Penulis: Atsa

Wortel kaya akan vitamin A yang sudah sangat terkenal baik untuk kesehatan mata. Selain itu kandungan vitamin B dan C, serta nutrisi lainnya membuat sayur ini sering dicari untuk diolah jadi hidangan lezat yang sehat.

Anda biasa mengolah wortel jadi apa saja? Jika bosan dengan resep yang itu-itu saja, berikut ResepKoki sajikan 6 kreasi resep wortel yang lezat. Buat anak yang susah makan sayur, ada juga pilihan resep yang dijamin enak, lho.

1. Urap

urap bali murah

Bosan dengan wortel yang dimasak sup atau ditumis? Urap bisa jadi pilihan yang tak kalah nikmat, lho. Disajikan dengan bumbu kelapa muda, sayur ini makin nikmat saat disantap dengan nasi panas dan ayam goreng.

Potong wortel julienne atau seperti korek api. Potong juga kacang panjang dan bunga kol. Tambahkan bayam dan tauge. Pastikan semua sayur tersebut sudah matang ya. Lalu campur rata dengan bumbu kelapa urap. Cek resepnya di artikel Resep Urap Sayur.

Baca Juga: Resep Urap Sayur

2. Orak Arik Telur

Kalau ingin membuat hidangan cepat, praktis dan lezat, orak arik telur adalah pilihan tepat! Selain rasanya enak, bahan-bahannya pun pasti ada di dapur rumah. Telur kaya akan protein, teksturnya juga lembut. Berpadu dengan wortel yang sedikit renyah tentu terbayangnya kelezatannya di mulut.

Anda hanya perlu menumis bawang merah dan bawang putih dengan margarin. Masukan wortel yang sudah diparut. Anda juga bisa menambahkan sayuran lainnya seperti bunga kol atau buncis. Setelah cukup matang lalu masukan telur dan masak secara orak – arik. Tambahkan garam dan merica, jika suka pedas masukan juga irisan cabai. Siap disajikan, mudah kan?

3. Sop Wortel Kentang Sosis (Sop Manten)

sop manten solo segar

Sop manten adalah hidangan sup asal Solo yang sering dijumpai saat resepsi pernikahan. Isiannya terdiri dari ayam, wortel, kapri, kembang kol, keripik kentang, jamur putih dan jamur kuping. Rasa kuah kaldu ayam yang gurih ditambah aroma bawang putih sangat kaya bikin Anda kembali segar setelah menyantapnya.

Tumis bawang merah, bawang putih dan jahe sampai harum. Masukan bumbu tumis ke rebusan kaldu ayam, rebus sampai mendidih. Tambahkan garam, gula dan merica. Masukan suwiran ayam, bunga kol dan wortel yang sudah dipotong. Masak sampai matang.

Masukan kapri, jamur kuping dan jamur putih. Masak sebentar saja lalu matikan apinya. Sajikan dengan taburan keripik kentang dan bawang goreng.

Baca Juga: Resep Sop Manten

4. Makaroni Saus Wortel

Buat sajian sup makaroni semakin lezat, bergizi, dan memiliki tampilan cantik dengan kuah saus wortel. Panaskan Minyak, lalu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan wortel dalam tumisan dan masak hingga lunak. Lalu angkat dan dinginkan. Masukan wortel dan bumbu tumisan dalam blender dan lembutkan, sisihkan.

Didihkan kaldu, masukkan potongan dadu ayam dan makaroni. Tambahkan adonan wortel, keju parut dan daun bawang. Aduk terus. Bumbui dengan garam dan lada, didihkan. Tambahkan penyedap bila perlu. Sajikan selagi hangat.

5. Sup Krim Wortel

sup krim wortel

Suka menyantap sup krim? Ada beragam rasa lezat dan campuran bahan yang enak untuk sup krim. Umumnya seperti sup krim ayam, sup krim jagung, dan sup krim jamur. Tapi sup krim wortel justru lebih menarik karena warnanya yang cantik. Rasanya juga nggak kalah lezat, lho. Rasanya gurih, nikmat saat disajikan hangat dan tentunya kaya akan vitamin A.

Tumis bawang bombay hingga wangi, lalu masukan wortel dan batang seledri. Masak hingga wortel matang, sisihkan. Masukkan wortel ke dalam mangkuk blender. Beri sedikit susu putih cair, lalu blender hingga halus. Tuangkan ke dalam panci dan masak dengan api kecil hingga mendidih.

6. Sup Matahari

sop matahari

Resep sup matahari bisa jadi solusi buat anak yang susah makan sayur. Sup khas kota Solo ini terbuat dari daging giling dengan campuran sayur seperti wortel jagung dan jamur kuping yang tertutup lapisan telur. Telur tersebut kemudian dipotong dan dibuka lipatannya sehingga berbentuk seperti gambar matahari. Selain lezat, sup matahari juga kaya nutrisi dan juga segar. Tampilannya yang cantik bikin anak yang susah makan sayur pun menyukai sup yang satu ini.

Baca Juga: 6 Resep Olahan Bakso Ikan Lezat dan Praktis

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi