Penulis: Windy | Editor : Atsa

Setiap kali makan bakso, soto atau kimlo solo pasti ada mie putihnya. Setelah dilihat sekilas, pasti menyimpulkan jika itu adalah bihun. Padahal tidak semua mie putih itu bihun, tapi bisa juga soun. Warna dan bentuk keduanya terlihat sama, tapi ternyata berbeda, lho.

Kadang masih ada juga yang bingung dan tertukar saat membeli bihun atau soun. Bukan hanya bahan baku, tekstur, dan cara memasaknya pun akan berbeda. Dari pada salah membeli dan masakan gagal, cek perbedaannya berikut ini.

1. Bahan Baku

Bihun merupakan sejenis mie dari tepung beras. yang berasal dari China.  Bihun berasal dari kata “bie” yang berarti beras dan “hun” yang berarti tepung. Selain tepung beras, bihun juga bisa dibuat dari tepung jagung.

Sedangkan soun yang mirip dengan bihun terbuat dari pati kacang hijau. Tapi, sekarang sudah banyak soun yang terbuat dari pati kentang, ubi, dan singkong.

Coba resep: Resep Bihun Kuah

2. Warna, Tekstur, dan Rasa

Bihun memiliki warna yang lebih putih, lebih kusam. Tekstur bihun rapuh dan mudah patah saat kering, sebelum dimasak. Setelah dimasak tekstur akan berubah menjadi lembut dan kenyal. Selain itu bihun menjadi licin dan tidak mudah putus. Rasa bihun pun gurih.

Soun terlihat cenderung lebih transparan daripada bihun. Tekstur soun pun lebih kuat dan liat saat kering. Tapi setelah soun dimasak teksturnya akan lebih licin dan mudah putus.Rasa soun cenderung tawar jadi kalau untuk tambahan masakan akan menyerap rasa lebih baik.

Coba resep: Resep Soun Kuah

3. Cara Memasak

Cara memasak bihun hanya cukup direndam dengan air panas. Bihun kering direndam selama 3-5 menit lalu ditiriskan. Selain direndam, bihun juga bisa direbus dengan waktu singkat, selama 1 menit.  Di beberapa negara Asia, kadang bihun juga digoreng lho.

Sama dengan bihun, memasak soun juga cukup direndam dengan air panas. Tapi waktu memasak soun lebih lama, 5-15 menit. Berbeda dengan bihun, soun yang sudah direndam akan menjadi lengket dan menempel satu sama lain saat didiamkan.

Baca juga: Tips Tepat Mengolah & Memasak Bihun

4. Penyimpanan

Bihun yang sudah dimasak akan bertahan satu hari jika disimpan pada suhu udara terbuka. Tapi, kalau dimasukkan ke dalam kulkas bihun dapat bertahan selama 4-5 hari. Dengan catatan bihun sudah kering dan ditaruh dalam wadah bersih kedap udara.

Berbeda dengan bihun, soun harus disimpan pada keadaan kering. Soun basah tidak tahan jika disimpan lama. Soun kering juga sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup kedap udara di ruangan kering.

Coba resep: Resep Soun Goreng

Selama ini anda lebih sering menggunakan bihun atau soun? Kalau saya lebih sering menggunakan bihun. Karena lebih lembut, kenyal, dan tidak selicin soun.

Apa Bedanya? Bihun vs Soun
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4.7 (93.33%) 3 votes