Penulis: Nia Happy

Hampir setiap hari semua orang memasak olahan ayam. Cara pengolahannya bermacam-macam. Mulai dari digoreng, dibakar, hingga dikukus. Bumbu yang digunakan pun bervariasi, seperti bumbu oriental yang sangat praktis hingga yang menggunakan banyak bumbu sehingga memiliki rasa yang sangat kaya. Nah berikut resep ayam kaya rasa dan bumbu yang enak!

1. Garang Asem Ayam

Masakan garang asem merupakan makanan salah satu makanan favorit para pecinta kuliner Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah. Masakan ini sangat legendaris dan banyak ditemui di pantai utara Jawa Tengah. Namun, kini mudah ditemukan dimana-mana. Kukusan ayam yang kaya dengan bumbu dan dominan rasa asam pedas ini sangat menggugah selera.

Potong-potong ayam dan tahu, kemudian cuci bersih. Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis dan garam, sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan garam. Tumis bumbu halus sampai harum dan berubah warna.

Tambahkan cabai, lengkuas, daun salam, daun jeruk. Masukkan ayam potong. Tuang santan, rebus sampai mendidih. Masukkan tahu, belimbing wuluh dan tomat. Bumbui garam, gula, dan lada. Aduk rata. Koreksi rasanya. matikan kompor, angkat, dan sajikan.

Baca Juga : Resep Sop Ayam Kampung

2. Ayam Bakar Taliwang

Lagi pengen kuliner khas Lombok? Nggak usah jauh-jauh cukup buat sendiri masakan ini bisa bantu mengobati rasa kangenmu sama kuliner Lombok kok!

Pertama cuci bersih ayam. Marinasi ayam dengan jeruk nipis dan garam secukupnya, diamkan 15 menis, kemudian bilas dan sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting, tomat, kencur, kemiri, dan terasi udang. Tumis bumbu halus bersama daun salam dan serai sampai harum. Masukkan ayam, aduk rata. Tambahkan air, kecap, garam, gula, dan lada. Aduk rata. Diamkan hingga matng dan kuahnya menyusut, lalu angkat.

Panaskan panggangan atau teflon. Panggang ayam, sesekali olesi dengan sisa bumbu sampai kedua sisinya berwarna agak kecokelatan. Ayam bakar taliwang siap disajikan.

Baca Juga : Resep Ayam Bakar Kecap

3. Ayam Woku Manado

Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan khas Manado yang satu ini bercita rasa pedas dan sarat akan penggunaan daun rempah, seperti daun kemangi, daun jeruk, daun kunyit, dan daun bawang. Oleh sebab itu, pastikan anda telah mendapatkan semua dedaunan tersebut agar cita rasa khasnya bisa tercipta.

Ayam woku biasanya dimasak hingga kuahnya mengental dan sedikit menyusut. Sajian ini adalah lauk yang sangat cocok bersanding dengan nasi putih panas. Hati-hati, bila menurut pengalaman, nasi sepiring saja belum cukup untuk puas menikmatinya.

Panaskan wajan dan tuang minyak sayur. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit merah, kunyit, jahe, dan kemiri. Tumis bumbu halus dan aduk hingga rata. Masukkan daun kunyit, daun jeruk, dan daun salam. Tumis kembali sampa harum. Masukkan ayam. Aduk hingga ayam dan bumbu tercampur rata. Tuang air sambil sesekali diaduk agar semua bumbunya larut. Masak hingga mendidih. Kemudian, masukkan garam, gula pasir, dan bubuk kaldu ayam. Aduk hingga rata. Koreksi rasanya. masak hingga ayam empuk dan matang. Tambahkan irisan tomat, daun bawang, dan daun kemangi. Masak hingga mendidih kembali. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Ayam Woku

4. Ayam Bakar Bumbu Bali

ayam bakar bumbu bali pedas

Bagi anda pecinta pedas, sajian ayam bakar juga bisa dikreasikan dengan racikan bumbu pedas seperti bumbu padang, bumbu rujak, atau bumbu bali. Citarasanya dijamin akan jauh lebih sedap dan ‘menggigit’ dibanding ayam bakar kecap pada umumnya.

Cuci bersih ayam lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan sesaat lalu bilas kembali hingga bersih. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, kencur, kunyit, dan terasi. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama serai dan daun jeruk hingga harum. Masukkan ayam. Aduk hingga bumbu rata dan biarkan masak hingga kuah menyusut dan meresap. Matikan api. Tuang air dan masukkan asam jawa, kecap, garam, serta gula merah. Aduk rata dan biarkan masak hingga kuah menyusut dan meresap. Matikan api.

Panaskan alat pemanggang atau bakaran. Panggang ayam sembari dioles dengan sisa bumbu, hingga kecokelatan di kedua sisinya. Angkat dan sajikan.

Baca Juga : Resep Ayam Bakar Bumbu Bali

5. Ayam Kalasan

ayam goreng lezat jogja

Jika pernah dengar Candi Kalasan  maka dari daerah yang sama juga ada sajian khas lezat yaitu ayam goreng kalasan. Sajian ayam kampung ini bercitarasa gurih-manis dengan daging empuk dan lembut serta bagian luar yang krispi. Untuk membuatnya mudah lho!

Potong ayam jadi 8 bagian. Cuci bersih lalu marinasi dengan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Bilas kembali dengan air bersih. Haluskan beberapa bahan, yakni bawang merah, bawang putih, dan ketumbar. Dalam wajan besar, rebus ayam bersama air kelapa, bumbu halus, daun salam, lengkuas, gula merah, kecap, garam, dan air asam jawa. Aduk rata dan masak hingga mendidih. Koreksi rasanya.

Tutup wajan dan ungkep sampai ayam empuk dan air menyusut. Matikan api lalu biarkan hingga dingin. Ayam yang sudah diungkep lebih enak jika digoreng keesokan harinya atau telah diinapkan semalaman di lemari es, sebab bumbunya akan lebih meresap.

Panaskan banyak minyak. Goreng ayam dengan api sedang hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan dengan sambal dan lalapan.

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Kalasan

6. Ayam Goreng Buttermilk

Mau makan ayam dengan sensasi daging yang super lembut, juicy, dan krispi di luar? Coba bikin ayam goreng buttermilk dijamin super lembut, juicy, dan krispi di luar!

Cuci bersih ayam filet, lumuri dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 20 menit, bilas hingga bersih. Rendam ayam dalam adonan buttermilk, tutup dengan plastic wrap, diamkan semalaman. Lumuri ayam dengan tepung terigu, kemudian masukkan ke adonan putih telur, lalu tepung panir. Lakukan berulang. Goreng dengan api sedang hingga matang dan kecokelatan. Tambahkan tumisan buncis dan kentang goreng agar lebih nikmat. Sajikan.

Baca Juga : Resep Ayam Goreng KFC Krispi