Penulis: Selly.J | Penulis: Ria

“Serupa tapi tak sama.” Ungkapan tersebut cocok pada pembahasan kali ini, yaitu daun bawang dan daun kucai. Yup, sepintas, keduanya ini terlihat mirip. Dulu saya juga sempat berpikir bahwa daun kucai adalah daun bawang yang masih muda atau berukuran lebih kecil. Apalagi, keduanya sama-sama disajikan dengan cara diiris-iris.

Namun, anggapan tersebut ternyata salah besar. Daun bawang tidaklah sama dengan daun kucai. Apa saja ya yang membedakan keduanya? Kenali lebih jauh melalui ulasan berikut yuk!

1. Daun bawang adalah bawang, daun kucai adalah daun

Daun bawang dan daun kucai sama-sama termasuk ke dalam golongan bawang. Namun, daun bawang sebenarnya lebih layak disebut bawang. Jika diperhatikan, kita akan melihat akar pada bagian bawah daun bawang. Hal ini dikarenakan daun bawang dipanen hingga ke bagian akar, sama seperti jenis bawang lainnya.

Sementara itu, daun kucai lebih layak disebut daun. Sebab, daun ini tidaklah dipanen hingga ke bagian akarnya. Biasanya, daun kucai dipotong dari jarak sekitar 5 cm dari pangkalnya.

Baca juga: 3 Jenis Bawang yang Bisa Ditemukan di Indonesia

2. Ukuran dan warna

Sekilas, daun bawang dan daun kucai memiliki tinggi yang sama. Namun, daun bawang memiliki ukuran yang lebih lebar dibandingkan dengan daun kucai. Bila disandingkan, lebar daun bawang bisa mencapai tiga kali daun kucai. Ketika dipegang, daun bawang lebih bervolume dibandingkan daun kucai. Hal ini dikarenakan daun bawang bentuknya mirip seperti silinder.

Sementara itu, daun kucai memiliki permukaan yang pipih sehingga mirip seperti rumput. Meskipun dua-duanya berwarna hijau, daun bawang juga memiliki campuran warna putih pada bagian batang hingga ke akarnya. Berbeda dengan daun kucai yang warna putihnya tidak terlalu menonjol.

Baca juga: Tips Memilih dan Menyimpan Daun Bawang

3. Rasa dan aroma

Dibandingkan bawang merah, daun bawang memiliki rasa yang lebih ringan. Daun bawang juga memiliki aroma yang khas. Aroma tersebut akan lebih terasa setelah anda mengonsumsinya. Sementara itu, daun kucai memiliki aroma yang mirip dengan bawang putih. Dalam keadaan mentah, daun ini juga memiliki rasa yang menyengat.

Baca juga: 9 Daun Aromatik yang Umum Dipakai dalam Masakan

4. Fungsi pada Masakan

Dibandingkan daun kucai, daun bawang yang digunakan sebagai pelengkap makanan lebih populer. Kita bisa menemui daun bawang pada makanan khas Nusantara seperti martabak telur, sop, soto,  serta telur dadar. Sementara itu, daun kucai sering ditemui pada makanan-makanan khas negara-negara di Asia Timur seperti Tiongkok dan Jepang. Beberapa diantaranya ialah kuotie, bubur, pangsit.

Akan tetapi, kucai juga bisa ditemukan pada makanan-makanan khas Nusantara seperti nasi lengko, tauge goreng, dan dijadikan pendamping makan untuk lumpia goreng.

Itulah beberapa hal yang membedakan daun bawang dengan daun kucai. Meskipun memiliki bentuk dan warna yang mirip, keduanya ternyata berbeda ya! Namun, jika hanya digunakan sebagai pelengkap atau pendamping, keduanya bisa saling menggantikan.

Apa Bedanya? Daun Bawang Vs. Daun Kucai
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3.1 (62.22%) 9 votes