Penulis: Niahappy

Anda pecinta dessert? Dan bosen dengan olahan dessert yang itu-itu aja? Nah sudah coba belum puding yang berpadu dengan lembutnya cake yang sungguh lezat dan menyegarkan di lidah? Jika belum, yuk coba bikin, mudah lho!

1. Puding Cake Melon

Image: Ny. Liem (2018)

Pertama buat cake terlebih dahulu. Siapkan wadah, ayak menjadi satu tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan baking powder, sisihkan. Kocok telur dengan gula pasir, cake emulsifer, dan vanili bubuk menjadi satu. Kocok hingga putih dan mengental. Masukan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga rata. Tuangkan mentega cair, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Tuang ke dalam loyang ukuran 24 x 24 x 2 cm yang telah diolesi dengan margarin dan taburi dengan sedikit tepung. Panggang ke dalam oven dengan suhu 1900C selama 12 menit hingga matang. Angkat, keluarkan dari loyang, dan biarkan dingin. Cetak ke dalam loyang ring bentuk jantung hati.

Selanjutnya membuat puding melon: Rebus air hingga mendidih. Masukan bubuk agar-agar bening dan sirup melon, aduk rata. Masak hingga mendidih, angkat. Tuangkan adonan di atas cake, biarkan hingga setengah mengeras.

Puding Susu: Rebus air, susu cair, dan garam menjadi satu hingga mendidih. Masukan gula pasir dan jelly instant powder, aduk hingga rat dan masak hingga mendidih kembali. Tambahkan rhum black forest, aduk. Angkat. Tuangkan di atas adonan puding melon, biarkan dingin dan mengeras. Letakkan dan susu kiwi, peach, anggur, dan ceri merah di atsnya. Siram dengan adonan jelly bening. Biarkan dingin dan mengeras. Siap untuk disajikan.

Baca Juga : Es Timun Serut

2. Cake Cokelat Puding Leci

Image: Dapur Anissa (2013)

Pertama-tama buat adonan cake terlebih dahulu. Kocok margarin dengan kecepatan sedang selama 15 menit sampai lembut. Tambahkan susu kental manis putih, kocok rata, sisihkan. Kocok telur, gula pasir, garam, cake emulsifier, dan air sampai mengembang. Masukan tepung terigu sambi diayak bersama cokelat bubuk, susu, dan baking powder. Aduk rata. Tuang ke kocokan margarin sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Tuang ke loyang oval yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Panggang dalam oven selama 20 menit sampai matang, sisihkan.

Lapisan puding 1: Rebus susu cair dan agar-agar bubuk sampai mendidih. Masukan sirup leci. Aduk rata. Angkat, dan sisihkan. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Tuang rebusan susu sedikit demi sedikit ke dalam kocokan utih telur sambil dikocok rata. Tuang setengah bagian adonan puding 1 di atas cake. Tata leci. Tuang lagi sisa puding 1 biarkan setengah membeku.

Lapisan puding 2: Rebus susu cair, agar-agar bubuk, dan jeli bubuk sampai mendidih. Masuukkan sirup leci. Aduk rata. Tambahkan white cooking chocolate. Aduk sampai larut. Tuang di atas puding 1. Biarkan mengeras. Keluarkan cake puding dari loyang. Hias dengan whipped cream dan taruh topping buah ceri di atasnya.

3. Orange Puding Cake

Cake: Siapkan wadah untuk bahann kering. Masukan terig dan tepung maizena, sisihkan. Mixer kecepatan tinggi telur, gula, dan SP sampai kental. Masukan bahan kering aduk dengan kecepatan rendah. Aduk hingga rata. Tambahkan mentega cair dan aduk kembali. Tuang ke loyang 20 cm yang sudah dilapisi kertas roti, dan kukus selama 20 menit. Tes tusuk. Keluarkan dari loyang, biarkan sampai dingin.

