

Sebenarnya bahan bumbu kacang siomay dan batagor sama saja. Perbedaan keduanya terletak pada tekstur. Bumbu kacang siomay sangat halus dengan rasa manis-gurih-pedas. Sedangkan bumbu kacang batagor lebih kasar dan tidak berasa pedas.

Coba Resep: Siomay Udang Kuah Kaldu

Daripada pusing memilih batagor atau siomay, lebih baik santap keduanya saja. Wah, Yummy!