Penulis: Nia Happy

Selain menyegarkan, menyantap hidangan pencuci mulut juga dapat memanjakan lidah. Salah satu jenis dessert yang cara pembuatannya praktis adalah puding. Pada umumnya, puding terbuat dari agar-agar sebagai bahan utama, dengan aneka bahan tambahan sehingga bervariasi. Banyaknya kreasi puding membuat makanan ini lalu tampil dalam bentuk cantik dengan warna meriah, bercita rasa lezat, dan lebih bergizi. Nah, berikut ini kreasi puding lezat nan cantik yang bisa Anda buat di rumah, yuk coba:

1. Puding Ombre Ubi Ungu

Ubi ungu dapat dikreasikan menjadi berbagai makanan yang enak dan cantik. Mulai dari keripik, brownies hingga puding yang mudah dibuat sehari-hari. Warna ungu alami yang dihasilkan oleh ubi ungu ini membuat puding ini memiliki daya tarik sendiri saat disajikan. Sebelum diolah, blender terlebih dahulu ubi ungu yang akan digunakan lalu saring airnya atau Anda juga bisa mengukus ubi lalu dihaluskan hingga benar-benar halus sampai seperti bubur, baru kemudian disaring airnya.

Untuk membuatnya cukup mudah, pertama kukus ubi ungu sampai empuk. Blender ubi ungu dan air hangat. Saring hingga menjadi pasta halus kemudian sisihkan. Campur gula pasir, garam, vanili, dan agar-agar bubuk. Aduk rata. Tuang santan, aduk hingga rata.

Bagi menjadi 3 bagian cairan agar-agar. Ambil satu bagian cairan agar-agar, beri 6 sdm pasta ubi ungu, aduk rata. Masak dalam panci hingga mendidih. Angkat kemudian tuang ke dalam cetakan. Biarkan hingga setengah mengeras.

Ambil satu bagian cairan agar-agar, beri 3 sdm pasta ubi ungu, aduk rata. Masak dalam panci hingga mendidih. Angkat kemudian tuang ke dalam cetakan. Biarkan hingga setengah mengeras (lapisan sudah mulai mengeras ditandai dengan, apabila disentuh jari, permukaannya tidak lengket, tapi bagian dalamnya masih basah. Biarkan kembali hingga setengah mengeras.

Ambil satu bagian terakhir cairan agar-agar, beri 1 sdm pasta ubi ungu, aduk rata. Masak hingga mendidih. Tuang ke atas lapisan kedua tadi. Diamkan hingga mengeras kemudian simpan di dalam kulkas sebelum disajikan.

Baca Juga : Resep Puding Ombre Ubi Ungu

2. Puding Lumut Kembang Telang

Pertama rebus air hingga mendidih. Matikan kompor. Rendam kembang telang selama 10 menit. Remas-remas kembang telang agar warna birunya keluar. Saring ke dalam panci. Tambahkan santan. Aduk rata. Masukkan gula, garam, bubuk agar-agar, aduk rata. Setelah agak mendidih tuang telur sedikit demi sedikit.

Masak puding sambil diaduk hingga mendidih. Matikan kompor. Angkat dari kompor. Tunggu hingga uapnya hilang. Tuang ke dalam cetakan, sisihkan. Rebus air kembali, tuang bubuk agar-agar rasa cokelat, aduk terus hingga mengental dan mendidih, lalu angkat dan sisihkan. Ketika puding sudah mulai berkulit, tata topping snack sponge di atasnya. Tuang puding cokelat di atas puding lumut sedikit demi sedikit. Diamkan hingga mengeras.

Jika sudah mengeras, balikkan puding di wadah. Masak agar untuk perekat. Tusuk-tusuk permukaan puding. Tuang agar putih bening sebagai perekat. Taburi dengan remahan biskui dan permen. Puding siap disajikan.

3. Puding Kelapa Muda

Bukan hanya minuman, kelapa muda juga bisa anda kreasikan jadi puding. Daging kelapa lembut dengan semburat rasa gurih akan sangat lezat berpadu dengan agar manis yang kaya rasa.

Siapkan dua wadah. Wadah satu, masukkan agar/jelly rasa kelapa muda, air kelapa, sirup cocopandan, dan gula pasir. Masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk. Koreksi rasanya. Angkat. Wadah kedua, masukkan agar bening tanpa rasa, susu cair, sirup cocopandan, dan gula pasir. Masak hingga mendidih, angkat dan sisihkan. Siapkan gelas atau wadah cetakan. Susun kelapa muda di dasar cetakan. Tuang puding bening, dinginkan. Tuang puding susu di atas puding bening yang sudah mengeras. Dinginkan. Simpan di dalam lemari pendingin. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Puding Kelapa Muda

4. Puding Santan

puding santan

Banyaknya kreasi agar-agar membuat makanan ini lalu tampil dalam bentuk cantik dengan warna meriah, bercita rasa lezat, dan lebih bergizi. Bahan yang bisa anda kombinasikan dengan agar-agar yaitu santan dan gula merah, seperti resep berikut.