Puding busa: aduk putih telur dengan kecepatan tinggi sampai kaku menyerupai busa. Sisihkan. Campur agar-agar, gula, nutrisari dan air, masak sampai mendidih. Matikan api. Biarkan uap panas berkurang. Tuang ke dalam putih telur dan aduk sampai rata. Tuang ke atas cake dan biarkan agak mengeras. Tata jeruk di atas puding busa (sesuai selera), sisihkan.

Lapisan Bening: Campur agar-agar, gula, dan air. Masak sampai mendidih. Matikan api dan biarkan uap panas menghilang. Tuang perlahan di atas puding busa. Gunakan sendok sayur agar jeruk yang sudah ditata tidak bubar. Simpan di kulkas sampai dingin dan mengeras. Keluarkan dari loyang. Potong-potong dan sajikan.

Baca Juga : Resep Pie Vla Buah Mini

4. Puding Cake Susu Cokelat

Panaskan susu UHT full cream , masukan bubuk agar-agar cokelat, gula pasir, oreo yang sudah dihancurkan, dan garam. Masak hingga mendidih. Aduk terus pada api sedang supaya tidak gosong. Matikan api, aduk sampai uap panasnya hilang. Bagi 2 adonan. Tuang adonan pertama ke dalam cetakan kue, diamkan sampai agak keras, lalu susun marie regal di atasnya. Tuang adonan sisa pelan-pelan dengan menggunakan sendok, ratakan. Lalu susun oreo di atasnya (bagian tengah yang putihnya pisahkan untuk membuat vla). Biarkan sampai dingin lalu masukan freezer kurang lebih 1 jam.

Untuk membuat saus vla, campur susu cokelat, gula pasir, telur, maizena, garam, dan bagian isi oreo putih. Masak dengan api kecil. Aduk hingga mendidih, matikan api. Tunggu uap panas hilang, masukan kulkas kurang lebih setengah jam.

Keluarkan puding dan vla dari kulkas, tuang vla di atas puding dan sajikan.

Baca Juga : Resep Puding Zebra

5. Blackforest Puding Putih Telur

Lapisan Pertama: Kocok putih telur hingga dengan kecepatan tinggi , tambahkan air perasan jeruk lemon kocok hingga kaku, sisihkan. Sementara itu dalam panci, masukan gula pasir, tepung maizena, agar-agar bubuk cokelat, susu cair cokelat, aduk rata dengan spatula hingga tidak bergerindil lalu jerangkan di atas kompor dengan api kecil hingga mendidih, angkat. Masukan adonan ke dalam putih telur aduk cepat sampai rata. Masukan ke dalam loyang, ratakan. Tata di atasnya dengan oreo hingga semua permukaannya tertutup, diamkan di kulkas.

Lapisan kedua: Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi tampakan perasan air jeruk lemon, kocok hingga kaku, sisihkan. Dalam panci lain masukan gula pasir, agar-agar, susu cair. Masak dengan api kecil hingga meletup-letup, angkat lalu masukan ke dalam putih telur aduk cepat dan ratakan. Letakkan adonan di atas lapisan pertama, ratakan. Diamkan di kulkas hingga mengeras. Potong-potong dan sajikan.

Baca Juga : Resep Chocolate Lava Cake

6. Cheese Cake Puding

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama lelehkan margarin dengan cara double boil. Kemudian masukan keju oles yang banyak dijual di pasaran, aduk rata. Tambahkan kuning telur dan vanila, aduk rata dan sisihkan.

Kocok putih telur sampai kaku. Campur adonan keju dan putih telur sedikit demi sedikit, aduk rata, sisihkan. Masak agar-agar plain dan gula pasir, aduk sampai mendidih. Angkat, tunggu sampai uapnya hilang. Masukan agar-agar ke dalam adonan aduk rata. Masak kembali sampai mendidih. Tuang adonan ke dalam cetakan, biarkan uapnya hilang. Dinginkan di kulkas sampai beku. Olesi dengan selai blueberry, potong-potong dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Japanese Cheese Cake





Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi