Penulis: Nia Happy

Ikan cakalang hidup di perairan laut dalam dan banyak ditemukan di wilayah Timur Indonesia. Biasanya, ikan cakalang diolah menjadi aneka masakan seperti rica-rica dan cakalang fufu (cakalang asap). Nah berikut ini berbagai aneka masakan dari ikan cakalang yang bisa Anda coba!

1. Abon Ikan Cakalang

Abon ikan bisa jadi alternatif pilihan untuk stok lauk kering di rumah. Membuatnya pun terbilang mudah, apalagi Anda bisa memasak sekaligus dalam jumlah banyak. Ikan Cakalang sangat cocok untuk dijadikan abon karena dagingnya berserat dan tidak mudah hancur bila dimasak dengan pengadukan yang lama.

Pertama, cuci bersih ikan cakalang. Lumuri ikan cakalang dengan perasan air jeruk nipis dan sedikit gara. Diamkan selama 30 menit. Kukus ikan cakalang. Kemudian suwir-suwir, sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, ketumbar, kunyit, jahe, garam, dan gula merah. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan.

Masukkan lengkuas, serai, dan daun jeruk. Masak hingga harum. Masukkan santan, garam, dan gula. Tunggu sampai mendidih. Masukkan suwiran ikan, aduk sampai santan meniris, koreksi rasa. Aduk sampai abon kering. Angkat, dinginkan, dan siap disajikan bersama nasi putih hangat di atasnya.

Baca Juga: Resep Abon Tuna

2. Cakalang Goreng Dabu-dabu

Bagi Anda yang berasal dari Manado, pasti udah kenal bangnggak asing sama sambal yang satu ini. Sambal ini membuat lidah Anda memiliki sensasi segar dan enak. Paling nikmat sambel ini dinikmati bersama ikan cakalang goreng dan nasi hangat. Wah menggiurkan bukan?

Cuci bersih ikan cakalang. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, kunyit, daun jeruk dan garam. Tambahkan air sedikit. Balurkan bumbu halus pada ikan. Diamkan selama 30 menit. Lalu goreng ikan sampai matang.

Selanjutnya, potong bawang merah, cabai rawit, daun jeruk, dan tomat. Campurkan semua, tambahkan garam, gula, dan jeruk nipis yang sudah diperas. Koreksi rasanya. Terakhir siram dengan minyak kelapa panas. Taburkan sambal dabu-dabu di atas ikan cakalang. Sajikan.

3. Ikan Cakalang Mangut

Mangut merupakan sajian berkuah santan dengan bahan utama ikan dengan sensasi rasa gurih, sedikit asam dan pedas. Ikan cakalang sangat cocok dijadikan masakan mangut.

Tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan garam sampai harum. Masukkan daun salam, serai, laos, cabai merah, dan cabai hijau. Aduk sebentar. Masukkan air dan ikan cakalang asap. Aduk rata. Tuang santan. Beri garam dan gula merah. Masak sampai matang. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Mangut Lele

4. Ikan Cakalang Rica Kemangi

Di antara banyaknya jenis masakan di Indonesia tentunya Anda familiar dengan bumbu rica-rica. Bumbu ini sebenarnya merupakan khas Manado. Salah satu bahan makanan yang sering dimasak dengan bumbu rica-rica adalah ikan cakalang. Yuk coba buat!

Cuci bersih ikan cakalang, potong menjadi 2 bagian. Lumuri dengan perasan air jeruk nipis. Diamkan selama 30 menit. Goreng setengah matang ikan cakalang. Tiriskan. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai keriting, cabai rawit, kemiri goreng, garam, kunyit, kaldu bubuk, dan gula.

Tumis bumbu halus bersama daun pandan, serai, daun jeruk, dan daun bawang sampai matang dan harum. Masukkan ikan cakalang asap, aduk rata. Tuang air. Beri gulu, garam, dan kaldu bubuk. Masak hingga air sedikit menyusut. Tambahkan daun kemangi. Aduk rata. Koreksi rasa. Jika sudah pas, angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Ayam Rica-rica

5. Ikan Cakalang Fufu Pampis

cakalang fufu pampis pedas

Cakalang fufu adalah ikan cakalang yang diawetkan dengan cara diasap. Ikan cakalang sendiri masih satu keluarga dengan ikan tuna sehingga mirip bentuknya namun dengan ukuran lebih kecil. Makanan ini sangat populer di Manado dan biasa dimasak dengan bumbu pedas yang bernama pampis. Pampis ini aslinya dimasak hingga kering sehingga bisa awet untuk persediaan lauk dalam kulkas.

Panaskan minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit merah, kunyit, dan jahe yang sudah dihaluskan bersama daun jeruk, daun pandan, dan daun salam hingga harum. Masukkan cabai iris, daun bawang, dan ikan cakalang asap yang sudah disuwir. Aduk rata. Masukkan garam, gula, kaldu, dan air. Aduk rata. Masak sampai matang. Terakhir masukkan daun kemangi. Aduk rata. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Ikan Cakalang Fufu Pampis

6. Kapurung Cakalang

kapurung sulawesi istimewa

Selain coto dan mie titi, kapurung juga merupakan salah satu makanan khas daerah Sulawesi Selatan yang tidak boleh dilewatkan. Sajian unik ini memadukan adonan/bubur sagu yang dibulat-bulatkan, sayuran, serta racikan bumbu dari daging ikan yang dihaluskan. Jangan lupa kucuri perasan jeruk nipis sesaat akan dinikmati.

Pertama buat dulu adonan sagu (kapurung). Dalam wadah, campur tepung sagu dengan 300 ml air. Aduk rata lalu sisihkan. Panaskan 150 ml sisa air hingga mendidih. Masukkan larutan sagu ke dalam air mendidih, lalu aduk terus hingga mengental dan adonan menyerupai lem. Matikan api. Siakan 500 ml air matang dalam wadah. Bulat-bulatkan adonan sagu dengan menggunakan 2 buah sumpit atau tusuk sate, lalu masukkan dalam wadah air.

Selanjutnya membuat ikan masak kuning. Dalam wadah, lumuri ikan dengan air asam, garam, dan kunyit hingga merata. Tambahkan air, lalu masak ikan hingga matang. Angkat. Ambil ikan lalu fillet dagingnya. Sisihkan dan satukan bersama bumbu halus lainnya. Sisihkan kuahnya.

Dalam panci, didihkan air. Masukkan jagung, lalu biarkan masak hingga setengah matang. Masukkan kacang panjang. Masak hingga empuk. Masukkan bayam. Masak hingga matang. Matikan api.

Dalam wadah besar, tuang adonan sagu yang sudah dibulat-bulatkan beserta airnya. Tuang sayur beserta airnya, bumbu halus, kuah ikan masak kuning, udang, air perasan jeruk nipis, garam, dan penyedap rasa. Aduk rata lalu koreksi rasanya. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Kapurung Cakalang