Penulis: Niahappy

Di Indonesia, kari adalah hidangan berkuah kental yang populer di Aceh dan daerah-daerah Sumatera. Rasanya didominasi pedas dan gurih dengan warna kuah kuning. Biasanya kari dibuat dengan daging kambing, sapi, atau ayam. Namun, saat ini sudah banyak sekali beragam sajian kari yang menarik dan tidak biasa, dan tak kalah enak. Nah, berikut ini beragam sajian kari Indonesia yang bisa Anda jadikan referensi untuk masakan sehari-hari.

1. Kari Ayam

kari ayam lezat

Kari ayam merupakan salah satu hidangan khas Asia Tenggara. Namun, tentu rasanya berbeda-beda di setiap daerah. Kari ayam India, Thailand, dan Indonesia pun rempahnya berbeda. Dengan ciri khas bumbu-bumbu seperti jinten, kapulaga, ketumbar, kunyit, kapulaga, daun kari dan sebagainya. Sering juga disajikan di warung-warung dan rumah makan. Berikut resep membuat kari ayam sederhana yang bisa Anda ikuti.

Rebus dahulu ayam dengan menambahkan sejumput garam, tunggu hingga mendidih. Jangan lupa dibalik, sisihkan. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, kunyit bakar, ketumbar, jinten, dan kemiri yang sudah dihaluskan hingga harum. Tambahkan bubuk kari, daun kari, serta rempah-rempah seperti  kayu manis, bunga lawang, kapulaga dan cengkeh, aduk rata hingga daun kari layu.

Masukan kentang, ayam, dan air, aduk rata lalu tutup wajan. Tunggu hingga kentang lembut dan bumbu meresap ke ayam.

Tambahkan santan kental, bumbui garam dan kaldu ayam sesuai selera. Aduk rata. Tunggu hingga mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Koreksi rasanya. Matikan api dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Kari Ayam

2. Bihun Kari Medan

kari bihun

Kari medan berbeda dengan kari lainnya karena di Medan, kari lebih banyak disajikan dengan bihun sehingga terkenal dengan nama kari bihun. Selain itu, kari bihun juga disajikan dengan tambahan daging seperti daging ayam atau sapi. Kuahnya berwarna kuning kecokelatan dan kental dengan rasa yang nikmat, pedas dan gurih, hasil percampuran dari berbagai bumbu rempah-rempah.

Tak perlu jauh-jauh ke Medan, kari bihun ini juga bisa kamu buat sendiri di rumah karena bahan dan cara membuatnya cukup mudah.

Pertama haluskan cabe merah keriting, cabe merah kering, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan jahe, sisihkan. Haluskan lagi bumbu rempah, seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, bunga lawing, daun kari, serai, dan bubuk kari, sisihkan.

Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan bumbu rempah hingga harum. Masukan daging ayam, aduk hingga ayam berubah warna. Masukan kentang, aduk hingga rata. Masukan santan encer, masak hingga ayam ¾ matang. Tambahkan santan kental, beri gula garam secukupnya. Masak hingga semua matang. Sesuaikan rasanya, matikan api. Angkat. Penyajian: taruh secukupnya bihun di dalam mangkuk, tuang kari ayam. Tabor dengan bawang merah goreng dan siap dihidangkan.

Baca Juga : Resep Bihun Kari Medan

3. Kari Kambing

Kari kambing lezat

Sajian kambing berkuah kental dan berbumbu pekat rempah-rempah ini tidak hanya cocok dinikmati bersama nasi. Roti cane/canai, roti jala hingga martabak juga lezat untuk disantap bersamanya.

Pertama-tama haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai merah kering, kemiri, kunyit, dan jahe, sisihkan. Kemudian haluskan rempah-rempah, seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, bunga lawang, daun kari, serai, dan bubuk kari,sisihkan.

Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan bumbu rempah hinga harum. Masukan daging kambing. Aduk hingga berubah warna. Tuang santan encer. Aduk rata dan masak hingga daging hamper matang. Masukan kentang. Aduk rata. Tuang santan kental. Bumbui dengan gula dan garam. Aduk terus dan masak hingga daging matang dan kentang empuk. Koreksi rasanya. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Kari Kambing

4. Kepiting Soka Kuah Kari

Haluskan bawang putih, bawang merah, jinten, ketumbar, kemiri, kencur, jahe, dan kunyit, sisihkan. Panaskan minyak goring, tumis bumbu halus sampai harum. Masukan laos, sereh, daun jeruk, dan daun salam. Tumis sampai harum dan pastikan bumbu sudah sedikit matang. Masukan 1 liter air, aduk sampai rata dan mendidih.

Tambahkan santan kara dan cabai rawit hijau. Aduk terus sampai mendidih dan agar santan tidak pecah. Bumbui dengan gula, garam, dan lada bubuk. Masukan kepiting soka. Masak jangan terlalu lama karena teksturnya sudah empuk. Matikan kompor dan sajikan.

5. Kari Kuning Ikan Patin

Cuci bersih dan potong sesuai selera ika patin. Marinasi dengan perasan air jeruk nipis dan bawang putih, diamkan selama 15 menit. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, dan lengkuas, sisihkan. Tumis bumbu halus hingga harum. masukan daun salam, serai, dan cabai rawit, aduk rata.

Tuang air, masak hingga mendidih. Masukan ikan patin. Masak hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan bersama dengan taburan bawang goreng.

6. Roti Jala Kari Daging

Roti jala Lengkap

Roti Jala: Masukan tepung terigu, telur ayam, santan encer, dan garam ke dalam wadah aduk dengan whisker/alat pengocok sampai rata dan tidak bergerindil. Saring adonan. Panaskan wajan datar anti lengket yang sudah diolesi margarin tipis. Tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam cetakan roti jala. Tuang adonan ke wajan dengan membenntuk pola jaring-jaring melingkar. Setelah bagian atas terlihat mengering, segera lipat adonan jadi seperti bentuk amplop. Angkat. Lakukan hingga adonan habis, sisihkan.

Kari Daging: Haluskan cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan jahe, sisihkan. Kemudian haluskan bumbu rempah, daun kari, serai, kari bubuk, bunga lawing, kapulaga, cengkeh, dan kari bubuk, sisihkan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan bumbu rempah hingga harum. Masukan daging, aduk rata sampai berubah warna.

Tuang santan encer, masak hingga daging setengah matang. Aduk terus agar santan tidak pecah. Masukan potongan kentang. Aduk rata. Masukan santan kental, garam, dan gula. Aduk rata dan masak sampai daging empuk. Koreksi rasa. Angkat dan sajikan bersama roti jala.

Baca Juga : Resep Roti Jala Kari Daging