Agar 1: pertama rebus gula merah dan air sampai gula larut kemudian sarinng. Dalam satu panci, campurkan air gula merah, santan kental, bubuk agar-agar, garam, dan daun pandan. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih. Matikan kompor dan diamkan hingga uap panasnya hilang. Tuang ke dalam cetakan dan isi hingga setengahnya. Lanjutkan masak bahan 2.

Agar 2: Campur semua bahan dan masak hingga mendidih. Angkat. Diamkan hingga uap panasnya hilang. Pastikan lapisan bawah agar santan sudah agak mengeras. Tuang perlahan agar 2 di atasnya hingga memenuhi cetakan. Biarkan hingga dingin dan mengeras sempurna. Potong-potong. Masukkan dalam kulkas agar dingin. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Puding Santan

5. Puding Lumut 

puding lumut cerah

Sekilas, puding ini terlihat berwarna hijau. Akan tetapi warna hijaunya tidaklah merata dan terlihat menyerupai lumut. Adonan ‘lumut’ ini berasal dari campuran telur, santan, dan jus pandan yang mengeras.

Siapkan air, masukkan agar-agar putih, gula pasir, santan kental, jus pandan, garam, dan telur kocok lepas. Masak dengan api sedang. Aduk terus perlahan karena adonan ini mudah gosong. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan mendidih sebentar hingga terbentuk lumut  dengan sendirinya. Matikan api kemudian tuang dalam cetakan. Biarkan dingin, sisihkan. Rebus kembali air. Masukkan agar-agar putih, susu cair tawar, gula pasir, dan garam. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk perlahan hingga mendidih.

Matikan api. Tuang adonan puding susu di atas lapisan puding lumut yang sudah agak mengeras. Biarkan dingin atau simpan dalam kulkas. Keluarkan dari cetakan dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Puding Lumut

6. Puding Lapis Regal

Masak agar-agar tanpa rasa, tambahkan gula pasir, dan air putih sampai mendidih. Angkat. Tunggu hingga uap panas menghilang dan tunggu agak dingin kemudian siram ke atas biskuit marie regal yang sudah ditata rapi, sisihkan.

Setelah itu, buat lapisan kuning. Siapkan wadah, masukkan kuning telur, salted butter, pasta vanilla, dan susu kental manis, aduk rata, sisihkan. Masak agar-agar tanpa rasa, gula pasir, dan air putih sampai mendidih, matikan api. Ambil separuh bagian agar-agar, tuang segera ke adonan kuning telur. Aduk cepat supaya tidak menggumpal. Tuang kembali ke sisa agar-agar. Masak lagi sampai mendidih dengan api kecil sambil diaduk. Setelah lapisan bening mulai berkulit dan cukup kokoh untuk ditimpa, tuang perlahan adonan kuning, sisihkan.

Kemudian masak agar-agar cokelat, masukkan gula pasir, cokelat bubuk, dan air. Aduk terus sampai mendidih. Angkat dan sisihkan. Tuang adonan cokelat di atas adonan kuning. Tunggu hingga mengeras. Balik wadah puding. Sajikan dengan lapisan regal di atas dan lapisan cokelat di bawah. Siap disajikan.

7. Puding Oreo Cokelat

Pertama buat terlebih dahulu lapisan oreo. Masak air, masukkan agar-agar tanpa rasa, susu kental manis putih, gula pasir, susu cair putih, dan oreo yang sudah dihancurkan. Masak hingga mendidih sambil di aduk. Matikan api tunggu uap panasnya hilang. Hancur kasar biskuit oreo, masukkan dalam cetakan kemudian tuang agar-agar. Selanjutnya, lapisan coklat. Campur cokelat bubuk, gula pasir, dan susu cair. Masak dan aduk hingga mendidih. Campur sisa susu cair dan agar-agar. Masukkan ketika adonan susu agak mendidih dan aduk terus hingga mendidih lalu matikan api tunggu sampai uap panas menghilang. Tuang lapisan cokelat di atas lapisan oreo yang sudah mengeras. Diamkan di kulkas hingga semua mengeras dan siap dihidangkan.