Penulis: Niahappy

Indonesia adalah negara maritim yang kaya akan hasil laut, salah satunya adalah kerang. Jenis kerang yang bisa dengan mudah anda jumpai di pasar, supermarket atau tempat yang menjual hasil laut adalah seperti kerang dara, kerang hijau, kerang bambu, kerang putih, kerang kijing, dan kerang simping. Nah berikut ini ragam olahan masakan kerang hijau yang enak dan juga mudah yang Anda bisa coba buat sendiri!

1. Kerang Hijau Saus Padang

Bahan apapun selalu jadi lezat bila diguyur saus padang. Tidak kalah dengan seafood lain, kerang pun cocok diolah bersama saus legendaris ini. Bau amis kerang tertutupi aroma menggoda dari saus padang. Disantap dengan nasi panas lebih nikmat!

Cuci bersih kerang, lalu rendam dengan air garam dan perasan jeruk nipis selama 1 jam. Rebus kerang bersama daun salam. Masak sampai kerang matang, dinginkan. Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe, lengkuas, daun salam dan serai hingga harum. Tambahkan saus tomat, saus tiram, saus cabai, garam, gula, merica, dan air. Masak sampai mendidih. Masukkan kerang hijau dan cabe keriting lalu aduk rata. Biarkan sebentar hingga saus meresap. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Kerang Saus Padang

2. Tumis Kerang Hijau Kecap

Tumis kerang hijau sederhana ini bisa dijadikan referensi untuk memasak di rumah. Sama seperti resep tumisan pada umumnya, membuatnya begitu cepat dan tidak sulit.

Cuci bersih kerang lalu keluarkan cangkangnya. Sisihkan. Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, asam jawa, daun bawang, tomat besar, cabai merah besar dan cabai rawit hingga layu dan harum. Masukkan kerang hingga berubah warna. Tuang sedikit air. Aduk rata. Masak hingga air asat. Bumbui dengan garam, gula, kaldu bubuk, merica bubuk, dan kecap manis. Koreksi rasa. Angkat, beri taburan bawang goreng di atasnya dan siap disajikan.

3. Kerang Hijau Lada Hitam

Selain masak saus tiram dan saus padang, kerang hijau juga lezat Anda sajikan dengan bumbu lada hitam. Lada hitam mampu memberikan cita rasa pedas yang hangat di dalam dan tidak menyiksa.

Bersihkan kerang, sisihkan. Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe hingga harum. Masukkan lada hitam. Tumis lagi hingga harum. Masukkan kerang. Tuang air dan beri saus tiram, kecap, garam, dan gula. Aduk rata. Masak hingga mendidih lalu koreksi rasanya. Beri larutan maizena, aduk rata. Masak hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Kepiting Lada Hitam

4. Kerang Hijau Cabe Ijo Pedas

Salah satu menu kerang yang lezat dan mudah adalah kerang hijau cabe ijo. Rasanya sudah tidak diragukan lagi. Perpaduan antara rasa gurih kerang tekstur dagingnya yang kenyal, ditambah pedas dan segarnya irisan cabe hijau memang sulit untuk ditolak. Apalagi jika disantap bersama nasi hangat. Rasanya sepiring pun tidak cukup. Nah untuk membuatnya tidak sulit lho.

Bersihkan kerang. Lumuri kerang dengan garam dan perasan jeruk nipis selama 30 menit. Goreng kerang sebentar. Sisihkan. Uleg kasar cabai hijau keriting, cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat hijau. Goreng sambal ijo sampai harum kemudian masukkan kerang. Bumbui dengan garam dan gula. Aduk rata. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Resep Cumi Asin Cabe Ijo

5. Kerang Hijau Saus Rica-rica

Kupas kerang, cuci sampa bersih. Masak di air mendidih, tiriskan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu. Masukkan cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan jahe yang sudah dihaluskan, tumis hingga harum. Masukkan daun jeruk dan daun pandan, aduk lagi hingga harum.

Masukkan kerang, aduk rata. Tambahkan sedikit air. Masak dengan api sedang hingga ayam empuk dan airnya menyusut. Beri air jeruk nipis, gula, dan garam. Aduk-aduk kemudian sesuaikan rasanya. Angat dan siap disajikan.

6. Kerang Hijau Saus Tiram Pedas

Didihkan air, masukkan kerang dan semua bahan-bahan rebusan. Aduk sebentar, masak hingga cangkangnya terbuka. Tiriskan. Sisihkan. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay dan cabai rawit hingga harum.

Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, dan tomat merah. Tumis bumbu halus, aduk rata. Masukkan bawang bombay, cabai rawit hijau, saus tiram, garam, gula, kaldu bubuk, dan merica. Aduk rata dan masak sebentar. Koreksi rasanya. Masukkan kerang, aduk hingga kerang terlumuri dengan bumbu, terutama bagian dagingnya. Matikan api. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Kerang Hijau Saus Tiram Pedas