Penulis : Niahappy

Punya stok hati sapi di rumah? Jangan bingung mau diolah apa. Beragam resep masakan dan teknik mengolah bisa dicoba untuk membuat hati sapi menjadi sajian istimewa. Kalau hati sapi di rumah cukup banyak, supaya tidak bosan maka kami sajikan 6 ide olahan untuk mengolah hati sapi yang bisa Anda praktikan di bawah ini:

1. Rendang Hati Sapi

Makanan yang dinobatkan sebagai makanan terenak nomor 2 di dunia ini berasal dari Padang. Bumbu rendang yang sangat komplit dengan berbagai rempah-rempah khas nusantara membuatnya memiliki rasa yang khas, ditambah daging yang empuk akan memberikan pengalaman makan yang super nikmat.

Namun, saat ini harga daging sapi sedang melonjak tinggi, tetapi Anda tidak perlu khawatir Anda bisa menggantinya dengan hati sapi. Selain harganya yang relatif lebih murah. Namun, rasa, tekstur, dan gizinya hampir seperti daging sapi lho. Yuk coba!

Potong dan cuci hati sapi sesuai selera. Haluskan cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, jahe, laos, dan ketumbar. Tumis bumbu halus sampai harum, kemudian masukkan santan, air, dan hati sapi. Aduk sampai kental terus menerus, jangan sampai santannya pecah. Sambil mengaduk, masukkan serai, daun jeruk perut, daun kunyit, asam kandis, dan garam. Aduk terus hingga mengering dan warna berubah cokelat kehitaman. Jangan lupa masukkan kayu manis, bunga lawang, dan cengkeh. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Rendang Daging Sapi

2. Sambal Goreng Hati Sapi

Sambal goreng hati pedas

Sambel goreng hati sapi juga sering dijadikan sajian khas hari raya, bersanding dengan ketupat dan opor. Irisan tipis cabai merah besar (buang biji) akan membuat hidangan ini tampil lebih menarik dan lezat.

Rebus hati sapi bersama daun salam dan daun jeruk. Angkat dan tiriskan. Potong-potong hati sapi dengan bentuk dadu. Sisihkan. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, cabai merah, terasi, garam, dan gula merah yang sudah dihaluskan bersama daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas hingga harum. Tuang santan lalu masak hingga mendidih. Masukkan hati sapi. Aduk rata. Masak hingga santan meresap. Masukkan irisan cabai merah lalu aduk sebentar. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Sambal Goreng Hati Sapi

3. Resep Sate Padang

sate padang empuk

Sate padang merupakan salah satu makanan lezat khas Indonesia. Sate daging dan jerohan sapi yang sudah berbumbu, kemudian disiram dengan saus kental berwarna kuning atau jingga bercitarasa gurih dan sedikit pedas. Sate padang biasa disajikan bersama ketupat dan keripik balado.

Rebus semua bahan daging setengah empuk dan tidak berdarah lagi. Angkat dan tiriskan daging lalu potong kotak-kotak sesuai selera. Sisihkan. Simpan air rebusan daging/kaldu untuk membuat kuah, sisihkan. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai giling, jahe, lengkuas, kunyit, bubuk kari, kayu manis, pala, ketumbar, lada, jinten, adas manis, bunga lawang, kapulaga, dan cengkeh. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, daun kunyit, dan daun salam.

Tumis kembali hingga benar-benar matang. Angkat dan bagi bumbu jadi 2 bagian. Ambil 1 bagian bumbu lalu campurkan dengan daging yang sudah dipotong-potong. Pindahkan dalam panci lalu tuang air secukupnya (hingga daging terendam). Masak/ungkep daging hingga empuk dan bumbu meresap. Angkat. Ambil daging lalu tusukkan dan tata di tusukan sate. Lakukan hingga habis. Panggang sate sebentar saja di atas api atau wajan datar anti lengket/teflon. Angkat.

Kuah Sate: Ambil 1 bagian bumbu sisanya lalu masak dengan air rebusan daging dan asam kandis hingga mendidih. Masukkan tepung beras yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk-aduk terus (agar tidak menggumpal) hingga kental dan meletup-letup. Koreksi rasanya, angkat. Tata sate bersama lontong/ketupat. Siram dengan kuah sate. Beri taburan bawang merah goreng.

Baca Juga : Resep Sate Padang

4. Hati Sapi Masak Kecap

Cuci hati sapi, cuci bersih, dan potong sesuai selera. Lumuri air perasan jeruk nipis, diamkan 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Sisihkan. Haluskan bawang putih, jahe, dan kemiri. Rajang tipis bawang merah. Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu, kemudian masukkan bumbu halus.

Tumis hingga bumbu matang. Masukkan hati sapi. Aduk rata. Tambahkan gula, garam, dan kecap manis sedikit demi sedikit. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai hati sapi empuk dan kuah menyusut. Beri bumbu merica, saus tiram, dan kecap inggris, aduk rata, koreksi rasanya. Masukkan bawang bombay. Aduk hingga bawang bombay layu. Angkat dan sajikan.

5. Krengsengan Hati Sapi

Cuci bersih hati sapi, potong dadu. Lumuri air perasan jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. Sisihkan. Tumis cabe rawit, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai hijau besar, tomat, dan bawang bombay hingga harum, kemudian tambahkan gula, garam, saus tiram, dan kecap manis. Aduk rata lagi.

Tuang air secukupnya tunggu hingga mendidih, masukkan hati sapi aduk rata. Tambahkan cabai merah dan cabai hijau besar, aduk rata kembali. Koreksi rasanya. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan bersama nasi putih hangat.

6. Balado Hati Sapi dan Brokoli

Siangi brokoli lalu rendam dengan air garam, kemudian rebus dan sisihkan. Cuci bersih hati sapi lalu potong. Rebus hati sapi sebentar. Angkat dan sisihkan. Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, dan kemiri.

Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan gula dan lengkuas. Aduk rata. Masukkan hati sapi. Tuang sedikit air. Tambahkan kecap dan garam. Aduk rata hingga air sedikit menyusut. Masukkan brokoli, beri kaldu bubuk dan lada. Aduk rata. Koreksi rasa, angkat dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Dendeng Balado





Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi